Current time: 16 Apr 2014, 14:51 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / ACI / Kawasan Wajib Tahu / Kotak P3K P4 PMP PPKn / Menggugat Ide Komunisme



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 11 Votes - 2.82 Average


  
monika
10 Sep 2013 03:28    #1

Prajurit

Komunisme ide yang ditawarkan Marx dengan memaknai modernitas dengan sebutan era produksi telah ketinggalan zaman dan tergugat. Dalam tulisan ini penulis bukan hanya ingin membuktikan bahwasanya komunisme merupakan fail ideologi, akan tetapi juga sudah tergugat dan terbantah dengan dalam tataran ide nya dengan masyarakat modern yang bersifat masyarakat produksi.
Dalam hal ini Marx mengatakan bahwasanya masyarakat modernisme atau yang disebut oleh marx dengan Aufklarung atau pencerahan. Dimana masyarakat ramai-ramai memproduksi barang dan jasa sehingga masyarakat proletar menjadi ter-Alienasi oleh barang dan jasa. Hal ini memang sesungguhnya terlihat sangat menggambarkan masyarakat modern, akan tetapi ternyata di era kontemporer sekarang ini masyarakat tidak lagi ter-alienasi, tp masyarakat telah mengkonsumsi secara berlebihan barang dan jasa.
Dari penjelasan diatas Baudrillard seorang filsuf kontemporer menggugat Marx dalam tatanan ini. Tatanan yang dikiranya adalah sebuah kebenaran. Ide baudrillard mengatakan era aufklarung dalam arti kata modernisme telah menciptakan masyarakat konsumer sehingga dapat kita lihat, ide marx tentang komunisme dan era masyarakat produksi telah terbantah..
Dimana dlm era kontemporer sekarang ini justru segala macam komoditas melakukan seduction untuk masyarakat agar selalu mengkonsumsi.. Jadi harusnya sebagai masyarakat dalam suatu negara berdaulat agar tidak lagi melihat dan berusaha untuk menerapkan ide yang sudah ketinggalan zaman ini..
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014