Current time: 16 Apr 2014, 20:17 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / News / Artikel Bebas Kita / Johnny Indo, Perampok Terkenal dari Indonesia



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 61 Votes - 2.97 Average


  
okkeus
17 Dec 2009 16:07    #1

Kapten

[Image: jo.jpg]

nama aslinya Yohanes Hubertus Eijkenboom lahir di Garut 06 November 1948

Petualangannya
Johny Indo dan 12 anak buahnya yang ia beri nama “pachinko” alias pasukan china kota sangat disegani sebagai perampok yang malang melintang di Jakarta dan sekitarnya. Johnny Indo adalah spesialis perampok toko emas dan selalu melakukan aksi pada siang hari. Mereka yang merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat, pada 1979. Perampokan ini menjadi berita yang menggemparkan karena gerombolan membawa lima pistol, satu buah granat, dan puluhan butir peluru. Johnny mengaku mendapatkan senjata api dari sisa-sisa pemberontakan RMS, PRRI atau DI TII.

akhir dari petualangan
Karena kekuranghati-hatian salah seorang anggota kelompoknya yang menjual emas, hasil barang jarahan sembarangan, satu demi satu anak buah Johny Indo dibekuk petugas. Johny Indo akhirnya tertangkap di Gua Kiansiantang, Sukabumi, Jawa Barat. Dia diganjar 14 tahun penjara dan dijebloskan ke penjara yang keamannya ekstra ketat Nusakambangan.

Pelarian
Ternyata mendekam di Nusakambangan tidak membuat petualangan Johny Indo berakhir. Bersama 14 tahanan lainnya, Johny Indo membuat geger karena kabur dari sel. Hampir semua aparat keamanan waktu itu dikerahkan untuk menangkap Johny Indo dan kelompoknya. Namun setelah bertahan hingga dua belas hari, Johny Indo pun menyerah. Dia menyerah karena sudah berhari-hari tidak makan. Selain itu 11 tahanan yang melarikan diri bersamanya tewas diberondong peluru petugas. Kisah pelarian Johny Indo yang legendaries itu bahkan sempat diangkat ke layar film dengan Johny Indo sebagai bintangnya sendiri

Yang membuat dia disegani
Berkali-kali pula Johny Indo mengulangi perbuatannya dan hasil jarahannya dia bagi-bagikan kepada masyarakat miskin.
Johnny Indo yang dalam karirnya merampok pantang melukai korbannya

Sekarang
Kini Johny Indo tinggal di daerah Sukabumi, Jawa Barat bersama istrinya, Vinny Soraya dan kedua putra-putrinya. Ia telah berubah. Ia menjalani kehidupan barunya sebagai seorang juru dakwah. Di saat senggang ia menghabiskan waktu dengan membenahi rumahnya yang sederhana sambil menunggu panggilan dakwah.

Ada yang mau menambahkan ???
banner
okkeus
17 Dec 2009 16:11    #2

Kapten

[Image: cz9_joniindo_s.jpg]Dia dikenal dengan nama Johny Indo. Di era 1970-an Johny Indo dan kelompoknya sangat disegani sebagai perampok yang malang melintang di Jakarta dan sekitarnya. Sejumlah toko emas yang pernah dijarahnya antara lain toko emas di daerah Cikini dan Senen Jakarta Pusat.

”Waktu itu hasil rampokan kalau ditotal sekitar 120 kilogram” ujar Johny Indo ketika tampil di Kick Andy. Johny mengaku, melakukan kejahatan dengan merampok karena terinspirasi oleh si Pitung, tokoh Betawi yang gigih melawan penjajah Belanda.

“Hasil jarahan itu tidak dinikmati sendiri dan kelompok, melainkan sebagian dibagikan kepada warga miskin. Walau saya menggarong tapi saya masih ingat warga miskin dan kelaparan. Kata Johny Indo yang menganggap apa yang dilakukannya mengikuti jekak idolanya, Si Pitung yang sering menolong masyarakat kelas bawah.

Berkali-kali aksi Johny Indo dan kelompoknya yang ia beri nama “pachinko” alias pasukan china kota, lolos dari sergapan aparat kepolisian. Namun sepandai-pandai tupai melompat sekali gagal juga. Pepatah itu nampaknya berlaku juga buat Johny Indo dan kelompoknya. Karena kekuranghati-hatian salah seorang anggota kelompoknya yang menjual emas, hasil barang jarahan sembarangan, satu demi satu anak buah Johny Indo ditangkap petugas.

Johny Indo yang waktu itu mengoleksi berbagai jenis senjata api dan berkarung-karung peluru sudah mempunyai firasat akan tertangkap. Ia pun berpindah-pindah tempat mulai dari Pandeglang hingga Cirebon.

“Saya pusing dan bingung waktu itu, hampir semua koran memberitakan kalau polisi terus memburu saya dari segala penjuru. Akhirnya saya lari ke daerah Sukabumi, Jawa Barat. Saya masuk ke sebuah Goa yang gelap dan angker, dengan harapan bisa menghilang. Eh, saya malah ditangkap Koramil setempat” ujar Johny tertawa getir mengenang peristiwa itu.

Johny Indo akhirnya diganjar 14 tahun penjara dan dijebloskan ke penjara yang keamannya ekstra ketat Nusakambangan.

Ternyata mendekam di Nusakambangan tidak membuat semuanya berakhir. Bersama 14 tahanan lainya, Johny Indo membuat geger karena kabur dari sel.Hampir semua aparat keamanan waktu itu dikerahkan untuk menangkap Johny Indo dan kelompoknya. Namun setelah bertahan hingga sembilan hari, Johny Indo pun menyerah.

“Saya menyerah karena sudah berhari-hari tidak makan.Selain itu 11 tahanan yang melarikan diri bersamanya tewas diberondong peluru petugas”ujarnya. Perjalanan Johny Indo memang penuh warna. Setelah selesai menjalani hukuman, ia terjun ke dunia film menjadi bintang film. Bermodalkan tampang yang ganteng ia terjun ke dunia film. Puluhan film telah ia bintangi antara lain, Si Pitung, Nyi Blorong, dan Pelarian dari Nusakambangan.

Masih banyak lagi kisah Johny Indo yang menarik untuk disimak, antara lain pengalaman pertama kali saat ia mulai terjun ke dunia rohani untuk berdakwah bersama KH Zainuddin MZ. Ada pengalaman lucu di sini, yaitu tertukarnya amplop honor seusai berdakwah. Amplop yang seharusnya untuk KH Zainuddin MZ oleh panitia diberikan kepada Johny Indo, begitu juga sebaliknya.

Kini Johny Indo, yang terlahir bernama Yohannes Hubertus Elkkenboom tinggal di daerah Sukabumi, Jawa Barat bersama istrinya, Vinny Soraya dan kedua putra-putrinya. Ia mengaku bahagia bersama keluarganya. Di saat senggang ia menghabiskan waktu dengan membenahi rumahnya yang sederhana sambil menunggu panggilan dakwah.

NONTON WAWANCARA KICK ANDY DENGAN JHONY INDO
banner
fogo86
17 Dec 2009 17:44    #3

Letda

robin hood... gi musim robin hood negh...
kek ada tanda2 kan lahir kembali si robin hood junior..
banner
Kojek
18 Dec 2009 09:28    #4

Tukang Sapu

wah .. sempet jadi idola waktu gue abg dulu...
sama kusni kasdut
signature
[b]Sabar, Ikhlas, Legowo dan Bersyukur adalah kunci hidup penuh rahmah.......[/b]
banner
PUKEL
18 Dec 2009 09:57    #5

Jendral

(18 Dec 2009 09:28)Kojek Wrote:
 
wah .. sempet jadi idola waktu gue abg dulu...
sama kusni kasdut

Ngakak
banner
owobidub
18 Dec 2009 11:36    #6

Dokter Cinta

Johnny Indo bener-bener petualang........

habis gelap terbitlah terang.....Top

Nicethread
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
wancobain
18 Dec 2009 11:54    #7

Sertu

ooo gitu y ceritanya... Think
signature
[color=#6B8E23][size=small]Hidup untuk bersyukur, bukan untuk berharap... [/size] [/color] Think
banner
conay
17 Jul 2010 08:07    #8

Prajurit

ada yg punya filmnya? ane request dong
banner
z-moxs
17 Jul 2010 09:42    #9

Jendral

salute.......

Top
signature
thekku yo thekku,thekmu yo thekmu...
yok thekmu thokno thekku
banner
ZM3946X
17 Jul 2010 16:34    #10

Letkol

mau hasilnya dimakan sendiri kek, mau dibagi2 rakyat miskin kek, namanya garong tetep salah di dalam negara hukum.

bagaimanapun law enforcement harus tetap ditegakkan.

wajarlah kalo ini orang dihukum penjara, memang dia salah.
banner
c@stro
18 Jul 2010 14:28    #11

Jendral

Robin Hood Indonesia Grin
signature
banner
ANVHIL
18 Jul 2010 15:04    #12

Jendral

Smile .
signature
[align=center][size=large][b]Jasa Pemasangan Warnet + Super Proxy[/b][/size]
[ym]adhilcomputer[/ym][/align]
banner
ucingala
19 Jul 2010 00:00    #13

Kapten

no comment buat bung Johnny Indo Top Top

Nicethread
signature
http://ucingala.blogspot.com
banner
elec
19 Jul 2010 02:12    #14

Bukan MOMOD

Peraampok yang dermawan
dan juga pantang melukai korbannya TopTop
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014