Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir



 
  • 80 Vote(s) - 3.09 Average
Tools    New reply


25 Aug 2009 21:22
c@stro
Jendral
Posts 15.222
Reputation: 1075
Awards:
Pembayar PajakFBI FansFacebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rn

[Image: 1752117p.jpg]


JAKARTA, KOMPAS.com - Berpuasa sepanjang hari, tak hanya menghadirkan lapar dan dahaga. Bau mulut, juga menjadi persoalannya. Jika di hari non puasa kita bisa menyikat gigi di tengah hari, bagaimana di saat puasa? Bolehkah menyikat gigi untuk mengatasi baunya?

Ustad H. Ahmad Zacky, yang biasa disapa Bang Zack, mengutarakan, boleh tidaknya menyikat gigi atau berkumur saat berpuasa masih terjadi keragaman pendapat. Ada yang mengatakan boleh, ada pula yang berpendapat tidak boleh.

"Tetapi, sebagian besar ulama mengatakan hukumnya makruh karena bisa mengurangi pahala puasa. Sebab, jika menyikat gigi bisa saja tanpa sengaja ada yang mengalir ke tenggorokan," ujar Bang Zack, dalam acara buka bersama Pepsodent Herbal, Selasa (25/8), di Crown Hotel, Jakarta.

Bang Zack kemudian menceritakan sebuah kisah di masa Rasulullah Muhammad SAW. Kala itu, ada seorang hakim yang bertanya pada Rasul, apakah dia diperbolehkan berkumur di siang hari saat Ramadhan. Alasan sang hakim, ia seorang pelayan publik dan berhadapan langsung dengan masyarakat umum.

Menjawab pertanyaan ini, ia mengungkapan, meskipun diyakini hukumnya makruh, segala sesuatu dikembalikan pada niat yang melakukannya. Kutip Bang Zack, Rasul pada intinya mengatakan, "Serahkan pada hati dan niatmu. Tanya pada hati dan kembalikan ke niat," kata Bang Zack.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Dr. drg. Melanie Sadono Djamil menambahkan, menjaga kesegaran mulut saat berpuasa sama pentingnya dengan menjaga mulut dari kata-kata yang tidak bermanfaat. Salah satu penyebab bau mulut adalah berkurangnya intensitas mengunyah yang mengakibatkan bakteri masih bertahan di rongga mulut.

"Selama bulan puasa, kegiatan mengunyah kan tidak ada. Kegiatan mengunyah itu juga bagian dari cleansing. Nah, selama puasa, kita kan hanya menelan liur saja sehingga bakteri tetap ada," ujar Melanie.

Jadi, kembali lagi kepada masing-masing pribadi mau tetap sikat gigi siang hari atau tidak.



Sumber






signature

25 Aug 2009 23:19
mustaffa711
abdi dalem
Posts 1.741
Reputation: 67
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rn

yang penting niatnya ndan,
klu niatnya sambil curi2 minum yaaa batal deyh ...

25 Aug 2009 23:51
THE ROCK
Bukan Admin
Posts 14.527
Reputation: 585
Awards:
Pembayar PajakNews GatorMember ChoiceFacebook Network

(25 Aug 2009 23:19)mustaffa711 Wrote:
 
yang penting niatnya ndan,
klu niatnya sambil curi2 minum yaaa batal deyh ...

Apakah kita gosok gigi karena kebersihan atau karena haus..
Bila kita gosok gigi sehabis Buka dan Sahur, pasti satu hari itu gigi kita masih bersih..
Gak perlu bolak-balik gosok gigi.. kan kita gak makan apa-apa?






signature
newcomer

26 Aug 2009 01:13
tsubasha
Mayor
Posts 1.485
Reputation: 9
Awards:

klo yg gw tau....
gosok gigi pada saat puasa boleh2 aja....
tapi hukum nya makruh jadinya ndan...

tuk info jelas lg tanya langsung ke pak ustad

26 Aug 2009 01:22
Widhe
Kopka
Posts 126
Reputation: 2
Awards:

Yang penting niatnya aja... Kl emang bener2 mo sikat gigi... Y fokus aja ma gigi yang di bersihin... jangan dimasukin tuh air pas kumur... Sama aja bo`ong... Hehehe

26 Aug 2009 04:34
herufbi
Kolonel
Posts 4.276
Reputation: 68
Awards:
CharityFBI FansFacebook Network

Boleh aja kan buat bersih2 ... Kebersihan itu Bagian dari Iman. Smile

26 Aug 2009 06:23
brutallic_
Peltu
Posts 545
Reputation: 5
Awards:

ini jg sering jdi pertanyaan gw...
cz gw srg telat sahur n pasti gosok gigi pas mandi pagi...
'cba klo gak sikat gigi.. wah berabe kn?!'
tpi bner jga... emank tergantung niat...


Blah

26 Aug 2009 07:54
sutisna
Brigjen
Posts 5.871
Reputation: 30
Awards:

asal jangan bagai pepatah.....

sambil sikat gigi, minum air....






signature
[size=medium]I know that I am not the best man in the world, I don't care.
[b]I just do my best[/b][/size]

26 Aug 2009 10:06
ANVHIL
Jendral
Posts 10.308
Reputation: 610
Awards:
Good CitizenFacebook NetworkAnti Child Po rnCharityMember Telah Dewasa

Wah gue banget tuh

abis kalo sebelum imsak males gosok giginya

hehehehe

thanks infonya ndan






signature
[align=center][size=large][b]Jasa Pemasangan Warnet + Super Proxy[/b][/size]
[ym]adhilcomputer[/ym][/align]

26 Aug 2009 11:13
7screws
Kolonel
Posts 3.896
Reputation: 303
Awards:
FBI FansCharity

Tapi klo emg gag sikat gigi mulut jadi bauk sech. Tergantung niat sndri.






signature
[b]Aku tidak akan malu mengakui FBI tempatku belajar bersosialisasi Top [/b]

26 Aug 2009 11:20
UNTOWN
Letda
Posts 607
Reputation: 11
Awards:

semua tergantung dari niat!! tapi jika tidak urgen, misalnya harus sering berkomunikasi dengan orang mungkin sikat gigi pada saat berpuasa bolehlah... tapi jika tidak sebaiknya tidak usah gosok gigi...






signature
[b][/b][size=medium]FREEDOM N' Peace[/size]

26 Aug 2009 11:56
sniper78
Jendral
Posts 12.287
Reputation: 126
Awards:

Hehehehe...tergantung aj

Smile

26 Aug 2009 12:11
c@stro
Jendral
Posts 15.222
Reputation: 1075
Awards:
Pembayar PajakFBI FansFacebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rn

(20 Aug 2009 14:34)sniper78 Wrote:
 
Hehehehe...tergantung aj

Smile




Tergantung pada yg tergayut BlahBlah








signature


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram