Current time: 25 Apr 2014, 01:20 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / ACI, Aku Cinta Indonesia / Berita Bangga Indonesia / Defence & Security / Artillery Pertahanan Udara



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 125 Votes - 2.94 Average


  
jirep@sem
16 Nov 2009 17:09  (Edit: 28 Mar 2010 22:56 by Fikri is a pollitikus.)    #1

PENGELANA

Altileri Pertahanan Udara

Secara umum, artileri merupakan sebutan untuk kesenjataan, pengetahuan kesenjataan, pasukan serta persenjataannya sendiri yang berupa senjata-senjata berat jarak jauh.

Pada awalnya, istilah artileri (bahasa Perancis: artillerie) digunakan untuk menyebut alat berat apapun yang menembakkan proyektil di medan perang. Istilah ini juga dipakai untuk mendeskripsikan tentara yang tugasnya menjalankan alat-alat tersebut. Dengan ditemukannya kendaraan terbang pada awal abad ke-20, artileri mulai digunakan juga untuk menyebut senjata darat anti-udara.

Dalam pengertian TNI-AD, senjata artileri meliputi Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) dan Artileri Medan (Armed). Termasuk dalam Arhanud adalah meriam dan peluru kendali anti pesawat udara. Sedangkan Armed terdiri dari meriam, howitzer, mortir berat dan roket.

Menurut Kesatuannya ARHANUD di bagi ke dalam:

TNI AD
1. Pusdik Arhanud
2. Dohar Sista Arhanud
3. Resimen Arhanud I/ F/ Dam Jaya
Batalyon Artileri Pertahanan Udara Ringan (Yon Arhanudri)
1. Batalyon Artileri Pertahanan Udara Ringan 1 Kostrad
2. Batalyon Artileri Pertahanan Udara Ringan 2 Kostrad
3. Batalyon Artileri Pertahanan Udara Ringan 3 Kodam III/Siliwangi
Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang (Yon Arhanudse)
1. Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 6 Kodam Jaya
2. Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 8 Kodam V/Brawijaya
3. Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 10 Kodam Jaya
4. Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 11 Kodam I/Bukit Barisan
5. Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 13 Kodam I/Bukit Barisan
6. Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 14 Kodam III/Siliwangi
7. Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 15 Kodam IV/Diponegoro
Detasemen
1. Detasemen Arhanud-001 Dam IM
2. Detasemen Arhanud-002 Dam Vi/Tpr
3. Detasemen Arhanud-003 Dam Jaya
4. Detasemen Arhanud-004 Dam I/BB
Baterai
1. Baterai Arhanudri-41 Dam II/Swj
2. Baterai Arhanudri-141 Dam VII/Wrb
Peralatan yang digunakan antara lain rudal RBS-70, Meriam Bofors L/70 40mm, Meriam S-60 57mm, Rheinmetal 20mm, DShK kaliber 12,7mm, Giant Bow 23mm


TNI-AL juga mengoperasikan pertahanan udara dari kapal-kapalnya , selain berbagai macam meriam juga ada beberapa macam rudal.Rudalnya adalah seacat buatan inggris (sudah pensiun) , mistral dari matra perancis , dan SA-N-5 buatan Uni Sovyet yang dibeli satu paket dengan kapal korvet kelas Parchim.


TNI-AU melalui Paskhas juga mengoperasikan arhanud , senjatanya antara lain adalah rudal QW-3 buatan china selain berbagai macam meriam.


[Image: RBS70.jpg]
RBS 70

[Image: 300px-Bofors-40-L70-hatzerim-2-1.jpg]
Bofors L/70 40mm

[Image: Art_2005411_12243.jpg]
Meriam S-60 57mm

[img] http://es.wikipedia.org/wiki/Archivo:Sca..._20_mm.JPG[/img]
Rheinmetall 20mm

[img]www.imfdb.org/images/6/68/DSHK.jpg[/img]

[Image: mistral-02.jpg]
Mistral buatan Prancis.

[Image: rnsa5-1.jpg]
SAN-50 buatan Uni Soviet.

[Image: QW-3+(2).jpg]
QW-3

[Image: DMV-30T+2.jpg]
DMV-30

[Image: Oerlikon_35mm_twin_cannon.jpg]
Oerlikon 35mm

[Image: Skyshield+35+ADS+2.jpg] Rheinmetall Defence (Oerlikon Contraves) Skyshield 35 - ground base air defense system (photo : Aviation Week)

[Image: TD-2000B+Tempur.jpg] short-range air defence systems TD 2000B


Bagi yang mau menambahkan silahkan.....dapat hadiah menarik.
banner
c@stro
16 Nov 2009 17:14    #2

Jendral


Keren-keren senjatanya ndan Top

signature
banner
demonedic
16 Nov 2009 17:17    #3

Purnawirawan

Wow Nice pic & info Top

Ngomong2 ini persenjataan mutakhir gak bung?
Nanti pas mau dipake ngadat kan gak lucu Blah
banner
jirep@sem
17 Nov 2009 11:30    #4

PENGELANA

(16 Nov 2009 17:14)castro6281 Wrote:
 

Keren-keren senjatanya ndan Top
Masih kalah keren sama senjatanya tetangga Cry Cry Cry
Apalagi kalau tetangga pakai Penempur V-5 jelas lewat aja arhanud kita. Cry Cry

(16 Nov 2009 17:17)demon_edge Wrote:
 
Wow Nice pic & info Top
Ngomong2 ini persenjataan mutakhir gak bung?
Nanti pas mau dipake ngadat kan gak lucu Blah
Lumayan muthakir ndan...
Kalo ngadat seh enggak coz perawatannya bagus,
cuma kurang canggih saja. Maklum Anggaran untuk alutsista
dipangkas buat pergi keluar negri ama anggota DPR
banner
wong_edhan
17 Nov 2009 11:35    #5

Gembel Jalanan

Ini bener2 senjata khan...??? bukan kumpulan besi tua yg pada saat akan dipaai perang atau menjada keamanan malah macet..... Blah
banner
jirep@sem
17 Nov 2009 11:48  (Edit: 17 Nov 2009 11:49 by jirep@sem.)    #6

PENGELANA

(17 Nov 2009 11:35)a_a_widodo Wrote:
 
Ini bener2 senjata khan...??? bukan kumpulan besi tua yg pada saat akan dipaai perang atau menjada keamanan malah macet..... Blah
Blah Blah Blah Beneran mbah, top wes pokokmen (kan udah dibantu do'a-do'a ama embah)


Kapan ya Indonesia punya yg seperti ini Wait
[Image: KrAZ-260-S-300PMU-2-Favorit-1.jpg]
SA-10C Grumble air defense missile

Keder semua tetangga kita... Ngakak Ngakak
banner
sonyindra
21 Nov 2009 10:26    #7

Peltu

kita punya kok manual semua.......
banner
owobidub
23 Nov 2009 02:08    #8

Dokter Cinta

Wow keren ndan senjatanya..........

kalau lihat senjata-senjata diatas.........semoga aja negara kita aman.......Top
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
ersysnet
25 Nov 2009 11:11    #9

Serka

hahahhaha... kira2 indonesia bisa menang g ya???? senjata si emang ketinggalan
tpi kan masih banyak jagoan orang di negeri kita??
TongueTongue
signature
Cinta adalah kebebasan dalam menentukan pilihan. Dua orang disebut saling mencintai ketika mereka mampu untuk hidup sendiri, namun memilih untuk hidup bersamaWait
banner
jirep@sem
28 Nov 2009 13:27    #10

PENGELANA

Minimal Indonesia punya yang ginian neh, buat Artilerinya :
[Image: File:Adats_01.jpg]
The Air Defense Anti-Tank System (ADATS) is a dual-purpose short range surface-to-air and anti-tank missile system based on the M113A2 vehicle.

Atau boleh juga yang begini :
[Image: File:Sa-2camo.jpg]
SA-2 Guideline
Survace to Air Misille ( SAM ) system.

Hehehehe...kapan ya...Think
banner
jirep@sem
29 Nov 2009 15:57    #11

PENGELANA

Rudal Yakhont untuk Indonesia

[Image: Yakhont_NPOMash.jpg]

Heavy Fire !

Beruntunglah TNI AL karena rudal antikapal permukaan terbaru dan tercanggih buatan Rusia, SS-N-26 Yakhont, sudah masuk dalam inventori arsenalnya. Rudal yang mampu melumat sasaran pada jarak maksimum 300 km dan jarak minimum 50 km ini dikabarkan sudah terpasang di salah satu fregat kita dan dalam waktu dekat akan diuji coba penembakannya. Rudal Yakhont dengan dimensi panjang 8,9 meter dan diameter 0,7 meter mampu melesat pada kecepatan Mach 2,5 dengan bobot luncur rudal seberat tiga ton.

Pembelian rudal Yakhont melengkapi inventori rudal C-802 yang juga sudah dimiliki. Dengan demikian, TNI AL paling tidak sudah punya taring-taring tajam yang baru untuk menggasak lawan. Rudal C-802 buatan China, punya kode Yingji-82 (Serangan Elang), mampu menggasak sasaran berupa kapal permukaan hingga jarak maksimum 120 km. Rudal menjelajah menuju sasaran dalam ketinggian 5-7 meter di atas permukaan air laut dengan kecepatan Mach 0,9.

Selain kedua rudal tadi, TNI AL masih punya beragam jenis torpedo, rudal Harpoon, dan Exocet, meriam 120 mm, 76 mm, 57 mm, 40 mm, 20 mm, hingga yang paling kecil senapan mesin 12,7 mm. Lalu ada juga bom laut, RBU-6000, ASRL/ASROC, Mistral dan sebagainya. Rudal Harpoon maupun Exocet sudah beberapa kali diuji coba, demikian juga dengan roket anti kapal selam RBU-6000. (ron)


(Angka Edkol No. 61 September 2009 : Kapal Perang Indonesia)
DEFENSE STUDIES Thanks
banner
jirep@sem
29 Nov 2009 16:00    #12

PENGELANA

[Image: R_27_Medium_Enemyforces.jpg]
R-27 medium AAM, persenjataan untuk Su-27/Su-30 (photo : Enemyforces)
banner
Kendil
29 Nov 2009 17:34    #13

Kapten

Mangstap abis ndan ............ Top
banner
DJONO
30 Nov 2009 08:22    #14

Serma

jayalah negeriku....kekuatan militer yg cukup akan membuat indonesia disegani.....
banner
Keruwel
1 Dec 2009 20:53    #15

Serma

INDONESIA PASTI BISSSSAAAA..............................
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014