Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir


 
  • 125 Vote(s) - 2.94 Average
Tools    New reply


7 Jul 2008 16:55
pipil
Prajurit
Posts 4
Reputation: 0
Awards:

Sekedar berbagi dari blog tetangga, semoga bukan repost
===========================================

Sekali lagi tulisan saya tentang Jawa. Maklum, karena saya sendiri orang Jawa yang masih belum terlalu njowo. Tapi bukan berarti dengan begini akan mengarah ke chauvinisme, tidak terlintas sedikitpun di benak saya untuk hal yang satu itu. Seperti yang saya deskripsikan tentang diri saya di halaman Selayang Pandang, saya hanya ingin menjadi manusia Indonesia yang Njawani, itu saja tidak lebih.

Berkaitan dengan istilah njowo diatas, sampai saat ini saya masih bertanya-tanya tentang arti sesungguhnya di balik ungkapan itu. Secara harfiahnya, ungkapan tersebut bisa berarti “berlaku seperti Jawa”. Satu contoh lagi tentang ungkapan njowo yang biasa dipakai seperti di bawah ini.

A: “Putrone Bu Guru kok kelakuane koyo uwong sing ora ngerti toto kromo”

B: “Ojo dilebokno ati, uwong jenenge wae sik bocah, ora usah kaget menowo durung njowo”

Terjemahannya :

A:”Anaknya Bu Guru kok kelakuannya seperti orang yang tidak tahu tata krama”

B:”Jangan diambil hati, namanya saja masih bocah, nggak usah kaget kalau belum njowo”

Dari percakapan diatas, arti njowo dipakai sebagai sebuah ngkapan untuk mendefinisikan tingkah laku seseorang. Atau dengan kata lain njowo itu adalah ngerti,paham,beretika yang sesuai dengan (budaya) Jawa. Kemudian yang jadi menggelayut di benak saya adalah, apakah njowo disini itu sebuah ungkapan untuk mendefinisikan tingkah laku suku Jawa atau malah disebut dengan suku Jawa karena manusia-manusia tersebut sudah NJOWO (ngerti,paham,beretika,berbudaya).

Ada beberapa pertanyaan lagi yang masih mengganjal. Seperti kita ketahui bersama, di pulau Jawa tidak hanya didiami oleh Suku Jawa saja, ada Suku Sunda,Baduy,Betawi,dan Tengger. Namun pulau yang mereka diami disebut dengan Pulau Jawa. Mungkin kalau sekarang Suku Jawa adalah mayoritas, tapi kita tidak tahu kondisi jaman dahulu.

Peradaban tertua di Indonesia yang tercatat dalam perjalanan pelancong-pelancong (dari China maupun pedagang India) masa lalu adalah Salakanagara (meskipun kurikulum pelajaran sejarah belum mencamtumkan kerajaan ini). Salakanagara (abad 1 M) sendiri terletak di pesisir barat Pulau Jawa, di sekitar daerah Pandeglang. Dari komunitas ini kemudian lahirlah Tarumanagara (abad 4 M). Sedangkan di bagian tengah Pulau Jawa, peradaban tertua diawali dengan kerajaan Kalingga, sekitar abad 6 M. Kemudian untuk pulau Jawa bagian timur, peradaban pertama yang tercatat adalah kerajaan Kanjuruhan dengan ditemukannya parasasti Dinoyo (th 760) yang ditulis dengan huruf Jawa Kuno (Kawi). Kemudian dilanjutkan dengan kerajaan yang didirikan oleh Mpu Sindok, raja terakhir dari Wangsa Sanjaya, yang berkuasa di Mataram pada abad 9 M, yang memindahkan ibukota kerajaan lebih ke timur di tepi Sungai Brantas, diduga dikarenakan bencana meletusnya Gunung Merapi.

Dari uraian diatas, “peradaban” yang tertua yang pernah tercatat di Pulau Jawa di mulai dari barat kemudian baru kearah timur. Sedangkan kita tahu, Pulau Jawa bagian barat identik dengan suku Sunda dan Baduy. Dalam berita Yunani, yang ditulis Clausius Ptolomeus (tahun 165 M), istilah Jabadiou(Jawadwipa) digunakan menyebut Pulau Jawa. Yang mana kurang lebih artinya adalah sebuah pulau yang jauh terletak di tenggara yang kaya akan beras. Ada juga yang mengaitkan bahwa istilah Jawa berasal dari kata Juwawut. Tanaman yang banyak tumbuh di Pulau Jawa sejenis rumput-rumputan yang berbulir, yang konon katanya adalah cikal bakal dari tanaman padi yang kita kenal sekarang ini.

Sampai disini pun saya belum menemukan sebuah petunjuk yang tepat dan meyakinkan saya mengenai asal-usul istilah Jawa ini. Jadi apakah JAWA itu sebuah BUDAYA atau sebutan untuk sebuah ETNIS(SUKU) atau JAWA itu adalah FALSAFAH HIDUP atau malah hanya sekedar sebuah nama pulau sebagai penanda yang bagi orang Yunani dikenal sebagai gudang BERAS (JAWADWIPA) dari tanaman yang bernama JUWAWUT ? Dan sepertinya pencarian sayapun masih akan terus berlanjut.
======================================================
Adakah referensi yang lainnya...?

7 Jul 2008 16:56
Kojek
Tukang Sapu
Posts 10.335
Reputation: 238
Awards:
Pembayar PajakCharityFBI ManiaMember Telah DewasaFacebook Network

[mencoba menyimak dengan baik.....]






signature
[b]Sabar, Ikhlas, Legowo dan Bersyukur adalah kunci hidup penuh rahmah.......[/b]

7 Jul 2008 21:03
big2besar
Mr. President
Posts 7.051
Reputation: 373
Awards:
Anti Child Po rn

Iya..ya...Jawa sebutan etnis atau tempat...sebelum baca ini artikel, saya menganggap Jawa sebutan untuk tempat atau pulau, dan penduduknya disebut orang Jawa.

Penyebutan nama Jawa kapan yah pertama kali diperkenalkan ?






signature
"Jangan pernah mempercayai apa pun dalam politik sampai hal itu resmi diingkari". Otto von Bismarck (1819-1898)

Cool

7 Jul 2008 21:14
magnum
Mayor
*
Posts 1.849
Reputation: 55
Awards:
FBI ManiaFacebook NetworkCharityPahlawan

jika dalam wayang orang pertama yang tingggal di pulau jawa adalah SEMAR

10 Jul 2008 10:48
henndri
Kolonel
Posts 3.848
Reputation: 26
Awards:

Nice artikel






signature
[color=#006400][size=medium][b]Kesehatan Bukanlah segalanya, Tapi tanpa kesehatan Segalanya menjadi Tak ada apa apanya.[/b][/size][/color]


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram