Current time: 21 Apr 2014, 09:23 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / Hobby / Hobby Otomotif / Bedah Audio Mobil



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 88 Votes - 2.9 Average


  
erichard
15 Aug 2008 13:59    #1

Letkol

Abyss Cap10
Mencari kapasitor memang sangat mudah. Hampir semua toko audio mobil menyediakan kapasitor berpenampilan cantik. Namun, apakah isinya dijamin akurat seperti yang tertera di kemasan?

[Image: 721200820900PM787.jpg]

Abyss punya jawaban untuk Anda yang mencari kapasitor berkemampuan murni. Abyss Cap10 ini berkapasitas 10F dan dijamin kebenarannya. Dengan teknologi terbaru asal Korea, Abyss berhasil membuat kapasitor 10F dengan ukuran relatif kecil. Tidak hanya itu, kualitas komponen yang digunakan pun bertaraf high end. Yang ingin coba..

CONCEPT SBX-8
Subwoofer aktif dengan dimensi compact memang diperuntukan bagi audio mobil mania yang memiliki kendaraan dengan kabinnya terbatas. Atau memang yang ogah bagasinya dijejali dengan boks subwoofer.

[Image: 721200820454PM216.jpg]

Dilihat secara fisik, subwoofer aktif keluaran Concept ini memang sangat ergonomis. Jadi bisa Anda tempatkan di bawah jok, karena tingginya hanya 7 cm. Instalasinya pun tidak rumit. Anda juga bisa mengerjakannya sendiri asal mengerti sedikit cara memasang kabel dan mau membaca buku manualnya. Dengan ukuran driver sebesar 8 inci, namun memiliki kualitas suara yang cukup baik. Jika ditempatkan di bawah jok depan, power-nya masih mencukupi untuk mengkover suara yang dihasilkan speaker depan.

MISSION
Produk paling hangat , perkenalkan... MISSION. Mungkin Anda belum pernah lihat perangkat yang satu ini, karena memang baru saja diluncurkan dan penyebarannya pun cukup eksklusif.

[Image: 721200820215PM701.jpg]

Mission hadir di pasaran audio mobil Indonesia dengan menampilkan beberapa varian, mulai dari amplifier dua kanal, amplifier empat kanal, speaker split dan coaxial. Rencananya anggota Mission ini akan ditambah terus hingga memenuhi seluruh kebutuhan sistem audio secara lengkap. Mission perangkat audio mobil ini tidak ada kaitannya dengan Mission audio rumah, jadi memang khusus dirancang untuk kondisi dalam mobil

Rockford Fosgate P3D212
Membuktikan diri mampu bersaing di kancah audio mobil internasional, kembali Rockford Fosgate melansir salah satu varian terbaru dari seri Punch bagi penggemar fanatiknya, yakni diberi seri P3D212.

[Image: 721200815921PM627.jpg]

Subwoofer ini didukung dengan teknologi mutakhir plus material terbaik, seperti high-temp voice coil with spun-laced nomex re-inforcement collar, kevlar fiber reinforced semi-pressed paper cone & ABS/Acrylic dustcap, high excursion poly-ether surround, protective PVC textured magnet cover. Tampilan subwoofer dual voice coil ini cukup “berotot” namun tetap stylish khas Rockford.

Spesifikasinya: power handling 500 watt RMS/1000 watt Max, voice coil diameter: 2.5” 4-layer (6.35 cm), motor size: 102 oz. double stacked, SPL (1 W/1 M): 85 dB..

Stinger Pro Speaker Wire
Salah satu produsen perangkat audio mobil yang masih eksis hingga saat ini adalah Stinger Electronics. Pabrikan pembuat aksesori audio ini punya reputasi yang kuat, terutama untuk produk kabel.


[Image: 721200815752PM503.jpg]

Tahun ini, Stinger mengeluarkan kabel speaker berkelas profesional untuk para SQ-er. Kabel berukuran 16AWG ini menggunakan teknologi Pure Oxygen Free Copper dengan konstruksi yang fleksibel, tetapi punya serat tembaga yang padat sehingga mampu mengalirkan arus tinggi dan rendah hambatan. Dikemas dengan lapisan pelindung yang tahan panas dan antibahan kimia. Bila Anda butuh kabel bagus dengan standar internasional

Visonik V1802A
Salah satu koleksi anyar dari pabrikan Visonik, yaitu amplifier dengan seri V1802A. Amplifier dua kanal ini secara keseluruhan terbilang sangat menjanjikan dengan desain yang futuristis khas Visonik.


[Image: 721200815542PM900.jpg]

Selain itu, tentunya ditunjang dengan material dan komponen pilihan. Memiliki daya keluaran sebesar: 2 x 300 RMS @ 4 W stereo / 2 x 600 RMS @ 2 W stereo / 1 x 1800 peak power @ 4 ohm bridged. Fitur-fiturnya terdiri atas Full Mosfet Circuitry, Variable Crossover LPF, FLAT, HPF, High Level Input, Variable Bass Boost 0 - 18 Db @ 45 Hz, Power & Protection LED's, Thermal / Short / Overload Protection Circuitry, Frequency Response: 20 Hz – 20 kHz.
banner
erichard
16 Aug 2008 12:25    #2

Letkol

AVT - AV R 6088B
Single Disc yang satu ini sangat istimewa sekali. AVT - AV-R6088 ini telah terintegrasi dengan DVD player, MP3 Folder, bahkan support dengan USB Flash Disk. Keunggulan AVT - AV-R6088 ini tidak hanya itu saja, melainkan pada panel controlnya sudah terkoneksi dengan card reader yang telah siap anda masukkan MMC maupun SD Card. Dilengkapi dengan Jack AUX-IN. Harga yang relatif terjangkau, sangat menjadi pilihan yang sangat istimewa bagi anda untuk melengkapinya dalam mobil kesayangan anda. Dilengkapi pula dengan remote control dan juga Tuner Radio. Panel display yang sangat menarik menjadi nilai tambah luar biasa bagi anda yang menggemari head unit support DVD dan USB maupun Jack MMC.

[Image: avt_avr6088_4.jpg]

Available On Silver Black â–ª Compatible with CDDA / HDCD / VCD / SVCD / DVD / MP3 / MP4 /CD-R-RW / DVD-R-RW / DVD+R-RW / DVD-ROM â–ª DVD setup â–ª Clock Display â–ª USB And SD Card â–ª MP3 File / Folder Name Display â–ª AUX-In â–ª NTSC / PAL / AUTO Compatible â–ª Flip Down Detachable Panel â–ª Remote Control


AVT - HOD 801B
[Image: c413b5baf4294df240036eaad22410ec.gif]

Model : AVT - HOD - 801B 7Inch TFT - LCD Monitor for Honda CR-V Built-in Bluetooth System OSD Touch Screen Built-in DTS / Dolby Digital / Power Amplifier Built-in Navigation Navigation RGB Interface 2-Din Size 7" Wide Sliding Monitor Built-in DVD / MP4 / SD / USB Built-in FM/AM Radio (RDS Optional) 1 AV Output (3 Zone) 1 AV Input Auto Dimmer Reverse Car Camera Input CD / DVD Changer Interface TV / DVB-T Receiver Interface Warranty.

PA PA-8266BT
TV monitor plus pemutar DVD pada kendaraan kini tengah menjadi tren. Untuk beberapa pedagang audio,

[Image: 721200821743PM905.jpg]

Saat ini sebuah head unit dengan layar monitor adalah sebuah kewajiban. Apalagi, kini kendaraan-kendaraan baru semakin banyak berkeliaran di jalan raya.

Sejalan dengan kondisi lalu lintas yang memang cukup membosankan, apalagi jika melakukan perjalanan cukup jauh (luar kota), car entertainment adalah pilihan yang tepat.

Dengan model 2 DIN akan memudahkan pemasangan khususnya pada kendaraan-kendaraan, seperti Toyota Kijang Innova, Honda CRV, dan kendaraan lainnya yang memiliki ruangan yang cukup untuk pemasangan head unit model 2 DIN tersebut.


.

Bedah Audio

Speaker

"Upgrade speaker", "speakernya rusak", "speaker standar tidak menghasilkan suara bagus", itulah kalimat yang sering kita dengar sewaktu kita datang ke audio installer. Apa sih yang dimaksud dengan speaker?

Berasal dari kata loudspeaker, adalah satu kata yang sudah tidak asing di telinga kita. Siapa pun yang hendak mendengarkan musik, speaker punya peranan vital. Merupakan sebuah electro-mechanical transducer (sebuah alat yang merubah signal elektro menjadi sebuah gerakan mekanis). Artinya, sebuah signal audio (ac current audio signal) akan dirubah menjadi gerakan mekanis. Gerakan mekanis speaker akan menghasilkan gelombang di udara, dan gelombang tersebut akan diterima telinga kita dan diterjemahkan menjadi suara.

Apa sih komponen dari speaker?

Secara sederhana speaker selalu tersusun atas

[Image: komposisi.gif]


o Voice Coil

Adalah kumparan kawat listrik yang dapat dialiri oleh signal audio. Ketika signal audio melewati kumparan ini, maka timbul medan listrik aktif.

Bahan dasar kumparan kawat listrik ada beberapa diantaranya tembaga, aluminium ataupun terkadang perak. Kawat voice coil dengan bahan tembaga akan menghasilkan suara yang berbeda dengan kawat voice coil aluminum ataupun perak. Tetapi hal ini tidak menjadikan bahan yang termahal selalu lebih baik dalam menghasilkan gerakan. Melainkan lebih menjadi faktor warna gelombang suara yang dihasilkan.

Kawat voice coil dapat berbentuk lingkaran, persegi ataupun heksagonal. Dengan bentuk kawat voice coil yang berbeda, memiliki hasil yang berbeda pula. Kawat voice coil dengan bentuk persegi memiliki koefisien kerapatan (air gap) yang tinggi, sehingga tidak ada udara di tengah2 kumparan tersebut,bila dibandingkan dengan kawat voice coil bentuk lingkaran. Pada umumnya, hasil yang didapat dari kawat persegi lebih baik.

[Image: kawat%20voice%20coil.gif]

* Magnet

Merupakan medan listrik pasif. Apa yang mungkin kita pikirkan ketika mendengar magnet? Apakah semakin besar magnet, maka semakin baik speaker tersebut?

Pada dasarnya, semakin besar ukuran magnet, maka semakin besar pula kekuatan dari magnet tersebut. Tetapi apakah magnet besar ferrite lebih baik dari magnet kecil alnico? Tentu tidak. Pada umumnya bahan magnet dapat berupa ceramic, ferrite, alnico dan neodymium. Yang pasti, alnico saat ini merupakan bahan magnet terbaik, diikuti dengan neodymium, kemudian ferrite dan terakhir ceramic.

Lalu dimanakah fungsi magnet dengan kekuatan yang besar? Semakin besar kekuatan magnet maka semakin besar pula arus signal audio yang dibutuhkan. Tetapi dengan adanya signal audio yang semakin besar dan kerjasama dari kontrol gerakan speaker oleh spider dan konus yang semakin baik, maka hasilnya adalah detail dari suara yang sangat baik dari sebuah speaker.

Kita mungkin pernah mencoba mendekatkan dua buah magnet. Terkadang magnet bisa saling tarik menarik, terkadang bisa saling tolak menolak. Nah, itulah yang terjadi diantara voice coil dan magnet. Ketika voice coil dialiri signal, maka medan magnet (aktif) yang timbul, dapat menjadikan voice coil bergerak menjauh dan mendekati magnet.

.

Honda New Stream & Honda New Civic

[Image: 892004120505PM247.jpg]

Dua buah subwoofer 12” Kicker Solobaric L7 pun harus ‘nimbrung’ di kabin belakang berikut amplifier Viper D2500.1. ‘Perkawinan’ subwoofer Kicker yang identik dengan SPL dan amplifier Viper berkekuatan besar, menurut Fritz cukup pas untuk menghasilkan gebukan suara bas yang solid.

Untuk bagian kabin belakang, penggunaan kosmetik tidak terlalu heboh, di sini yang diutamakan adalah kualitasnya, jadi penampilan kosmetiknya tidak terlalu menonjol, hanya permainan lampu-lampu saja yang digunakan. Kabel-kabel untuk melengkapi sistem audio ini pun menggunakan Belden plus sebuah kapasitor
bank 1 Farad dari Poweramper.

Sistem ini tidak selalu untuk mendengarkan suara bas gahar, tapi untuk menghasilkan suara vokal yang mantap dan berkarakter. Maka dipilihlah speaker Seas Exemble 5” di bagian depan dan Seas Classic 5” di belakang yang dikombinasikan dengan amplifier Poweramper 4.50.

TV roof monitor Necvox 9” pun seolah tak ingin kalah untuk ikutan nimbrung di kabin Honda New Stream, beruntung head unit Clarion VRX-935VD dan CD Changer Clarion DCZ 625 menjadi perangkat wajib pakai. Untuk menyempurnakan setting car theater, maka speaker center pun tidak luput dari sasaran.
.
Mengenal Sistem Audio Baku

Rangkaian sarana hiburan dalam mobil boleh demikian hebatnya. Namun, sebetulnya sistem in-car entertainment (ICE) merupakan penerapan teknologi canggih pada sistem audio yang baku. Sistem audio baku itu sebatas terdiri dari tiga bagian utama.

Seperti dituliskan situs caraudiodiscount.com, sistem audio baku adalah rangkaian head unit, apmlifier, dan sejumlah speaker. Dalam instalasi sistem ICE sejumlah peranti berteknologi tinggi yang dikenakan, bagai sebuah penambah tenaga dan daya semata, hingga fasilitas sarana hiburan itu dapat terjelma. Inilah tiga bagian utama sistem audio baku beserta sejumlah istilah yang perlu diketahui.

[Image: car-audio-jl-audio.jpg]

Head-units
Merupakan sebutan populer untuk perangkat utama audio yang bisa saja berupa gabungan dari DVD player, radio, perlengkapan komunikasi, dan fungsi lainnya. Pendeknya sistem ICE tak bakal berjalan bila tak memiliki peranti ini.

Pada head unit ini pula biasanya sejumlah fungsi dapat diperintahkan untuk bekerja. Mulai dari mengaktifkan fungsi audio-visual, menyimpan memori, hingga mengatur alur suara, dikendalikan dari piranti ini. Gampangnya, head unit adalah otak dari sistem audio yang biasanya terletak di dasbor.

Dalam head unit umumnya terdapat fasilitas auto blank skip (pencari gelombang, trek CD, atau program lainnya), automatic volume control (panel volume), autostore the radio (penyimpan frekwensi radio), balance control (kontrol keseimbangan volume), dan lainnya.

Amplifiers
Merupakan peranti yang berfungsi sebagai jembatan antara head unit dengan fungsi lainnya, khususnya speaker. Amplifier bertugas mengombinasikan sejumlah tugas yang ada. Pada bagian ini, bisa saja ditambahkan crossover. Lagi-lagi inilah penambahan peranti hingga sistem audio dapat menghasilkan sesuatu yang lebih.

Sinyal suara, frekwensi gelombang, pembagian channel, hingga penyebaran suara dilakukan oleh piranti ini. Tanpa amplifier, tak mungking didapat sistem audio yang memadai. Sumber suara yang berasal dari head unit misalnya, bisa saja keluar pada speaker. Namun, tanpa amplifier, hasilnya akan berupa suara standar. Dengan peran amplifier pula rangkaian ICE dapat terjelma.

Speaker
Sama seperti maknanya, sebagai pengeras suara. Namun, dalam sistem audio, terdapat sejumlah jenis speaker yang terangkai hingga menghasilkan suara berkualitas atas. Seperti hendak mewakili suara yang dihasilkan, speaker juga terdiri dari jenis midrange speaker, tweeter, dan subwoofer. Yang terakhir ini berguna sebagai pengeras suara bas dan diameternya mulai delapan sampai 18 inchi.
( bid )
banner
jaykuza
31 Aug 2008 23:00    #3

Kapten

Tolong dibahas tentang
SPL sama SQL
dari hardware, output dll
yang berhubungan.
Thanks
banner
Kojek
1 Sep 2008 07:47    #4

Tukang Sapu

gue favorit sama yang namanya Nakamichi....
apalagi yang MB 1000
signature
[b]Sabar, Ikhlas, Legowo dan Bersyukur adalah kunci hidup penuh rahmah.......[/b]
banner
erichard
1 Sep 2008 12:11  (Edit: 1 Sep 2008 12:52 by erichard.)    #5

Letkol

jaykuza Wrote:Tolong dibahas tentang
SPL sama SQL
dari hardware, output dll
yang berhubungan.
Thanks
[Image: cars_badge.jpg]


Gue Bingung neh...

yang ditanya soal Pabrikan Audio atau sistem audio untu lombaConfused

ok deh gue bantu sedikit ya..

Sesuai namanya

SPL = Sound Pressure Level (kalo nggak salah nih), jadi isinya ya lomba kenceng2an suara. Ngukurnya pake sound level meter, ukuran unitnya decibel ato dB.

SQ = Sound Quality. Sesuai namanya, dalam ajang ini yang dinilai adalah mutu suara yang keluar. Karena itu penilaiannya amat subyektif. Banyak peluang untuk maen curang dengan juri.

Dalam kedua kontes audio diatas ada beberapa side items yang juga masuk perhitungan nilai akhir peserta kontes. Contohnya, kerapian instalasi, orisinalitas, de el el. Tapi harusnya yang jadi fokus penilaian adalah kedua item diatas.

SPL itu setting-nya maen di BASS yg keceng, pake sub yg diameter gede, pokoknya aliran yang jedag jedug bikin perut eneg di dalem mobil

SQ itu Sound Quality, beda ama SPL, kalo SQ ini bener2 maen sound quality,
.
Kelas yang dilombakan berdasarkan range harga. yaitu kontes SQ (Sound Quality) range harga 15 juta Crescendo dan fun SPL. kontes SQ 60 juta, paket 5 juta, SPL EMMA 2 sub, SQ paket 30 juta, dan FFA.

bersambungTop
banner
jaykuza
1 Sep 2008 21:27    #6

Kapten

Top
ditunggu kelanjutanya
banner
Kojek
1 Sep 2008 22:01    #7

Tukang Sapu

Cool

komandan kita yang satu ini bener-bener pas ditaruh di otomotif....
sangat menguasai bidang yang dipimpin...
signature
[b]Sabar, Ikhlas, Legowo dan Bersyukur adalah kunci hidup penuh rahmah.......[/b]
banner
jungle
1 Sep 2008 23:50    #8

Kolonel

produnk dari SPINX juga gak kalah menariknya lho ndan ricard

mohon diulas ya...
coz....gw pake yang produk itu Wink
signature
[b][color=#0000CD]Cool, Calm and Confident[/color][/b]
banner
erichard
3 Sep 2008 12:38  (Edit: 3 Sep 2008 12:44 by erichard.)    #9

Letkol

Contoh perlombaan Audio kelas SPL
CAR AUDIO KATEGORI SPL
Pembagian Kelas Perlombaan

1. A. FUN SPL Class Amatir 1 woofer non cabin —— 1 SAB
2. A. Fun SPL Class Amatir 1 Woofer cabin ( sedan ) –1 SAB
3. B. Fun SPL Class Profesional 2 Woofer Cabin + non Cabin —–2 SAB
4. C. Kelas Bebas


A. FUN SPL Class Amatir dan non Cabin.
Perangkat yang dipergunakan di kelas ini adalah ;
1. 1 PC Amplifier
2. 1 PC Subwoofer ukuran 12 inc

[Image: audio-crescendo2-300x156.jpg]

* Tidak diperkenankan untuk mengunakan tambahan perangkat lain apapun diluar perangkat yang telah disebut diatas (kecuali pengunaan kapasitor bank )
* Tidak dibenarkan untuk melakukan perubahan dalam bentuk apapun terhadap dashboard standar mobil yang dipergunakan untuk mengikuti perlombaan ini.
* Box Subwoofer harus terbungkus rapi,seluruh instalasi kabel rapi.
* Diperkenankan untuk membungkus dashboard, dan menambahkan add on yang tidak bersifat permanen.
* Pengunaan kabel,baik kabel power, kabel RCA, Kabel speaker, tidak dibatasi bersalah dari satu ukuran atau merek apapun.
* Tinggi box maksimun sebatas tinggi level kaca pilar c (kaca belakang)
* Tegangan Batterai maksimun 14.4 volt
* Pengukuran dilakukan dengan mengunakan RTA AUDIO CONTROL dengan Patokan posisi pengukuran 4 cm dari posisi pilar A bagian dalam, 1 cm, sisi kaca depan bagian dalam dan 1 cm dari atas dashboard.

B. FUN SPL Professional Cabin dan Non Cabin
Perangkat yang dipergunakan di kelas ini adalah ;
1. 2 Pc Amplifier
2. 2 PC Subwoofer ukuran 12 inc

* Diperkenankan untuk mempergunakan tambahan perangkat lain diluar perangkat yang telah disebutkan di atas, sebatas head unit, speakers, capasitor bank, preamp.
* Pengunaan kabel,Baik kabel power, Kabel RCA, Kabel speakers, tidak dibatasi berasal dari suatu ukuran atau merek apapun.
* Pengunaan baterai (accu) dibatasi 2 unit dengan kapasitas amper yang boleh diperbesar salah satu baterai(accu) tersebut harus dipasang ditempat aki standart sesuai dengan spesifikasi pabrik pembuat mobil yang bersangkutan.
* Diperkenankan untuk melakukan penebalan dibagian apapun didalam ineterior mobil.
* Diperkenankan melakukan perubahan apapun terhadap komponen interior didalam mobil seperti jok, kaca dll.
* Diperkenankan untuk melakukan perubahan terhadap doortrim mobil yang dipergunakan juga mengubah bentuk apapun material doortrim dari mobil yang bersangkutan.
* Tinggi box maksimal sebatas tinggi level kaca tertinggi di bagian belakang mobil (pilar c)
* Diperkenankan melakukan sitem wall dalam penbuatan tehnik boks.
* Semua perangkat di atas (termasuk perangkat tambahan yang diperbolehkan) harus dipergunakan semuanya di dalam atau luar mobil yang dinilai.
* Perangkat yang dipergunakan didalam dan diluar mobil diatur dengan ketentuan tertentu yang ditetapkan oleh panitia.
* Pengukuran dilakukan dengan mengunakan RTA AUDIO CONTROL dengan patokan posisi pengukuran 4 cm dari posisi pilar A bagian 1 cm dari sisi kaca depan bagian dalam dan 1 cm dari atas dashboard.
* Setiap peserta diberikan kesempatan pengukuran sebanyak 2 kali. Pengukuran yang kedua dilaksanakan langsung tampa jeda, setelah semua peserta melakukan pengukuran yang pertama. Pengukuran pertama dilakukan dengan system seluruh pintu dan kaca jendela ditutup, dan pengukuran kedua dilakukan dengan sistem seluruh pintu tertutup dan kaca depan kiri terbuka sampai habis.
* Nilai pengukuran yang dipakai adalah nilai pengukuran rata-rata dari hasil dua kali pengukuran yang dilakukan.
* Tegangan Baterai maksimum 18 volt.
banner
sniper78
3 Sep 2008 12:45    #10

Jendral

Wah...thanks info yaa Top
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014