Current time: 20 Apr 2014, 07:58 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / Forbidden / Global Faith and Tolerance / Kepercayaan Lain / Tugas manusia???



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 91 Votes - 3.12 Average


  
brainwashed
22 Jul 2009 10:41    #1

Jendral

[Image: nilaimanusia.jpg]

saya tertarik untuk membahas kata2 diatas ini, Tugas yang diberikan Tuhan kepada manusia?

Kalau kita bicara secara umum(manusia) agak sulit,karena akan menunjuk2 yang lain,seakan diri sudah paling benar.
Sekarang coba kita koreksi diri sendiri saja,tanya ke diri saja "Mana surat tugas saya?"apakah ada yang memegang surat tugas dari Tuhan?karena apabila ada,maka saya perlu menanyakan kembali kepada Tuhan(jika ada),tentang surat tugas tersebut(jangan2 ketinggalan dalam perut ibu saya)....Grin

Disini menurut saya penting,karena tidak perlu berlaku laku seakan akan ditugaskan oleh Tuhan padahal ga punya surat tugas tersebut,rusaknya dunia ini salah satunya karena merasa rasa dikasih tugas sama Tuhan.

Monggo kita bahas...karena menurut saya Tuhan tidak pernah menugaskan apapun pada manusia,manusia itu makhluk lemah,bisa apa sih?kalau Tuhan itu ada(SUPER MAHA),yah kerjain sendiri aja.

Peace Peace
banner
SimpleMan
22 Jul 2009 14:00    #2

Mayor

DST, apa hubungannya dgn kutipan Signature ?
Tolong disambungkan dulu dong...
banner
5551272
22 Jul 2009 14:44    #3

Mayjen

wah, signature ku dibahas.... Blah

well Brain,

perkara tugas manusia,

start dari kata 'makna khalifah dimuka bumi' ini aja dulu dech...

monggo, aku menyimak aja dulu.... Wait


Wink
signature
berdamai dengan Heart ............ Handshake
banner
brainwashed
22 Jul 2009 15:32  (Edit: 22 Jul 2009 15:32 by brainwashed.)    #4

Jendral

(22 Jul 2009 14:00)SimpleMan Wrote:
 
DST, apa hubungannya dgn kutipan Signature ?
Tolong disambungkan dulu dong...

adalah....nah giliran pakde nih yang ga paham...
tuh mbakyu paham....
wah bener2 hari ini belajar pemahaman yang berbeza2....Ngakak


(22 Jul 2009 14:44)5551272 Wrote:
 
wah, signature ku dibahas.... Blah

well Brain,

perkara tugas manusia,

start dari kata 'makna khalifah dimuka bumi' ini aja dulu dech...

monggo, aku menyimak aja dulu.... Wait


Wink

ok khalifah....itu ditujukan untuk siapa?manusia?
manusia yang seperti apa?
mungkin mbakyu bisa jelaskan kriteria manusia yang layak disebut khalifah.
karena tidak mungkin semua nya jadi khalifah....mengapa?
Khalifah adalah gelar yang diberikan untuk pemimpin umat...kalau semua jadi khalifah?mana umatnya?hahahahaha

menurut saya rusaknya bumi ini karena semuanya mau jadi khalifah...Blah

monggo dilanjut
banner
5551272
22 Jul 2009 15:51    #5

Mayjen

iya deh, mungkin kalau ilustrasi khalifah rada ketinggian dari sekedar maksud tugas manusia, karena ngga sembarangan orang bisa menjadi khalifah seperti yang ada di link iniSmile

Sekarang aku nanya, kalau kita ditakdirkan menjadi guru ( misalnya ) maka, otomatis tugas kita mengajar muridnya, iya kan ?

Kalau kita ditakdirkan menjadi seorang dokter, maka otomatis tugas kita adalah menolong / mengobati orang sakit.

dan seterusnya...

nah, lagi lagi pasti nanti ada pertanyaan :

siapa juga yang nyuruh orang jadi ini dan itu Confused

Hidup ini kan pilihan....

tapi, siapa juga yang dapat menyangkal takdir Allah, iya ngga?

tugas manusia dimuka bumi tidak lepas dari takdir perjalanan hidupnya kan? Blah

Bedanya kita dengan makhluk lain spt misalnya simpanse apa sih? mereka juga cerdas kan, tapi ngga diminta untuk melakukan sesuatu yang bisa membangun lingkungan disekitarnya supaya menjadi sebuah kehidupan yang lebih baik.. Think


signature
berdamai dengan Heart ............ Handshake
banner
agus69
22 Jul 2009 16:17    #6

Mayor

tugas manusia? ya jadi manusia sebaik-baiknya aja... sampai waktunya mati nanti.
banner
brainwashed
22 Jul 2009 16:31    #7

Jendral

wait..jangan dialihakan dulu.
balik lagi ke khalifah tersebut....saya juga pernah islam,ketika mendengar kata khalifah tersebut maka terlintas dalam pikiran "wakil allah",ok sampe sini sependapat atau tidak?
mbak kan startnya makna "khalifah dulu deh" silahkan berbagi makna dulu...

soal takdir itu nanti saya jawab,dokter,guru,rampok,dll
banner
otonglenon99
22 Jul 2009 16:39    #8

Letkol

saya boleh ikut nyambung atau pertanggungjawaban sama yang punya 'signature' aja...Big Grin

Peace
banner
5551272
22 Jul 2009 16:45  (Edit: 22 Jul 2009 17:08 by 5551272.)    #9

Mayjen

(22 Jul 2009 16:31)brainwashed Wrote:
 
wait..jangan dialihakan dulu.
balik lagi ke khalifah tersebut....saya juga pernah islam,ketika mendengar kata khalifah tersebut maka terlintas dalam pikiran "wakil allah",ok sampe sini sependapat atau tidak?
mbak kan startnya makna "khalifah dulu deh" silahkan berbagi makna dulu...

soal takdir itu nanti saya jawab,dokter,guru,rampok,dll

kalau wakil Allah mungkin kurang pas ya, soalnya kesannya jadi wakil Tuhan,

lebih tepat pemimpin umat - dalam hal ini umat muslim

sesungguhnya Allah SWT telah memerintahkan (kepada kita) untuk taat kepada khalifah. Allah berfirman : "Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(Nya), dan ulil amri diantara kamu." (AN NISA :59)
signature
berdamai dengan Heart ............ Handshake
banner
brainwashed
22 Jul 2009 16:53    #10

Jendral

(22 Jul 2009 16:17)agus69 Wrote:
 
tugas manusia? ya jadi manusia sebaik-baiknya aja... sampai waktunya mati nanti.

SEMUA MANUSIA PASTI merasa sudah SEBAIK BAIKNYA melakukan yang menurutnya TERBAIK.

baik yang berprofesi sebagai guru,dokter,jaksa,polisi,maling,rampok dan lain lain.
banner
brainwashed
22 Jul 2009 17:18    #11

Jendral

(22 Jul 2009 16:45)5551272 Wrote:
 
(22 Jul 2009 16:31)brainwashed Wrote:
 
wait..jangan dialihakan dulu.
balik lagi ke khalifah tersebut....saya juga pernah islam,ketika mendengar kata khalifah tersebut maka terlintas dalam pikiran "wakil allah",ok sampe sini sependapat atau tidak?
mbak kan startnya makna "khalifah dulu deh" silahkan berbagi makna dulu...

soal takdir itu nanti saya jawab,dokter,guru,rampok,dll

kalau wakil Allah mungkin kurang pas ya, soalnya kesannya jadi wakil Tuhan,

lebih tepat pemimpin umat - dalam hal ini umat muslim

sesungguhnya Allah SWT telah memerintahkan (kepada kita) untuk taat kepada khalifah. Allah berfirman : "Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(Nya), dan ulil amri diantara kamu." (AN NISA :59)

kenapa kurang pas mbakne?
kalau pemimpin umat(dalam hal ini muslim) jelas tertuju pada satu manusia yaitu muhammad.

kalau dilihat dari ayat ini :
Kaum Musa berkata: "Kami telah ditindas (oleh Fir'aun) sebelum kamu datang kepada kami dan sesudah kamu datang {556}. Musa menjawab: "Mudah-mudahan Allah membinasakan musuhmu dan menjadikan kamu khalifah di bumi(Nya), maka Allah akan melihat bagaimana perbuatanmu {557}. (AL A'RAAF (Tempat tertinggi) ayat 129)

disini terlihat musa berkata kaumnya(banyak orang),padahal waktu itu musa adalah pemimpin umat?

well...sepertinya ada yg salah nih...:Think
banner
5551272
22 Jul 2009 17:37    #12

Mayjen

(22 Jul 2009 17:18)brainwashed Wrote:
 
kenapa kurang pas mbakne?
kalau pemimpin umat(dalam hal ini muslim) jelas tertuju pada satu manusia yaitu muhammad.

kalau dilihat dari ayat ini :
Kaum Musa berkata: "Kami telah ditindas (oleh Fir'aun) sebelum kamu datang kepada kami dan sesudah kamu datang {556}. Musa menjawab: "Mudah-mudahan Allah membinasakan musuhmu dan menjadikan kamu khalifah di bumi(Nya), maka Allah akan melihat bagaimana perbuatanmu {557}. (AL A'RAAF (Tempat tertinggi) ayat 129)

disini terlihat musa berkata kaumnya(banyak orang),padahal waktu itu musa adalah pemimpin umat?

well...sepertinya ada yg salah nih...:Think

nabi Musa khan juga muslim ( tidak menyekutukan Allah ) Smile

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. "mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." Qs. Al Baqarah (2): 30.

Ini ayat yang menceritakan rencana Allah untuk menurunkan Adam ke muka bumi kan ? Think
signature
berdamai dengan Heart ............ Handshake
banner
brainwashed
22 Jul 2009 17:51    #13

Jendral

ini ruwet mulai ga nyambung....simpan dulu ayat2nya.
ok kita balik lagi...pelan pelan.

yang saya bahas itu kalimat khalifahnya.
Quote:kalau wakil Allah mungkin kurang pas ya, soalnya kesannya jadi wakil Tuhan,

lebih tepat pemimpin umat - dalam hal ini umat muslim

lalu saya tanya?

kenapa kurang pas mbakne?
kalau pemimpin umat(dalam hal ini muslim) jelas tertuju pada satu manusia yaitu muhammad.

ok sampe sini dulu aja....disini apa itu yg dimaksud atau bukan?kalau bukan yg bagaimana?

wah gawat nih diskusi bisa mencar2 kesana kemari,kayak petasan
banner
5551272
22 Jul 2009 21:22    #14

Mayjen

ok Brain, kita start lagi aja ya..

Definisi Khalifah

Khalifah dan Khulafa (jamak) secara bahasa artinya wakil, pengganti, orang yang menggantikan orang yang sebelumnya. Al-Quran menyebut kata khalifah dalam surat al-Baqarah: 30 dan Shad: 26), Khulafa’ (3 kali: al-A’raf: 69, 74; an-Naml: 62), Khalāifa (4 kali: al-An-âam: 145; Yunus: 14, 73; Fathir: 39) dan masih banyak ayat lain yang menyatakan kata bentukannya.

Semuanya dinyatakan dalam arti bahasa, yakni pengganti yang menggantikan umat atau pemimpin terdahulu; menggantikan malaikat untuk mengurus bumi atau mendapat amanah dari Allah untuk mengelola bumi.

Menurut istilah yang lebih khusus lagi pada kekuasaan, berarti orang yang dipilih oleh jama'ah menjadi pemimpin mereka.

Khalifah menurut sejarah ialah; Kepala Pemerintahan Islam pada zaman sahabat, yaitu dengan bai'at sebagai pernyataan setia dari penduduknya dengan jalan pilihan.

Sesudah masa sahabat, sebutan Khalifah dipergunakan untuk sebutan kepala Pemerintahan tetapi tidak melalui pilihan (kerajaan). Dulu, pada saat Abu Bakar As-Shiddiq menjadi pemimpin umat Islam, beliau disebut Khalifah (pengganti) dari Rasulullah. Lalu, ketika Umar ra menggantikan, beliau disebut khalifat khalifat Rasulillah (pengganti dari pengganti Rasulullah). Karena gelar ini terlalu panjang, akhirnya Umar ra. berinisiatif mengganti gelar itu dengan Amirul Mukminin (pemimpin orang-orang mukmin).

signature
berdamai dengan Heart ............ Handshake
banner
5551272
22 Jul 2009 21:24    #15

Mayjen

Semua manusia yang diciptakan oleh Allah di muka bumi adalah Khalifah Allah; atau pengganti makhluk Tuhan untuk melaksanakan amanah Tuhan sebagai pengelola bumi ini. Allah memberikan amanah kepada semua manusia (Khulafa) untuk membangun bumi ini; bukan kepada Malaikat, Jin, Hewan, gunung, langit dan lain sebagainya; walaupun mereka juga ciptaan Allah. “Sesungguhnya kami telah menawarkan amanah kepada langit, bumi dan gunung-gunung”. (Qs. 33:72). Manusialah yang sanggup untuk memegang amanah itu karena potensi yang dimiliki oleh manusia.
signature
berdamai dengan Heart ............ Handshake
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014