Current time: 16 Apr 2014, 20:17 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / News / Artikel Bebas Kita / Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh Enggak Sih?



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 78 Votes - 3.04 Average


  
c@stro
25 Aug 2009 21:22    #1

Jendral

[Image: 1752117p.jpg]


JAKARTA, KOMPAS.com - Berpuasa sepanjang hari, tak hanya menghadirkan lapar dan dahaga. Bau mulut, juga menjadi persoalannya. Jika di hari non puasa kita bisa menyikat gigi di tengah hari, bagaimana di saat puasa? Bolehkah menyikat gigi untuk mengatasi baunya?

Ustad H. Ahmad Zacky, yang biasa disapa Bang Zack, mengutarakan, boleh tidaknya menyikat gigi atau berkumur saat berpuasa masih terjadi keragaman pendapat. Ada yang mengatakan boleh, ada pula yang berpendapat tidak boleh.

"Tetapi, sebagian besar ulama mengatakan hukumnya makruh karena bisa mengurangi pahala puasa. Sebab, jika menyikat gigi bisa saja tanpa sengaja ada yang mengalir ke tenggorokan," ujar Bang Zack, dalam acara buka bersama Pepsodent Herbal, Selasa (25/8), di Crown Hotel, Jakarta.

Bang Zack kemudian menceritakan sebuah kisah di masa Rasulullah Muhammad SAW. Kala itu, ada seorang hakim yang bertanya pada Rasul, apakah dia diperbolehkan berkumur di siang hari saat Ramadhan. Alasan sang hakim, ia seorang pelayan publik dan berhadapan langsung dengan masyarakat umum.

Menjawab pertanyaan ini, ia mengungkapan, meskipun diyakini hukumnya makruh, segala sesuatu dikembalikan pada niat yang melakukannya. Kutip Bang Zack, Rasul pada intinya mengatakan, "Serahkan pada hati dan niatmu. Tanya pada hati dan kembalikan ke niat," kata Bang Zack.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Dr. drg. Melanie Sadono Djamil menambahkan, menjaga kesegaran mulut saat berpuasa sama pentingnya dengan menjaga mulut dari kata-kata yang tidak bermanfaat. Salah satu penyebab bau mulut adalah berkurangnya intensitas mengunyah yang mengakibatkan bakteri masih bertahan di rongga mulut.

"Selama bulan puasa, kegiatan mengunyah kan tidak ada. Kegiatan mengunyah itu juga bagian dari cleansing. Nah, selama puasa, kita kan hanya menelan liur saja sehingga bakteri tetap ada," ujar Melanie.

Jadi, kembali lagi kepada masing-masing pribadi mau tetap sikat gigi siang hari atau tidak.



Sumber
signature
banner
mustaffa711
25 Aug 2009 23:19    #2

abdi dalem

yang penting niatnya ndan,
klu niatnya sambil curi2 minum yaaa batal deyh ...
banner
THE ROCK
25 Aug 2009 23:51    #3

Bukan Admin

(25 Aug 2009 23:19)mustaffa711 Wrote:
 
yang penting niatnya ndan,
klu niatnya sambil curi2 minum yaaa batal deyh ...

Apakah kita gosok gigi karena kebersihan atau karena haus..
Bila kita gosok gigi sehabis Buka dan Sahur, pasti satu hari itu gigi kita masih bersih..
Gak perlu bolak-balik gosok gigi.. kan kita gak makan apa-apa?
signature
newcomer
banner
tsubasha
26 Aug 2009 01:13    #4

Mayor

klo yg gw tau....
gosok gigi pada saat puasa boleh2 aja....
tapi hukum nya makruh jadinya ndan...

tuk info jelas lg tanya langsung ke pak ustad
banner
Widhe
26 Aug 2009 01:22    #5

Kopka

Yang penting niatnya aja... Kl emang bener2 mo sikat gigi... Y fokus aja ma gigi yang di bersihin... jangan dimasukin tuh air pas kumur... Sama aja bo`ong... Hehehe
banner
herufbi
26 Aug 2009 04:34    #6

Kolonel

Boleh aja kan buat bersih2 ... Kebersihan itu Bagian dari Iman. Smile
banner
brutallic_
26 Aug 2009 06:23    #7

Peltu

ini jg sering jdi pertanyaan gw...
cz gw srg telat sahur n pasti gosok gigi pas mandi pagi...
'cba klo gak sikat gigi.. wah berabe kn?!'
tpi bner jga... emank tergantung niat...


Blah
banner
sutisna
26 Aug 2009 07:54    #8

Brigjen

asal jangan bagai pepatah.....

sambil sikat gigi, minum air....
signature
[size=medium]I know that I am not the best man in the world, I don't care.
[b]I just do my best[/b][/size]
banner
ANVHIL
26 Aug 2009 10:06    #9

Jendral

Wah gue banget tuh

abis kalo sebelum imsak males gosok giginya

hehehehe

thanks infonya ndan
signature
[align=center][size=large][b]Jasa Pemasangan Warnet + Super Proxy[/b][/size]
[ym]adhilcomputer[/ym][/align]
banner
7screws
26 Aug 2009 11:13    #10

Kolonel

Tapi klo emg gag sikat gigi mulut jadi bauk sech. Tergantung niat sndri.
signature
[b]Aku tidak akan malu mengakui FBI tempatku belajar bersosialisasi Top [/b]
banner
UNTOWN
26 Aug 2009 11:20    #11

Letda

semua tergantung dari niat!! tapi jika tidak urgen, misalnya harus sering berkomunikasi dengan orang mungkin sikat gigi pada saat berpuasa bolehlah... tapi jika tidak sebaiknya tidak usah gosok gigi...
signature
[b][/b][size=medium]FREEDOM N' Peace[/size]
banner
sniper78
26 Aug 2009 11:56    #12

Jendral

Hehehehe...tergantung aj

Smile
banner
c@stro
26 Aug 2009 12:11    #13

Jendral

(20 Aug 2009 14:34)sniper78 Wrote:
 
Hehehehe...tergantung aj

Smile




Tergantung pada yg tergayut BlahBlah


signature
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014