Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir



 
  • 54 Vote(s) - 2.81 Average
Tools    New reply


5 Oct 2009 16:31
h3n7a1
Sertu
Posts 223
Reputation: 9
Awards:
Facebook Network

Inilah Simbol Plastik Aman Untuk Makanan!
Senin, 05/10/2009

Perhatikan!!!!

[Image: plastikbsr.jpg]

Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari plastik memiliki peran sangat penting. Plastik biasa dijumpai sebagai wadah pembungkus, botol minuman, perabot rumah tangga, hingga mainan anak-anak. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua plastik aman? Bagaimana cara mengenali plastik yang aman?

Terlepas dari berbagai kegunaan, jenis, serta bentuk plastik, sebenarnya apa itu plastik? Plastik adalah istilah umum bagi 'polimer' yaitu sejenis material yang terdiri dari rantai panjang karbon dan elemen-elemen lainnya. Dimana bahan tersebut mudah dibuat menjadi berbagai bentuk dan ukuran.

Secara umum plastik digolongkan menjadi 2 macam yaitu Termoset dan Termoplastik. Termoset adalah jenis plastik yang tidak bisa didaur ulang seperti melamin, peralatan listrik (saklar, stop kontak,dll). Sedangkan Termoplastik merupakan jenis plastik yang bisa didaur ulang seperti pembungkus makanan, kantong pastik, mainan anak (Polyethylene) , mainan anak (Polyethylene) , dll.

Keunggulan plastik selain kuat, ringan, fleksibel, tahan karat, isolator panas/listrik yang baik, juga mudah dibentuk untuk berbagai fungsi dan mudah diberi warna. Tetapi disamping itu kelemahan plastik juga cukup banyak. Beberapa jenis plastik dikondisikan tak tahan panas dan diantaranya memerlukan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai secara alami. Bahkan jika tidak digunakan sesuai fungsinya, bahan-bahan kimia yang terkandung didalamnya bisa membahayakan kesehatan.

Plastik yang terdiri dari beberapa bahan kimia tersebut dalam kondisi tertentu mengalami proses 'migrasi'. Yang dimaksud proses 'migrasi' tersebut adalah perpindahan bahan-bahan kimia dari wadah ke makanan akibat pengaruh suhu makanan, penyimpanan, dan proses pengolahannya. Meskipun pemerintah telah menghimbau masyarakat mengenai bahaya menaruh makanan panas dalam kantong plastik, namun tak semua orang sadar dan menghentikan kebiasaan tersebut.

Nah, apa jadinya jika bahan-bahan kimia yang terkandung dalam plastik ini bisa mengancam kesehatan Anda dan keluarga? Oleh karena itu apa saja yang harus diperhatikan untuk mengenali plastik yang aman terutama untuk wadah makanan?

Kini untuk memilih wadah kemasan makanan dan minuman yang aman sebenarnya gampang saja. Hal tersebut dapat bisa dilihat dari simbol-simbol standarisasi aman yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang, seperti FDA (Food & Drugs Administration) , EFSA (European Food Safety Authority), SPI (Society of Plastic Industry), dan BPOM untuk Indonesia.

Lalu simbol-simbol apa saja yang perlu diperhatikan pada kemasan plastik? Simbol 'Food Grade' yang belambang gelas dan garpu ini menandakan bahwa wadah tersebut aman digunakan untuk makanan dan minuman. Begitu pula sebaliknya jika terdapat simbol 'Non Food Grade' yang berbentuk gelas dan garpu dicoret menandakan bahwa kita harus menghindarinya untuk penggunaan wadah makanan dan minuman.

Simbol 'microwave safe' (garis bergelombang) dan 'oven save' (gambar oven) menandakan wadah-wadah tersebut aman digunakan dalam microwave dan oven karena tahan terhadap suhu tinggi, begitu pula sebaliknya. Sedangkan simbol 'freezer save' yang bergambar bunga salju menandakan bahwa wadah tersebut aman digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman dalam suhu rendah. Lain halnya untuk simbol 'cut save' (gambar pisau) yang diperuntukkan khusus sebagai wadah yang aman untuk memotong bahan-bahan makan.

Di Indonesia masih banyak plastik yang tidak mencantumkan simbol tersebut terutama plastik buatan lokal. Tetapi akan lebih baik pula jika kita tak tergiur dengan harganya yang murah tetapi dapat beresiko buruk bagi kesehatan. Pilihlah wadah plastik yang aman dan memenuhi mutu dan standar keamanan pangan dari lembaga berwenang.

Mengingat harga kesehatan Anda dan keluarga lebih mahal dan berharga dari apapun juga, mulai kini jangan spelekan plastik!

sumber

5 Oct 2009 16:34
c@stro
Jendral
Posts 15.222
Reputation: 1075
Awards:
Pembayar PajakFBI FansFacebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rn



Baru tau gw ndan... thanks Info Nya ndan

Top









signature

5 Oct 2009 16:58
yahuda3
Jendral
Posts 11.058
Reputation: 333
Awards:
News Gator

Good info. Top Thanks






signature
Don't say: I need Indonesia, instead say it proudly:
[color=#FF0000][size=x-large]Indonesia needs me[/size][/color]

5 Oct 2009 17:21
sniper78
Jendral
Posts 12.287
Reputation: 126
Awards:

Thanks infonya ndan.

Top

5 Oct 2009 17:21
samuel99
Brigjen
Posts 4.871
Reputation: 184
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnGood Citizen

nice info..TopTopTopTop






signature
[b]
biarlah aku di panggil gagak burung pembawa sial, itu lebih baik dari pada burung yg lupa akan caranya terbang.
[/b]

5 Oct 2009 18:00
heavencity
Kopka
Posts 109
Reputation: 10
Awards:
FBI FansCharity

baru tau jg
biasanya ga pernah merhatiin






signature
[size=large][color=#FF0000]Mau sticker FBI ???[/color]
VISIT : [url]http://www.forumbebas.com/thread-113974.html[/url][/size]

5 Oct 2009 18:05
Puyunghai
Kopda
Posts 77
Reputation: 0
Awards:

th for info ndan Grin






signature
[align=center][url=http://local-download.blogspot.com/][size=large]Download Full version Software Here Tongue[/size][/url]
[/align]

5 Oct 2009 23:48
Mrgareb
Kolonel
Posts 3.743
Reputation: 419
Awards:

itu tanda2nya bisa di palsukan tidak..?






signature
waktu muda mengorbankan kesehatan utk kekayaan, giliran sudah tua mengorbankan kekayaan utk kesehatan',. Gak ada artinya kan ?...

6 Oct 2009 17:41
omloe
Letkol
Posts 2.539
Reputation: 7
Awards:

HARUSNYA LEMBAGA KONSUMEN DAN POM PERLU MENSOSIALISASIKAN SIMBOL2 UNTUK PLASTIK DIPASAR TRADISIONAL DAN SWALAYAN AGAR SEMUA LAPISAN MASYARAKAT DAPAT MENGERTI,KALAU PERLU PRODUSENNYA DIWAJIBKAN UNTUK MENSOSIALISASIKAN MELALUI SELURUH MEDIA DI INDONESIA.JANGAN HANYA MENCARI KEUNTUNGAN SAJA TAPI TIDAK MEMIKIRKAN DAMPAK DARI PRODUKNYA.

6 Oct 2009 18:01
Alm wawan
Psikopat
Posts 3.503
Reputation: 439
Awards:
Facebook NetworkPembayar PajakAnti Child Po rnGood CitizenFBI ManiaBlood DonationSigiCharityMember Telah Dewasa

thax info nya ndan baru tau ane Top


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram