Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir


 
  • 57 Vote(s) - 2.89 Average
Tools    New reply


12 Aug 2009 09:05
abahxx
Lettu
Posts 675
Reputation: 159
Awards:
FBI Fans

Berikut adalah dari surat pembaca koran :

ORANG tua mana yang tidak merasa bangga ketika anaknya lulus S2. Apalagi, cita-citanya adalah mendidik anak bangsa negeri ini menjadi orang-orang yang berkualitas, sehingga tidak kalah dengan anak-anak bangsa lain. Alhamdulillah, cita-cita anak saya tercapai dengan diterimanya menjadi dosen di PTN di Bandung.

Tetapi seiring berjalannya waktu, cita-cita yang mulia ini akhirnya kandas, setelah realita kehidupan yang dihadapi tidak sesuai dengan keinginannya. Awalnya, ketika istrinya harus melahirkan dengan cesar, yang biaya operasinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akibatnya, untuk membayar rumah sakit harus dibantu orang tua, saudara, menjual perhiasan istrinya, dan tentu saja dengan mencari pinjaman uang alias ngutang.

Kejadian lain yang membuat anak saya sedih, ketika ayahnya yang pensiunan kolonel jatuh sakit dan terpaksa menjual rumah untuk biaya pengobatannya. Sebagai anak laki-laki, anak saya merasa tidak bisa membantu orang tuanya. Yang lebih menyakitkan lagi, ketika mau mendaftarkan anaknya ke play group, dia juga tidak bisa membayar uang pangkal, yang besarnya sama dengan gaji suami istri sebagai dosen di PTN di Bandung.

Apa mau dikata, cita-cita yang mulia mendidik anak bangsa ini akhirnya harus ditinggalkan ketika anak saya mendapat tawaran dari perusahaan asing dengan gaji 15 x lipat dari gaji seorang dosen. Sebagai orang tua, tentu saja saya hanya bisa mendoakan, semoga Allah YME memberi yang terbaik buat anak saya. Dari kenyataan ini, saya bisa menarik kesimpulan bahwa:

1. Seorang dosen baru bisa hidup layak apabila dia melakukan korupsi, minimal korupsi waktu, untuk mencari projek di luar kantor. Hal ini selalu merugikan mahasiswa yang ingin menghadap (terutama dosen pembimbing, karena dosen yang bersangkutan sulit ditemui).

2. Ternyata gaji seorang dosen dengan pendidikan S2, bahkan tahun depan mungkin dituntut untuk berpendidikan S3, lebih kecil dibandingkan dengan gaji guru SMP/SMA yang berpendidikan S1.

Mudah-mudahan ada yang bisa memikirkan kehidupan dosen-dosen di PTN, khususnya PTN yang ada di Bandung. Karena PTN di Jakarta, saya dengar gajinya 10 x lipat dari dosen PTN yang ada di Bandung. Dengan begitu, seorang dosen bisa sepenuhnya membaktikan diri untuk mendidik anak-anak di negeri ini menjadi anak-anak yang berpotensi dan berkualitas, tanpa harus mempunyai beban memikirkan biaya kehidupan keluarganya. Sungguh ironis, seorang dosen PTN tidak bisa memasukan anaknya di play group.

XXXXX XXXXXXX
Jln. XXXX XXXXXXXX X/XX
Bandung

SUMBER






signature
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana...
seperti khusyuk dengan kata yang menjadikannya doa

12 Aug 2009 09:39
nurul_imoet
Kapten
Posts 1.046
Reputation: 32
Awards:
FBI Fans

gaji emang kecil... panghasilan yang gede..........
gimana mo di naikan pemerintah... wong dgn gaji sekecil itu (menurut mereke) bisa punya mobil dan rumah...

12 Aug 2009 10:07
s4nj4y
Inspektur
Posts 3.755
Reputation: 151
Awards:
Facebook NetworkPembayar PajakMember Telah Dewasa

memang miris nasib dosen dosen sekarang, masyarakat menganggap bahwa dosen adalah orang yg mampu, padahal jikalau anda tahu isi dompet seorang dosen mungkin tak setebal tukang ojek.

14 Aug 2009 18:21
BigGossan
Prada
Posts 14
Reputation: 0
Awards:

masa' sieh?????? tetangga sebelah rumah gw dosen PTN di Malang. hmmm g' jelek2 bgt deh perasaan nasibnya...
temen deket gw jg baru ja pulang dari Australia sekolah s2. sekarang jadi dosen PTN di indo enak... bisa skul S2 di LN beasiswa lagi... yg merupakan target pemerintah semua dosen harus Kul di LN (coba check di situs DIKTI) GW ajah yg Kerja di Perusahaan Asing Pngen Skul S2 ke LN susah nya amit...amit...

15 Aug 2009 18:06
wagiyo
Sertu
Posts 225
Reputation: 30
Awards:

thanks infonya Grin

18 Aug 2009 09:39
sutisna
Brigjen
Posts 5.862
Reputation: 30
Awards:

(12 Aug 2009 09:39)nurul_imoet Wrote:
 
gaji emang kecil... panghasilan yang gede..........
gimana mo di naikan pemerintah... wong dgn gaji sekecil itu (menurut mereke) bisa punya mobil dan rumah...


bener nih...... soalnya selain ngajar di PTN juga swasta-swata lain pada mencari mereka tuh....
belum proyek-proyek.... dsb....

tau aja lah... temen sayah ada yang jadi dosen kok






signature
[size=medium]I know that I am not the best man in the world, I don't care.
[b]I just do my best[/b][/size]


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram