Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir


 
  • 66 Vote(s) - 3.09 Average
Tools    New reply


20 Apr 2009 10:12
zeemers
Mayor
Posts 2.099
Reputation: 43
Awards:

Dalam beberapa bulan ini ada dua penemuan besar di Siprus. Walau keduanya masih dalam perdebatan para ahli, namun temuan ini cukup membantu kita mengenal sejarah perkembangan keagamaan. Kedua temuan itu adalah sebuah kitab Injil berbahasa Syriac (dialek bahasa yang digunakan di masa hidup Yesus) dan sebuah kuil kuno yang diyakini kuil tertua di dunia.

Injil Berbahasa Syriac

Di utara Siprus, pihak otoritas di sana mengklaim telah menemukan apa yang mereka yakini sebagai kitab Injil versi kuno yang ditulis dalam Bahasa Syriac, dialek bahasa asli di masa kehidupan Yesus.

Melansir pemberitaan Reuters disebutkan, naskah tersebut ditemukan pihak kepolisian dalam sebuah penggerebekan para penyelundup barang-barang antik. Pihak Kepolisian Turki memberikan kesaksian dalam sidang pengadilan bahwa naskah tersebut dipercayai berusia 2.000 tahun.

Naskah dalam kitab itu berisikan beberapa kutipan dari Injil yang ditulis dalam huruf emas dan penutup dari kulit. Satu halaman berisikan gambar sebuah pohon dan tulisan delapan baris dalam bahasa Syriac. Para ahli masih memperdebatkan soal keotentikan dari naskah tersebut apakah asli atau palsu.

Seorang ahli mengatakan bahwa mereka memprediksi jika manuskrip itu berusia lebih dari 2.000 tahun dengan bentuk tulisan bertinta emas di atasnya. Di sisi lain, Peter Williams dari Warden of Tyndale House, University of Cambridge mengatakan bahwa naskah itu umurnya kurang dari 1.000 tahun.

Syriac adalah dialek Aramaic, bahasa asli di jaman kehidupan Yesus. Bahasa ini dipakai kebanyakan di Timur Tengah dan Sentral Asia. Diyakini bahasa ini masih digunakan oleh Kristen Suriah dan di Gereja Ortodoks Suriah di India. Sementara Bahasa Aramaic masih dipakain dalam beberapa ritual keagamaan Kristen Maronite di Siprus.

Kuil Berusia 4.000 Tahun

Seorang arkeolog Italia mengklaim telah menemukan sebuah bangunan relijius tertua di Siprus yang mirip seperti kuil-kuil suci dalam kitrab Injil di Palestina. Associated Press memberitakan adalah Maria Rosaria Belgiorno sang arkeolog yang mengatakakan bahwa penemuan itu merupakan bangunan relijius paling kuno di Siprus. Dan dengan begitu, bangunan ini menegaskan bahwa kepercayaan beragama telah ada lebih lama dari yang kita kira selama ini.

Namun, otoritas setempat di pulau itu belum bisa mengonfirmasikan hasil penemuan ini ke publik sebelum dilakukan penelitian lebih lengkap. "Usia situs di mana ia menemukan bangunan itu memang dibangun sekitar tahun 2.000 SM. Sayangnya, benar atau tidaknya penafsiran bahwa situs tersebut adalah sebuah kuil atau tempat suci, masih belum dapat dikonfirmasikan," ujar pejabat Departemen Benda-Benda Antik Siprus, Maria Hadjicosti.

Bangunan yang ditemukan itu seluas 200 meter persegi yang ditemukan tahun lalu di luar Pyrgos, sebuahd esa dekat pantai selatan yang sebelumnya juga pernah dilakukan pengggalian dan ditemukan pemukiman desa yang dihuni sekitar 500 orang pada tahun 2.000 SM yang artinya telah ada hasil kerajinan berupa industri baja kunodan berbagai jenis wewangian. Diyakini sebuah gempa bumi yang dahsyat telah menghancurkan pemukiman tersebut pada tahun 1.850 SM.






signature
return

22 Apr 2009 08:43
justin timberlake
Penjaja Cinta
Posts 5.307
Reputation: 236
Awards:
FBI FansFacebook NetworkPembayar PajakMember Telah Dewasa

thanks for the info Top






signature
[b]Mazmur 118:8 Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada manusia.[/b]

22 Apr 2009 09:45
BoyMan
Peltu
Posts 541
Reputation: 22
Awards:

NICE POST...THANK-Q

22 Apr 2009 13:18
Akamaru
Brigjen
Posts 4.886
Reputation: 228
Awards:

sep.... nice info..... tq..... Top

23 Apr 2009 23:28
Brasco
Mayor
Posts 1.675
Reputation: 194
Awards:

Nice info ndan...Top

8 May 2009 18:20
wulandagi
Prajurit
Posts 3
Reputation: 0
Awards:

tanggal penemuannya kapan ya??kok gak di beri keterangan?plus gambar??
btw thank udah kasih info buat qt2...
ehh... tulisan di dalemnya masih asli gak ya??

23 May 2009 02:53
inspektur_veejay
Kopda
Posts 75
Reputation: 0
Awards:

Jadi inget perjalanan Paulus nyebarin injil...

Paulus sempat mampir ke Syprus gak sih? aku lupa nehh...
kemungkinannya mampir besar seh... secara Syprus itu adalah sebuah pulau di barat Syria (berbatasan dengan utara Israel), dan di sebelah selatan Thesalonica kalo gak salah.... hm....


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram