Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir


 
  • 53 Vote(s) - 2.81 Average
Tools    New reply


28 Apr 2011 09:45
oifals
jendral kancil
Posts 9.702
Reputation: 920
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkFBI FansAnti Child Po rnCharityFBI CareSpam Killer

Angka Romawi ada di mana- mana! Di jam, di bab buku pelajaran, di papan skor pertandingan olahraga, dan lain- lain. Dari mana sebenarnya nih angka berasal?

ASAL – USUL ANGKA ROMAWI

Menurut sejarah, angka romawi sudah ada sejak jaman romawi kuno. Awalnya system perhitungannya diadaptasi dari system perhitungan milik bangsa Etruscan. Begitu juga dengan angka- angkanya, mirip sekali dengan angka- angka milik bangsa Etruscan (disimbolkan berdasarkan huruf dan gambar).
Namun, berhubung angka- angka Etruscan susah untuk ditulis maupun di baca, akhirnya pada abad pertengahan angka romawi di sederhanakan. Contoh dalam bahasa Etruscan tertulis angka- angka : I ^ X П 8 П . nah, dalam deretan angka romawi yang baru angka –angka itu berubah menjadi : I V X L C M.

Angka romawi hanya terdiri dari 7 nomor dengan simbol huruf tertentu di mana setiap huruf melambangkan / memiliki arti angka tertentu, yaitu :

I atau i untuk angka satu / 1
V atau v untuk angka lima / 5
X atau x untuk angka sepuluh / 10
L atau l untuk angka lima puluh / 50
C atau c untuk angka seratus / 100
D atau d untuk angka lima ratus / 500
M atau m untuk angka seribu / 1000

Beberapa kekurangan atau kelemahan sistem angka romawi, yakni :
1. Tidak ada angka nol / 0, angka 0 diganti jadi huruf N. huruf N itu singkatan dari Nulla, sebuah kata dalam bahasa latin yang memiliki arti Nothing alias nggak ada.
2. Terlalu panjang untuk menyebut bilangan tertentu
3. Terbatas untuk bilangan-bilangan kecil saja

Untuk menutupi kekurangan angka romawi pada keterbatasan angka kecil, maka dibuat pengali seribu dengan simbol garis strip di atas simbol hurup (kecuali I).

V atau v dengan garis di atas untuk angka lima ribu / 5000
X atau x dengan garis di atas untuk angka sepuluh ribu / 10000
L atau l dengan garis di atas untuk angka lima puluh ribu / 50000
C atau c dengan garis di atas untuk angka seratus ribu / 100000
D atau d dengan garis di atas untuk angka lima ratus ribu / 500000
M atau m dengan garis di atas untuk angka satu juta / 1000000

Metode / Teknik Penomoran Angka Romawi :
1. Simbol ditulis dari yang paling besar ke yang paling kecil
2. Semua simbol besar ke kecil dijumlah kecuali kecil ke besar berarti ada pengurangan.

28 Apr 2011 10:33
miskol
Letjen
Posts 7.748
Reputation: 664
Awards:


iya nih.....
kalau nulis pakai angka romawi emang ribet banget.... Pusing
ga praktis sama sekali....

paling² penggunaannya untuk angka yang kecil² aja ...

28 Apr 2011 10:40
Bo_JeSS
Penunggu Kamar Basah
Posts 19.705
Reputation: 1504
Awards:
Anti Child Po rnFacebook NetworkMember Telah DewasaPembayar PajakBlood DonationFBI ManiaSigiCharityPahlawan

Kalo pengurangan, ditaruh di depan angka yg dikurangi, gitu kan? Think

28 Apr 2011 10:49
eniqma
Letkol
Posts 2.665
Reputation: 117
Awards:
Sigi

ribet aja masih dipelajari... Ngakak

28 Apr 2011 10:57
oifals
jendral kancil
Posts 9.702
Reputation: 920
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkFBI FansAnti Child Po rnCharityFBI CareSpam Killer

(28 Apr 2011 10:33)miskol Wrote:
 

iya nih.....
kalau nulis pakai angka romawi emang ribet banget.... Pusing
ga praktis sama sekali....

paling² penggunaannya untuk angka yang kecil² aja ...

(28 Apr 2011 10:40)Bo_JeSS Wrote:
 
Kalo pengurangan, ditaruh di depan angka yg dikurangi, gitu kan? Think

ho;oh Blah

(28 Apr 2011 10:49)eniqma Wrote:
 
ribet aja masih dipelajari... Ngakak

itulah manusia ,,,udah ada yang simple,tapi masih suka nyari nyari yang ribet Ngakak

28 Apr 2011 11:54
koy
Dewan Jenderal
Posts 2.967
Reputation: 180
Awards:
Facebook NetworkPembayar PajakGood CitizenAnti Child Po rn

oh,dasarnya penulisan angka romawi dari simbol ya?
Tp ko' simbolnya bisa berupa abjad konsonan kaya gitu..?
Berarti yg menemukan hurup abjad konsonan & (mungkin) vokal,asalnya dari Romawi kuno juga ya ndan..?

Tanya kenapa?? Think

28 Apr 2011 20:07
fikar_its
Mood Changer
Posts 9.128
Reputation: 523
Awards:
Anti Child Po rnBlood DonationMember ChoicePembayar PajakGood CitizenCharityFBI CareFBI Care

kembali lagi ke nasib awal manusia, bahwa sesuatu yang aneh dan membingungkan, itulah yang lebih menarik untuk dipikirkan TongueTongueTongue


seperti, kenapa sih olip itu termasuk golongan pemanis?

Think

pasti banyak yang bertanya tanya Blah

28 Apr 2011 21:04
simbahmerapi
Mayor
Posts 1.650
Reputation: 34
Awards:

angka romawi ditulis pake huruf... berarti huruf lebih dulu ada dari angka romawi??? Confused
ato yg bikin huruf2 kehabisan ide pas bikin huruf2 utk I V X L C M terus ngambil dari angka romawi??? Confused


Peace






signature
_\~ | |\/| ]3 /\ |-| |\/| [- /? /\ |^ |

3 May 2011 00:05
Ketua
Godfather
Posts 12.795
Reputation: 1182
Awards:
Pembayar PajakCSR DonaturPahlawan

Kalau :

I V 4 N

itu berapa ???

Big Grin






signature
[b]Akhirat itu terlalu nyata
Kepada hati yang tidak buta
[/b]

3 May 2011 08:00
oifals
jendral kancil
Posts 9.702
Reputation: 920
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkFBI FansAnti Child Po rnCharityFBI CareSpam Killer

(3 May 2011 00:05)Ketua Wrote:
 
Kalau :

I V 4 N

itu berapa ???

Big Grin

harus di kaji dulu nih Think


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram