Current time: 17 Apr 2014, 02:31 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / Tekno / Ilmu Pengetahuan / Ilmu Teknik Sipil / Jenis-Jenis Perkerasan Jalan



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 78 Votes - 2.94 Average


  
owobidub
20 Nov 2009 01:04    #1

Dokter Cinta

Jenis-Jenis Perkerasan Jalan

STRUKTUR PERKERASAN

Pada umumnya, perkerasan jalan terdiri dari beberapa jenis lapisan perkerasan yang tersusun dari bawah ke atas,sebagai berikut :
* Lapisan tanah dasar (sub grade)
* Lapisan pondasi bawah (subbase course)
* Lapisan pondasi atas (base course)
* Lapisan permukaan / penutup (surface course)

[Image: 1.jpg]
Gambar 1. Lapisan perkerasan jalan lentur

Terdapat beberapa jenis / tipe perkerasan terdiri :
a. Flexible pavement (perkerasan lentur).
b. Rigid pavement (perkerasan kaku).
c. Composite pavement (gabungan rigid dan flexible pavement).

PERKERASAN LENTUR

Jenis dan fungsi lapisan perkerasan
Lapisan perkerasan jalan berfungsi untuk menerima beban lalu-lintas dan menyebarkannya ke lapisan di bawahnya terus ke tanah dasar

Lapisan Tanah Dasar (Subgrade)
Lapisan tanah dasar adalah lapisan tanah yang berfungsi sebagai tempat perletakan lapis perkerasan dan mendukung konstruksi perkerasan jalan diatasnya. Menurut Spesifikasi, tanah dasar adalah lapisan paling atas dari timbunan badan jalan setebal 30 cm, yang mempunyai persyaratan tertentu sesuai fungsinya, yaitu yang berkenaan dengan kepadatan dan daya dukungnya (CBR).
Lapisan tanah dasar dapat berupa tanah asli yang dipadatkan jika tanah aslinya baik, atau tanah urugan yang didatangkan dari tempat lain atau tanah yang distabilisasi dan lain lain.

Ditinjau dari muka tanah asli, maka lapisan tanah dasar dibedakan atas :
* Lapisan tanah dasar, tanah galian.
* Lapisan tanah dasar, tanah urugan.
* Lapisan tanah dasar, tanah asli.

Kekuatan dan keawetan konstruksi perkerasan jalan sangat tergantung dari sifat-sifat dan daya dukung tanah dasar.
Umumnya persoalan yang menyangkut tanah dasar adalah sebagai berikut :
* Perubahan bentuk tetap (deformasi permanen) akibat beban lalu lintas.
* Sifat mengembang dan menyusutnya tanah akibat perubahan kadar air.
* Daya dukung tanah yang tidak merata akibat adanya perbedaan sifat-sifat tanah pada lokasi yang berdekatan atau akibat kesalahan pelaksanaan misalnya kepadatan yang kurang baik.

Lapisan Pondasi Bawah (Subbase Course)
Lapis pondasi bawah adalah lapisan perkerasan yang terletak di atas lapisan tanah dasar dan di bawah lapis pondasi atas.

Lapis pondasi bawah ini berfungsi sebagai :
* Bagian dari konstruksi perkerasan untuk menyebarkan beban roda ke tanah dasar.
* Lapis peresapan, agar air tanah tidak berkumpul di pondasi.
* Lapisan untuk mencegah partikel-partikel halus dari tanah dasar naik ke lapis pondasi atas.
* Lapis pelindung lapisan tanah dasar dari beban roda-roda alat berat (akibat lemahnya daya dukung tanah dasar) pada awal-awal pelaksanaan pekerjaan.
* Lapis pelindung lapisan tanah dasar dari pengaruh cuaca terutama hujan.

Lapisan pondasi atas (base course)
Lapisan pondasi atas adalah lapisan perkerasan yang terletak di antara lapis pondasi bawah dan lapis permukaan.

Lapisan pondasi atas ini berfungsi sebagai :
* Bagian perkerasan yang menahan gaya lintang dari beban roda dan menyebarkan beban ke lapisan di bawahnya.
* Bantalan terhadap lapisan permukaan.

Bahan-bahan untuk lapis pondasi atas ini harus cukup kuat dan awet sehingga dapat menahan beban-beban roda.
Dalam penentuan bahan lapis pondasi ini perlu dipertimbangkan beberapa hal antara lain, kecukupan bahan setempat, harga, volume pekerjaan dan jarak angkut bahan ke lapangan.

Lapisan Permukaan (Surface Course)
Lapisan permukaan adalah lapisan yang bersentuhan langsung dengan beban roda kendaraan.
Lapisan permukaan ini berfungsi sebagai :
* Lapisan yang langsung menahan akibat beban roda kendaraan.
* Lapisan yang langsung menahan gesekan akibat rem kendaraan (lapisaus).
* Lapisan yang mencegah air hujan yang jatuh di atasnya tidak meresap ke lapisan bawahnya dan melemahkan lapisan tersebut.
* Lapisan yang menyebarkan beban ke lapisan bawah, sehingga dapat dipikul oleh lapisan di bawahnya.

Apabila dperlukan, dapat juga dipasang suatu lapis penutup / lapis aus (wearing course) di atas lapis permukaan tersebut.
Fungsi lapis aus ini adalah sebagai lapisan pelindung bagi lapis permukaan untuk mencegah masuknya air dan untuk memberikan kekesatan (skid resistance) permukaan jalan. Lapis aus tidak diperhitungkan ikut memikul beban lalu lintas.


PERKERASAN KAKU

Perkerasan jalan beton semen atau secara umum disebut perkerasan kaku, terdiri atas plat (slab) beton semen sebagai lapis pondasi dan lapis pondasi bawah (bisa juga tidak ada) di atas tanah dasar. Dalam konstruksi perkerasan kaku, plat beton sering disebut sebagai lapis pondasi karena dimungkinkan masih adanya lapisan aspal beton di atasnya yang berfungsi sebagai lapis permukaan.

Perkerasan beton yang kaku dan memiliki modulus elastisitas yang tinggi, akan mendistribusikan beban ke bidang tanah dasra yang cukup luas sehingga bagian terbesar dari kapasitas struktur perkerasan diperoleh dari plat beton sendiri. Hal ini berbeda dengan perkerasan lentur dimana kekuatan perkerasan diperoleh dari tebal lapis pondasi bawah, lapis pondasi dan lapis permukaan.

Karena yang paling penting adalah mengetahui kapasitas struktur yang menanggung beban, maka faktor yang paling diperhatikan dalam perencanaan tebal perkerasan beton semen adalah kekuatan beton itu sendiri. Adanya beragam kekuatan dari tanah dasar dan atau pondasi hanya berpengaruh kecil terhadap kapasitas struktural perkerasannya.

Lapis pondasi bawah jika digunakan di bawah plat beton karena beberapa pertimbangan, yaitu antara lain untuk menghindari terjadinya pumping, kendali terhadap sistem drainasi, kendali terhadap kembang-susut yang terjadi pada tanah dasar dan untuk menyediakan lantai kerja (working platform) untuk pekerjaan konstruksi.

Secara lebih spesifik, fungsi dari lapis pondasi bawah adalah :
* Menyediakan lapisan yang seragam, stabil dan permanen.
* Menaikkan harga modulus reaksi tanah dasar (modulus of sub-grade reaction = k), menjadi modulus reaksi gabungan (modulus of composite reaction).
* Mengurangi kemungkinan terjadinya retak-retak pada plat beton.
* Menyediakan lantai kerja bagi alat-alat berat selama masa konstruksi.
* Menghindari terjadinya pumping, yaitu keluarnya butir-butiran halus tanah bersama air pada daerah sambungan, retakan atau pada bagian pinggir perkerasan, akibat lendutan atau gerakan vertikal plat beton karena beban lalu lintas, setelah adanya air bebas terakumulasi di bawah pelat.


PERKERASAN KOMPOSIT

Perkerasan komposit merupakan gabungan konstruksi perkerasan kaku (rigid pavement) dan lapisan perkerasan lentur (flexible pavement) di atasnya, dimana kedua jenis perkerasan ini bekerja sama dalam memilkul beban lalu lintas. Untuk ini maka perlua ada persyaratan ketebalan perkerasan aspal agar mempunyai kekakuan yang cukup serta dapat mencegah retak refleksi dari perkerasan beton di bawahnya.

sumber

signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
demonedic
20 Nov 2009 02:51    #2

Purnawirawan

Kira2 ilmu ini bisa diaplikasikan ke Lapangan Bola gak?
Lapangan bola yang cepet nyerap air & tentunya gak keras Top
banner
owobidub
20 Nov 2009 04:36    #3

Dokter Cinta

(20 Nov 2009 02:51)demon_edge Wrote:
 
Kira2 ilmu ini bisa diaplikasikan ke Lapangan Bola gak?
Lapangan bola yang cepet nyerap air & tentunya gak keras Top

untuk sistem drainase jalan dan lapangan bola beda ndan....jadi ga' bisa dipakai untuk lapangan bola...

kalau jalan, air dibuat kesamping kanan kiri, kecuali kalau ada besi grill (penutup saluran air) yang ada ditengah jalan, yang menunjukkan dibawah jalan tersebut ada saluran drainase.....

nanti saya coba share artikel masalah sistem drainase....
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
perugiana_fachri
20 Nov 2009 07:53    #4

Letjen

bagaimana jika lapisan tanah tidak rata? apa yg seharusnya dilakukan ? lantas jika daerah tersebut termasuk daerah tanah lembek gimana tuk mengeraskan dasar pondasi jika ingin membuat sebuah rumah agar awet? Think
banner
owobidub
20 Nov 2009 09:04    #5

Dokter Cinta

(20 Nov 2009 07:53)perugiana_fachri Wrote:
 
bagaimana jika lapisan tanah tidak rata? apa yg seharusnya dilakukan ? lantas jika daerah tersebut termasuk daerah tanah lembek gimana tuk mengeraskan dasar pondasi jika ingin membuat sebuah rumah agar awet? Think

lapisan tidak rata bisa dilakukan timbunan kemudian dipadatkan......

untuk tanah lembek (tanah lunak) banyak cara yang bisa dilakukan.....
1. perbaikan tanah dengan replacement tanah....jangan lupa dipadatkan....
2. dengan memakai pondasi dalam (jika beban terlalu besar), diharapkan pondasi bisa mencapai tanah keras.....
kalau untuk tanah dibawah lantai harus dipadatkan juga.....


ini mungkin threadnya untuk jalan raya......untuk penjelasan lebih lanjut mungkin ndan fachri bisa melihat
di http://www.forumbebas.com/thread-92508.html untuk metode perbaikan tanah.....
dan http://www.forumbebas.com/thread-92542.html untuk pondasinya......

thanks uda share......Top
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
ucokfredy
20 Nov 2009 19:48    #6

Pengangguran

(20 Nov 2009 07:53)perugiana_fachri Wrote:
 
bagaimana jika lapisan tanah tidak rata? apa yg seharusnya dilakukan ? lantas jika daerah tersebut termasuk daerah tanah lembek gimana tuk mengeraskan dasar pondasi jika ingin membuat sebuah rumah agar awet? Think


tidak rata nii maksudnya apa... Confused
jika maksudnya berbukit bisa dilakukan seperti kata owobidub, yaitu penimbunan...
akan tetapi harga penimbunan ini mahal karena kita harus menghitung biaya pembelian tanah, biaya angkut tanah, sampai upah...
kl masii bisa di rencanakan elevasinya lebih baik ndan, karena dengan perencanaan elevasi yeng baik kita dapat merencanakan Cut and Field (pemotongan dan penimbunan tanah) pada jenis tanah tersebut... Top

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

sebenernya bener kata owobidub (ahlinya dya) tp gw cuma nambahin lagi nii, selain yg di kasii sama owobidub n kl di rasa masii mahal harganya, makanya cari paling pas adalah memberi kapur pada lapisan tanah tersebut untuk mengularkan airnya, setelah itu baru di padatkan...
kl memang masii mahal, gunakan cerucuk pada tanah tersebut... Top


signature
[align=center][font=tahoma][size=large]kita butuh pemimpin yg tegas, cepat, serta melindungi masyarakat
bukan yg diam duduk di pojokan[/font][/size][/align]
banner
owobidub
20 Nov 2009 20:48    #7

Dokter Cinta

(20 Nov 2009 19:48)ucokfredy Wrote:
 
(20 Nov 2009 07:53)perugiana_fachri Wrote:
 
bagaimana jika lapisan tanah tidak rata? apa yg seharusnya dilakukan ? lantas jika daerah tersebut termasuk daerah tanah lembek gimana tuk mengeraskan dasar pondasi jika ingin membuat sebuah rumah agar awet? Think


tidak rata nii maksudnya apa... Confused
jika maksudnya berbukit bisa dilakukan seperti kata owobidub, yaitu penimbunan...
akan tetapi harga penimbunan ini mahal karena kita harus menghitung biaya pembelian tanah, biaya angkut tanah, sampai upah...
kl masii bisa di rencanakan elevasinya lebih baik ndan, karena dengan perencanaan elevasi yeng baik kita dapat merencanakan Cut and Field (pemotongan dan penimbunan tanah) pada jenis tanah tersebut... Top

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

sebenernya bener kata owobidub (ahlinya dya) tp gw cuma nambahin lagi nii, selain yg di kasii sama owobidub n kl di rasa masii mahal harganya, makanya cari paling pas adalah memberi kapur pada lapisan tanah tersebut untuk mengularkan airnya, setelah itu baru di padatkan...
kl memang masii mahal, gunakan cerucuk pada tanah tersebut... Top



mantabz nich penjelasannya ndan ucokfredy......ahli tanah.....Top

Thanks
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014