Current time: 19 Apr 2014, 01:22 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / Tekno / Ilmu Pengetahuan / Ilmu Teknik Sipil / Beban-beban pada Struktur Gedung



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 101 Votes - 2.93 Average


  
owobidub
25 Nov 2009 13:32  (Edit: 25 Nov 2009 15:13 by owobidub.)    #1

Dokter Cinta

Beban-beban yang diperhitungkan dalam perencanaan antara lain :

Beban Mati
- Mencakup semua beban yang disebabkan oleh berat sendiri struktur yang bersifat tetap, termasuk segala unsur tambahan, penyelesaian-penyelesaian, mesin-mesin, serta peralatan yang merupakan bagian yang sifatnya tidak terpisahkan oleh gedung.

Beban Hidup
- Mencakup semua beban yang terjadi akibat penghunian atau penggunaan gedung, termasuk di dalamnya beban-beban pada lantai yang berasal dari barang-barang yang dapat berpindah, mesin-mesin serta peralatan yang tidak merupakan bagian yang tak terpisahkan dari gedung dan dapat diganti selama masa hidup dari gedung tersebut, sehingga mengakibatkan perubahan dalam pembebanan lantai dan atap tersebut. Khusus pada atap ke dalam beban hidup dapat termasuk beban yang berasal dari air hujan.

Beban Angin
- Mencakup semua beban yang bekerja pada gedung atau bagian gedung yang disebabkan oleh selisih dalam tekanan udara.

Beban Gempa
- Mencakup semua beban statik ekuivalen yang bekerja pada gedung atau bagian gedung yang menirukan pengaruh dari gerakan tanah akibat gempa tersebut. Dalam hal pengaruh gempa pada struktur gedung ditentukan berdasarkan suatu analisa dinamik, maka yang diartikan dengan beban gempa disini adalah gaya-gaya di dalam struktur tersebut yang terjadi oleh gerakan tanah akibat gempa tersebut.

Beban Khusus
- Mencakup semua beban yang bekerja pada suatu gedung atau bagian gedung yang terjadi akibat selisih suhu, pengangkatan dan pemasangan, penurunan pondasi, susut, gaya-gaya tambahan yang berasal dari beban hidup seperti gaya rem dan gaya sentrifugal.



silahkan teman-teman kalau ada yang mau menambahkan dan melengkapi.......
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
ucokfredy
25 Nov 2009 22:42    #2

Pengangguran

komplit banget nii ndan data2nya... Top
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
cm nambahin bwat beban angin nii...
beban angin mempunyai koefisien yg dapat di lihat dalam PBI (Peraturan Beban Indonesia) kl gak salah...
jadi tiap lokasi tidak mempunyai beban yg sama...
kemiringan atap juga berpengaruh pada beban yg akan di berikan...
makin landai genteng tersebut, makin kecil gaya angin yg bekerja...

maaf kl ada yg salah yaa... Smile Smile

signature
[align=center][font=tahoma][size=large]kita butuh pemimpin yg tegas, cepat, serta melindungi masyarakat
bukan yg diam duduk di pojokan[/font][/size][/align]
banner
parewa
30 Nov 2009 16:15    #3

ZOMBIE

gw tambahin ya ndan...

untuk struktur gedung perhatian perancang selalu terfokus pertama sekali pada deformasi (daya dukung ) yangs secara sederhana dapat dihitung melalui luas penampang dikali koofisien tegangan beton (mis, K125, K175, K225, dan K400), nah yang sulit adalah pertimbangan pada deformasi pondasi yang di rujuk kepada jenis struktur penunjang pondasi. nah kalo inti perhitungan awal ini tealh didapatkan dan akurat, maka deformasi tingkatan diatasnya dapat diperhitungkan.

nah semua daftar beban yang di post oleh ndan owobidub termasuk kedalam perhitungan deformasi pondasi

terbayang kan kenapa profesi arsitek itu MAHAL...?
signature
[size=large]TAK ADA YANG ABADI ...[/size]
banner
LightCyber
30 Nov 2009 17:35    #4

Lettu

luar biasa ndan.....menambah pengetahuan banget....berhubung ane bukan dari bidang begituan....
jadi ga bisa nambahin....tapi...nice info ndan!!! Top

MANTAP!!!! Top
signature
[font=Tahoma][size=large][color=#FF0000]Semua orang dapat melakukan apapun bila ia percaya dan menginginkannya. - Anonim[/color][/size][/font]
banner
owobidub
30 Nov 2009 18:43  (Edit: 30 Nov 2009 18:44 by owobidub.)    #5

Dokter Cinta

ndan Ucokfredy : bener ndan, setiap kemiringan atap ada koefisiennya.....(angin tekan dan angin hisap...)
untuk tekanan angin minimum diambil 25 kg/m2
untuk tekanan angin di laut dan tepi laut sejauh 5 km dari pantai diambil minimum 40 kg/m2
thanks tambahannya......Thanks

ndan parewa : bener ndan.....semua beban ntar disalurkan ke pondasi (ditahan pondasi)......dan pondasi tersebut juga harus disesuaikan ama kondisi tanahnya......
jadi daya dukung tanah sangat menentukan...apalagi untuk bangunan tinggi......
makasih ndan tambahannya.....Thanks

ndan LightCyber : kalau ada masalah tentang sipil di share aja ndan.......ntar kita bahas ramai-ramai.....Top
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
DJONO
1 Dec 2009 09:46    #6

Serma

rrrruuuaaarrr bbbiiiaaasssaaa........buka forum sipil yuk....info yg kayak gini nih yg gw butuhkan...thanks ya
banner
parewa
1 Dec 2009 17:52    #7

ZOMBIE

biar lebih semangat ... gw tambahin dikit

Ada bebeberapa aspek dalam perencanaan struktur pondasi yang melibatkan perancang struktur, antara lain:
1. Desain Awal : Pemilihan Sistem dan ukuran awal
2. Desain Skematik: Pemilihan ukuran akhir
3. Beban struktur: Perhitungan beban
4. Analisis Struktur: Mencari gaya-gaya dalam, reaksi, dan deformasi
5. Desain Struktur: Mencari penulangan beton dan rasio tegangan baja
6. Desain Pondasi: Mencari jumlah dan konfigurasi pondasi yang optimal
7. Penggambaran Detail : Menggambar detail balok, kolom dan
indeks penamaannya
8. Analisis Volume dan Biaya : Menghitung volume, biaya beton,
baja, cat dan bekisting
9. Penyusunan Laporan

Dalam menentukan ukuran awal, dilakukan dengan rumus empiris sebagai berikut :
Ukuran Balok: H = L/12 s/d L/14 (konvensional), H = L/20 s/d L/24 (beton prategang), dan
H = L/4 (balok kantilever)
Ukuran Kolom: Area kolom = Ptotal / (0.3 × fc’)
Ukuran Shearwall: Area wall = Ptotal / (0.2 × fc’)
Tebal pelat: Tp = L/33 (konvensional), Tp = L/30 (flat slab)
Dimana H=tinggi balok, L=bentang, fc’=kuat tekan beton, dan Tp=tebal pelat

silahkan kembangkan brooo
lanjutt brooo...TopTopTopTopTop
signature
[size=large]TAK ADA YANG ABADI ...[/size]
banner
owobidub
1 Dec 2009 20:31    #8

Dokter Cinta

wah.....langsung ditambahin sama ndan parewa......Top

dari awal sampai akhir.....lengkap....Good Good


sebenarnya kita lebih enak membahas beban-beban kerja dulu aja ndan,

biar ntar tidak terlalu melebar dari topiknya........

nanti postingannya ndan parewa dipecah-pecah aja jadi thread-thread tersendiri, biar lebih khusus.......

gimana ndan parewa....?? (hanya sekedar usul.....)


btw, thanks postingan nya mantabzz.......Thanks

signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
parewa
1 Dec 2009 22:02    #9

ZOMBIE

bener juga sih... ini udah agak jauh... udah ngebahas "level 2", untung diingatkan...

makasih ndan owobidub...
signature
[size=large]TAK ADA YANG ABADI ...[/size]
banner
owobidub
1 Dec 2009 22:13    #10

Dokter Cinta

(1 Dec 2009 22:02)parewa Wrote:
 
bener juga sih... ini udah agak jauh... udah ngebahas "level 2", untung diingatkan...

makasih ndan owobidub...

sama-sama ndan......

disini kita saling mengingatkan......

kalau saya salah tolong diingatkan juga ya ndan.......Thanks


saya tunggu threadnya ndan parewa di room ITS.......Wait
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
parewa
2 Dec 2009 15:26    #11

ZOMBIE

ok deh broo...

gw post di depan ya.... kalo ngawur koreksi ya.....
signature
[size=large]TAK ADA YANG ABADI ...[/size]
banner
owobidub
2 Dec 2009 16:53    #12

Dokter Cinta

(2 Dec 2009 15:26)parewa Wrote:
 
ok deh broo...

gw post di depan ya.... kalo ngawur koreksi ya.....

okey ndan......

kita ntar saling koreksi dan melengkapi......Top
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
Marjoko
3 Dec 2009 08:49    #13

Serma

Wuuuuaaaaaaaaah mantabs.
Jadi nambah pengetahuan tentang bangunan.
Sebenarnya aku beberapa tahun ini bekerja ngurusin bangunan gedung sebuah yayasan
Tapi tahunya ngebangun aja nggak pakai itung-itungan yang rumit
Ternyata banyak banget hitungannya ya, dan struktur organisasinya juga macam-macam
Selama ini aku ngurusin segalanya sendiri aja.


mantabs-mantabs infonya

terima kasih

nyimak terus.
banner
owobidub
3 Dec 2009 19:35    #14

Dokter Cinta

(3 Dec 2009 08:49)Marjoko Wrote:
 
Wuuuuaaaaaaaaah mantabs.
Jadi nambah pengetahuan tentang bangunan.
Sebenarnya aku beberapa tahun ini bekerja ngurusin bangunan gedung sebuah yayasan
Tapi tahunya ngebangun aja nggak pakai itung-itungan yang rumit
Ternyata banyak banget hitungannya ya, dan struktur organisasinya juga macam-macam
Selama ini aku ngurusin segalanya sendiri aja.


mantabs-mantabs infonya

terima kasih

nyimak terus.

lumayan rumit juga ndan kalau ditelusuri dari awal sampai akhir.........

ditunggu nich share pengalaman di lapangannya ndan Marjoko......Wait

ntar kita bisa diskusi bersama dan saling melengkapi......Top
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
ucokfredy
5 Dec 2009 00:56    #15

Pengangguran

wah ndan owobidub masii inget aja masalah beban2nya... Top
jadi dosen aja... Blah


signature
[align=center][font=tahoma][size=large]kita butuh pemimpin yg tegas, cepat, serta melindungi masyarakat
bukan yg diam duduk di pojokan[/font][/size][/align]
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014