Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir


 
  • 94 Vote(s) - 2.78 Average
Tools    New reply


16 Dec 2009 18:07
owobidub
Dokter Cinta
Posts 13.514
Reputation: 853
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnCharityBlood DonationFBI ManiaPembayar PajakGood Citizen

(This post was last modified: 16 Dec 2009 18:12 by owobidub.)
Teknologi Bantalan Karet Tahan Gempa


[Image: bearing1.jpg]

Azas utama penyediaan bangunan sipil adalah untuk tujuan kemanusiaan. Oleh karena itu perlu diperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan bagi penghuninya. Beberapa tahun terakhir, perancangan isolasi dasar (base isolation) yang digunakan untuk perlindungan gedung dari bahaya dan kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi telah digunakan sebagai teknologi dalam perancangan struktur gedung di wilayah gempa tinggi. Beberapa tipe struktur telah didesain menggunakan teknologi ini, baik gedung yang telah dibangun maupun yang masih dalam tahap konstruksi. Teknologi ini telah digunakan oleh beberapa negara, seperti Cina, Jepang, dan Amerika Serikat. Dalam pemodelan struktur gedung dengan base isolator diperlukan pemodelan base isolator yang optimum sehingga akan diperoleh lateral dan vertikal displacement yang akurat.


[Image: kellybearing.jpg]
Test

Beberapa contoh gedung yang menggunakan Bantalan Karet.

[Image: kellyfire.jpg]
Fire Department Command and Control Facility.Los Angeles

[Image: kellyusc.jpg]
University of Southern California University Hospital

[Image: kellytohoku.jpg]
Tohoku Electric Power Company, Japan


Balai Penelitian Teknologi karet Bogor sebagai Balai Penelitian mempunyai teknologi pembuatan bantalan tahan gempa yang digunakan untuk rumah tinggal maupun maupun gedung bertingkat. Bantalan yang digunakan untuk melindungi gempa bumi dibuat dari kombinasi lempengan karet alam dan lempeng baja. Bantalan tersebut dipasang disetiap kolom yaitu diantara pondasi dan bangunan. Karet alam berfungsi untuk mengurangi getaran akibat gempa bumi sedangkan lempeng baja digunakan untuk menambah kekakuan bantalan karet sehingga penurunan bangunan saat bertumpu diatas bantalan karet tidak besar.

[Image: posisi.jpg]
Posisi Bantalan Karet


Prinsip Kerja

Pengaruh gempa bumi yang sangat merusak struktur bangunan adalah komponen arah horizontal. Getaran tersebut dapat menimbulkan gaya reaksi yang besar, bahkan pada puncak bangunan dapat berlipat hingga mendekati dua kalinya. Oleh sebab itu apabila gaya yang sampai pada bangunan tersebut lebih besar dari kekuatan struktur maka bangunan tersebut akan rusak. Gaya reaksi yang sampai bangunan dapat dikurangi melalui penggunaan bantalan karet tahan gempa. Pada dasarnya cara perlindungan bangunan oleh bantalan karet tahan gempa dicapai melalui pengurangan getaran gempa bumi kearah horizontal dan memungkinkan bangunan untuk begerak bebas saat berlangusung gempa bumi tanpa tertahan oleh pondasi. Bila ditinjau gaya-gaya dalam pada struktur dengan base isolator, seolah olah gedung tersebut dibangun di wilayah gempa yang lebih kecil.


[Image: tanpabantal.gif]
Perilaku struktur tanpa bantalan karet

[Image: denganbantal.gif]
Perilaku struktur dengan bantalan karet


beberapa referensi :
Pengaruh Penggunaan Base Isolator, Arfiansyah Fathir

Base Isolation: Origins and Development James M. Kelly, Professor Emeritus Civil and Environmental Engineering, University of California, Berkeley

Teknologi Bantalan Karet, NetSains.com


Silahkan teman-teman kalau ada yang mau menambahkan atau mengkoreksi......
Thanks Thanks Thanks







signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]

16 Dec 2009 18:27
ucokfredy
Pengangguran
Posts 7.587
Reputation: 550
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkAnti Child Po rnFBI Fans

wah teknologi bagus bwat di indonesia...
terutama daerah rawan gempa... Top

Nicethread Nicethread








signature
[align=center][font=tahoma][size=large]kita butuh pemimpin yg tegas, cepat, serta melindungi masyarakat
bukan yg diam duduk di pojokan[/font][/size][/align]

16 Dec 2009 19:06
marszque
Kolonel
Posts 4.078
Reputation: 624
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnPembayar Pajak

Think
kalau diteliti, prinsip kerjanya sama seperti per mobil antara ban dengan body ya?? Think
belum disebutkan sih cara maintenance-nya jadi kalau ada kerusakan perbaikannya gimana?
dan bagaimana dgn daya penopang bebannya?

[Image: bearing1.jpg]
karet bantalan yg dipotong 1/4 itu gbr potongan kombinasi antara baja dan karet ya? karet yg diluar atau baja di sisi luar?
karena pasti ada pengaruhnya terhadap suhu dan cuaca apalagi kalau ditanam dalam tanah. umur dinabolt juga bisa berpengaruh pada kekuatan bantalan itu sendiri.

Nicethread Top

kek ada yg kurang nih tapi saya belum ngerti apa yg kurang maklum masih awam Blah
apa ya? Think
ntar deh dipikir2 dulu Blah

16 Dec 2009 19:10
c@stro
Jendral
Posts 15.222
Reputation: 1075
Awards:
Pembayar PajakFBI FansFacebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rn

Kalau buat rumah pribadi pake teknologi tahan gempa, apakah perlu dana yg besar Confused






signature

16 Dec 2009 19:21
marszque
Kolonel
Posts 4.078
Reputation: 624
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnPembayar Pajak

(This post was last modified: 16 Dec 2009 19:23 by marszque.)
(16 Dec 2009 19:10)castro6281 Wrote:
 
Kalau buat rumah pribadi pake teknologi tahan gempa, apakah perlu dana yg besar Confused

jawabannya cuma satu, TIDAK
malah lebih murah tinggal teknik dan pengawasan pelaksanaannya aja.
malah di bantul ada yg lebih primitif dgn menggunakan bambu untuk rumah panggung..

16 Dec 2009 19:25
c@stro
Jendral
Posts 15.222
Reputation: 1075
Awards:
Pembayar PajakFBI FansFacebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rn

Termasuk murah juga ya.. Think

Abis daerah kampung gw rawan gempa,, di sumatera sono Grin

thanks Om marszque Top






signature

16 Dec 2009 19:26
owobidub
Dokter Cinta
Posts 13.514
Reputation: 853
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnCharityBlood DonationFBI ManiaPembayar PajakGood Citizen

(16 Dec 2009 19:06)marszque Wrote:
 
Think
kalau diteliti, prinsip kerjanya sama seperti per mobil antara ban dengan body ya?? Think
belum disebutkan sih cara maintenance-nya jadi kalau ada kerusakan perbaikannya gimana?
dan bagaimana dgn daya penopang bebannya?

karet bantalan yg dipotong 1/4 itu gbr potongan kombinasi antara baja dan karet ya? karet yg diluar atau baja di sisi luar?
karena pasti ada pengaruhnya terhadap suhu dan cuaca apalagi kalau ditanam dalam tanah. umur dinabolt juga bisa berpengaruh pada kekuatan bantalan itu sendiri.

Nicethread Top

kek ada yg kurang nih tapi saya belum ngerti apa yg kurang maklum masih awam Blah
apa ya? Think
ntar deh dipikir2 dulu Blah

iya om...sama seperti peer mobil.....Top

untuk maintance, saya belum dapet referensinya.....Help Help

menurut BPTK (Badan Penelitian Teknologi Karet).......setelah di tes, memiliki Tensile strenght kurang lebih 242 kg/cm2


bisa ditanam atau diluar.....

[Image: bangunantahan.jpg]


teman-teman, kalau ada referensi lain silahkan di share.......Thanks






signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]

16 Dec 2009 19:41
marszque
Kolonel
Posts 4.078
Reputation: 624
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnPembayar Pajak

(16 Dec 2009 19:25)castro6281 Wrote:
 
Termasuk murah juga ya.. Think

Abis daerah kampung gw rawan gempa,, di sumatera sono Grin

thanks Om marszque Top

nanti dishare deh konstruksinya biar bisa bangun rumah di kampung Grin


@Dub : dah sampe mana observnya ndan?

16 Dec 2009 19:52
marszque
Kolonel
Posts 4.078
Reputation: 624
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnPembayar Pajak

(This post was last modified: 16 Dec 2009 19:55 by marszque.)
dari NIAS ya ndan cas?

[Image: rumahtahangempa.jpg]


Rumah Kampung Naga yang seluruh rumahnya dibuat dengan filosofi adat Sunda yang terbuat dari kayu dan bambu beratap Ijuk tersebut, tidak mengalami kerusakan sedikit pun padahal posisinya berada di Lembah perbukitan Garut Tasikmalaya, yang lebih rentan dan berbahaya dibanding tempat lain jika terjadi Gempa Tektonik.

yang musti diingat, beban proporsional antara konstruksi pondasi dengan atap.

Pada dasarnya terdapat tiga filosofi bangunan tahan gempa itu, yaitu:

1. Bila terjadi Gempa Ringan, bangunan tidak boleh mengalami kerusakan baik pada komponen non-struktural (dinding retak, genting dan langit-langit jatuh, kaca pecah, dsb) maupun pada komponen strukturalnya (kolom dan balok retak, pondasi amblas, dsb).
2. Bila terjadi Gempa Sedang, bangunan boleh mengalami kerusakan pada komponen non-strukturalnya akan tetapi komponen struktural tidak boleh rusak.
3. Bila terjadi Gempa Besar, bangunan boleh mengalami kerusakan baik pada komponen non-struktural maupun komponen strukturalnya, akan tetapi jiwa penghuni bangunan tetap selamat, artinya sebelum bangunan runtuh masih cukup waktu bagi penghuni bangunan untuk keluar/mengungsi ke tempat aman.

16 Dec 2009 20:57
marszque
Kolonel
Posts 4.078
Reputation: 624
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnPembayar Pajak

bahan tulisannya dapet dari sini ya?
http://karetgempa.blogspot.com/ Think

mlaku2 ke sini Base Isolator lagi dub,
http://books.google.co.id/books?id=8Fn4X...q=&f=false

http://books.google.co.id/books?id=RCM7k...q=&f=false

http://pubsindex.trb.org/view.aspx?id=450954

http://www.wseas.us/journals/saed/saed-32.pdf

http://www.mrs.org/s_mrs/sec_subscribe.a...ion=detail

http://books.google.co.id/books?id=plr-n...q=&f=false

http://www.sciencedirect.com/science?_ob...33498cc4e1

http://www.iaeng.org/publication/WCECS20...90-893.pdf

http://cat.inist.fr/?aModele=afficheN&cpsidt=14171746

16 Dec 2009 21:11
laczo
Brigjen
Posts 5.192
Reputation: 208
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnFBI FansCharity

wah,,ntar kalo punya rumah bikin kaya gini kali ya,, Top

16 Dec 2009 21:27
owobidub
Dokter Cinta
Posts 13.514
Reputation: 853
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnCharityBlood DonationFBI ManiaPembayar PajakGood Citizen

iya om......untuk thread ini ambil dari situ....cuma saya tata ulang lagi......

tapi untuk papernya ngambil literatur dari dosen Udayana juga.....


makasih banyak link nya om.....Thanks

yang saya modelkan di paper, pengaruh jenis tumpuan (jepit dibandingkan dengan base isolator) dengan besarnya displacement pada struktur atas.......







signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]

16 Dec 2009 21:51
marszque
Kolonel
Posts 4.078
Reputation: 624
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnPembayar Pajak

Think

ada kelemahannya nda dgn menggunakan metode bantalan?

plus minusnya antara jepit tumpuan dengan base isolator apa ya? Think

16 Dec 2009 21:55
marszque
Kolonel
Posts 4.078
Reputation: 624
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnPembayar Pajak

(This post was last modified: 16 Dec 2009 21:57 by marszque.)
dub, mungkin papermu dapet nilai plus kalo ada gbr konstruksinya Top
oya, yg paling penting, jepit tumpuan sanggup menahan gempa berapa skala richter? dan jenis gempa seperti apa maksimal mampu untuk bertahan?
ada didlm pengujian LITBANG ga ya? Think

16 Dec 2009 22:09
owobidub
Dokter Cinta
Posts 13.514
Reputation: 853
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnCharityBlood DonationFBI ManiaPembayar PajakGood Citizen

saya modelkan pakai software om.....maksudnya gambar apa om ?

untuk beban gempanya pakai respons spektra wilayah 6, tanah lunak......

untuk kelebihannya mungkin bisa mengurangi besar simpangan, base isolator bisa meredam gempa.....
kalau kelemahannya saya masih belum tau banyak.......

"mungkin kelemahannya pas ngitung base isolatornya agak rumit....Blah
harus pakai iterasi, rumusnya banyak.........Cry "

pengujian di LITBANG.......wah, saya masih belum berani verifikasi.......masih banyak revisi dan masih perlu konsultasi ama dosen dulu....






signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram