Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir


 
  • 123 Vote(s) - 3.06 Average
Tools    New reply


19 Apr 2011 14:32
gusrus
Pejuang Keadilan
Posts 1.576
Reputation: 237
Awards:
Pembayar PajakFacebook Network

Peraturan Terbaru 1 April 2011 Bagi Pengguna Kendaraan

Per tanggal 1 April 2011, bagi pengendara Motor yang melanggar Peraturan Lalu Lintas, akan diberlakukan Sistem Tilang di tempat (sesuai dengan UU No.22 Tahun

Perihal Peraturan yang terbaru bagi Pengendara Motor :
§ Dilarang mendengarkan musik saat mengendarai Motor
§ Dilarang menerima telepon saat mengendarai Motor
§ Dilarang memakai sandal saat mengendarai Motor
§ Dilarang merubah Warna Motor dan harus sesuai dengan Warna di STNK
§ Bagi Pengendara Motor, Nama di STNK dan SIM harus sesuai dengan Nama yang bersangkutan, apabila Beda dan belum Balik Nama akan didenda sebesar Rp 500.000 (untuk yg ini belum 100%)
§ Wajib menyalakan Lampu pada siang dan malam hari
§ Dilarang Merokok saat mengendarai Motor
§ Dilarang Merubah Plat Motor anda
§ Dilarang memakai/menggunakan Lampu yang berwarna (merah, hijau, kuning, putih), lampu harus sesuai Standar Pabrik.

Perlengkapan Sepeda Motor yang harus dipenuhi oleh Pengendara :
§ Memakai helm SNI
§ Kaca Spion
§ Memakai Sepatu
§ Memakai Jaket
§ Memakai Sarung Tangan
§ Pentil Ban
Ini dia pasal-pasal yang bersangkutan :

§ Kenakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI)

Jangan lagi kenakan helm batok. Gunakanlah helm SNI. Selain karena alasan keselamatan, menggunakan helm jenis ini sudah menjadi kewajiban seperti diatur dalam Pasal 57 Ayat (2) dan Pasal 106 Ayat (8). Sanksi bagi pelanggar aturan ini, pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 291). Sanksi yang sama juga akan dikenakan bagi penumpang yang dibonceng dan tidak mengenakan helm SNI.

§ Pastikan Perlengkapan Berkendara Komplet

Bagi para pengendara roda empat atau lebih, coba pastikan kelengkapan berkendara Anda. UU Lalu Lintas No 22 Tahun 2009, dalam Pasal 57 Ayat (3) mensyaratkan, perlengkapan sekurang-kurangnya adalah sabuk keselamatan, ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, helm, dan rompi pemantul cahaya bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat/lebih yang tak memiliki rumah-rumah dan perlengkapan P3K. Bagaimana jika tak dipenuhi? Sanksi yang diatur bagi pengendara yang menyalahi ketentuan ini akan dikenakan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000, seperti diatur dalam Pasal 278

§ Tak Punya SIM? Denda Rp 1 Juta

Ketentuan yang satu ini mungkin harus menjadi perhatian lebih. Jika selama ini denda bagi pengendara yang tak punya SIM hanya sekitar Rp 20.000, UU Lalu Lintas yang baru tak mau memberikan toleransi bagi pengendara yang tak mengantongi lisensi berkendara. Sanksi pidana ataupun denda yang diterapkan tak lagi ringan. Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak memiliki SIM, akan dipidana dengan pidana kurungan empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

§ Konsentrasi dalam Berkendara

Pasal 283 UU Lalu Lintas mengatur, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi, dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan kurungan atau denda paling banyak Rp 750.000

§ Perhatikan Pejalan Kaki dan Pesepeda

Para pengendara, baik roda dua maupun roda empat/lebih, harus mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. Bagi mereka yang tidak mengindahkan aturan Pasal 106 Ayat (2) ini, dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000

----bersambung----
Reps +  dhiHAM






signature
" Jangan Menyerah, Hidup ini adalah Anugerah........" :top

[align=center]http://dutablogger.com/gusrus[/align]

19 Apr 2011 14:33
gusrus
Pejuang Keadilan
Posts 1.576
Reputation: 237
Awards:
Pembayar PajakFacebook Network

§ Lengkapi kaca spion dan lain-lain

Pengemudi sepeda motor Diwajibkan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban (diatur Pasal 106 Ayat (3)). Sanksi bagi pelanggarnya diatur Pasal 285 Ayat (1), dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Pengemudi roda empat/lebih Bagi pengendara roda empat/lebih diwajibkan memenuhi persyaratan teknis yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, dan penghapus kaca. Pasal 285 Ayat (2) mengatur, bagi pelanggarnya akan dikenai sanksi pidana paling lama dua bulan kurungan atau dendan paling banyak Rp 500.000.

§ STNK, Jangan Lupa

Setiap bepergian, jangan lupa pastikan surat tanda nomor kendaraan bermotor sudah Anda bawa. Kalau kendaraan baru, jangan lupa membawa surat tanda coba kendaraan bermotor yang ditetapkan Polri. Jika Anda alpa membawanya, sanksi kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 akan dikenakan bagi pelanggarnya (Pasal 288 Ayat (1)).

§ SIM Harus yang Sah Ya…

Pasal 288 Ayat (2) mengatur, bagi setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dapat menunjukkan SIM yang sah dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan dan/atau denda paling banyak Rp 250.000.

§ Pengemudi atau Penumpang Tanpa Sabuk Pengaman, Sanksinya Sama
Ini harus jadi perhatian bagi pengemudi mobil dan penumpangnya. Jangan lupa mengenakan sabuk pengaman selama perjalanan Anda. Selain untuk keselamatan, juga untuk menghindari sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 seperti diatur dalam Pasal 289.

§ Nyalakan Lampu Utama pada Malam Hari

Saat berkendara pada malam hari, pastikan lampu utama kendaraan Anda menyala dengan sempurna. Bagi pengendara yang mengemudikan kendaraannya tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari, dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (Pasal 293).

§ Wajib Nyalakan Lampu pada Siang Hari

Para pengendara motor yang berkendara pada siang hari diwajibkan menyalakan lampu utama. Sekarang, sudah bukan sosialisasi lagi. Bagi pelanggarnya akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000.

§ Berbelok, Berbalik Arah, Jangan Lupa Lampu Isyarat!

Setiap pengendara yang akan membelok atau berbalik arah, diwajibkan memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan. Jika melanggar ketentuan ini, Pasal 284 mengatur sanksi kurungan paling banyak satu bulan atau denda Rp 250.000

§ Jangan Sembarangan Pindah Jalur

Para pengemudi yang akan berpindah jalur atau bergerak ke samping, wajib mengamati situasi lalu lintas di depan, samping dan dibelakang kendaraan serta memberikan isyarat. Jika tertangkap melakukan pelanggaran, akan dikenai sanksi paling lama satu bulan kurungan atau denda Rp 250.000 (Pasal 295)

§ Stop! Belok kiri tak boleh langsung

Ini salah satu peraturan baru dalam UU Lalu Lintas yang baru. Pasal 112 ayat (3) mengatur, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri. Bunyi pasal tersebut “Pada persimpangan jalan yang dilengkapi dengan alat pemberi isyarat lalu lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau pemberi isyarat lalu lintas”.

§ Balapan di Jalanan, Denda Rp 3 Juta!

Pengendara bermotor yang balapan di jalan akan dikenai pidana kurungan paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 3.000.000 (Pasal 297)

§ Sesuaikan Jalur dengan Kecepatan

Ketentuan mengenai jalur atau lajur merupakan salah satu ketentuan baru yang dimasukkan dalam UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009, yang diatur dalam Pasal 108. Agar menjadi perhatian, selengkapnya bunyi pasal tersebut adalah:
(1) Dalam berlalu lintas pengguna jalan harus menggunakan jalur jalan sebelah kiri
(2) Penggunaan jalur jalan sebelah kanan hanya dapat dilakukan jika:
a. pengemudi bermaksud akan melewati kendaraan di depannya; atau
b. diperintahkan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk digunakan sementara sebagai jalur kiri
(3) Sepeda motor, kendaraan bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan kendaraan tidak bermotor berada pada lajur kiri jalan.
(4) Penggunaan lajur sebelah kanan hanya diperuntukkan bagi kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi, akan membelok kanan, mengubah arah atau mendahului kendaraan lain.

Aturan-aturan baru yang diterapkan di UU Lalu Lintas yang baru ini harus menjadi perhatian bagi para pengendara. Selain demi keselamatan, tentunya juga untuk menghindari merogoh kocek cukup dalam karena ditilang. Sanksi denda yang dikenakan lumayan besar jika dibandingkan dengan UU yang lama. Selamat berkendara!

Tambahan....
UU No. 22 Tahun 2009 Tentang lalu lintas dan Angkutan Jalan
Untuk soft copynya bisa diliat di http://www.infopublik.depkominfo.go.id






signature
" Jangan Menyerah, Hidup ini adalah Anugerah........" :top

[align=center]http://dutablogger.com/gusrus[/align]

19 Apr 2011 14:44
oifals
jendral kancil
Posts 9.702
Reputation: 920
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkFBI FansAnti Child Po rnCharityFBI CareSpam Killer

Nicethread

thanks infonya Good

19 Apr 2011 15:24
dhiHAM
Letjen
Posts 8.286
Reputation: 660
Awards:
Facebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rnFBI FansGood CitizenFBI CarePahlawanPembayar Pajak

Think

mesti hati-hati nih berkendara sekarang...






signature
[url=http://www.forumbebas.com/thread-171416.html] LIGA PRIMER INGGRIS 2011-2012[/url]
[url=http://www.forumbebas.com/thread-180353.html]F1 RACING 2012[/url]

19 Apr 2011 15:34
audrianto
Mayjen
*
Posts 6.721
Reputation: 211
Awards:
Facebook NetworkMember Telah DewasaGood CitizenPembayar PajakSigiFBI Mania

good job Nicethread Top






signature
Erwin Audrianto Tanjung, SH
email : audri_anto@yahoo.com

22 Apr 2011 13:57
ditlley
Prajurit
Posts 2
Reputation: 0
Awards:

Aturan aja yg bisa bikin bagus, kenapa prasarana jalan gak bisa dibikin bagus juga, aturan bagus tapi jalan jelek tetap aja kecelakaan tinggi

22 Apr 2011 15:12
jurherman
Serka
Posts 297
Reputation: 3
Awards:

peraturan yang di buat ini pasti membuat para aparat penegak hukum leluasa menilang semaunya....
pertama pasti bicara tentang tilang...tapi ujung" nya malah damai....


makasih info ndan....

22 Apr 2011 16:08
hei_bejo
Mayor
Posts 2.036
Reputation: 440
Awards:
FBI Mania

(22 Apr 2011 15:12)jurherman Wrote:
 
peraturan yang di buat ini pasti membuat para aparat penegak hukum leluasa menilang semaunya....
pertama pasti bicara tentang tilang...tapi ujung" nya malah damai....


makasih info ndan....



yang penting bawalah uang saku secukupnya Blah






signature
[color=#8B4513][size=medium]404 Sigi Not Found[/size][/color]
The signature you are looking for might have been removed, had been changed or temporarily unavailable.

26 Apr 2011 11:23
kikiflash
Kopka
Posts 137
Reputation: 7
Awards:

Semakin banyak wewenang, semakin banyak penyelewengan....
Bayangkan helm harus SNI, coba bayangkan siapa minta..pasti pengusaha helm tertentu yang ingin monopoli.
Plat nomor standar, harus dibuat di samsat.. bayangkan dengan pengusaha ekonomi lemah yang buat plat nomor pasti gulung tikar. Kalo sudah gulung tikar, apa kerjaannya. Jalan pintas kriminal. Urusan polisi..lagiBlah

26 Apr 2011 11:48
koy
Dewan Jenderal
Posts 2.967
Reputation: 180
Awards:
Facebook NetworkPembayar PajakGood CitizenAnti Child Po rn

Sangat bermanfaat sekali infonya Ndan.
Tapi ngga ada larangan tentang pemakaian Knalpot yg tidak standar...? Think

26 Apr 2011 23:51
s-uddin
Kapten
Posts 1.339
Reputation: 42
Awards:
Pembayar PajakGood Citizen

(26 Apr 2011 11:48)Koyjunior Wrote:
 
Sangat bermanfaat sekali infonya Ndan.
Tapi ngga ada larangan tentang pemakaian Knalpot yg tidak standar...? Think

Tapi lebih membahayakan yang tidak
memakai pentil ban ndan....Tuh lihat peragraf ke-4.....






signature
Top Aurat MU adalah mahkota MU Top

27 Apr 2011 16:57
Vonalucard
Koptu
Posts 86
Reputation: 4
Awards:

maaf ndan saya ingin bertanya, menurut penjelasan di atas SIM dan STNK nama yg tertera didalam'a,harus sesuai denga nama pengendara.
dan kena
pa lampu kuning tidak di perbolehkan bukankah standar pabrik itu kuning dan merah?? Think






signature
ini band gw... likein yah?? http://www.facebook.com/pages/HolyDogs-Band/165600136819046

19 May 2011 17:03
Theronk
Praka
Posts 43
Reputation: 6
Awards:

untung saya nggak punya motor ato mobil ......

19 May 2011 17:23
koy
Dewan Jenderal
Posts 2.967
Reputation: 180
Awards:
Facebook NetworkPembayar PajakGood CitizenAnti Child Po rn

(26 Apr 2011 23:51)shalahuddin Wrote:
 
Tapi lebih membahayakan yang tidak
memakai pentil ban ndan....Tuh lihat peragraf ke-4.....

Betul ndan, knalpot yg tdk standar memang tdk berbahaya bagi pengendaranya..
Tapi sangat mengganggu bagi orang lain yg notabene rumahnya di pinggir jalan,
tiap malem mesti dipaksa dengerin knalpot rombeng,,kaya lagi musim kampanye aja No

19 May 2011 19:52
s-uddin
Kapten
Posts 1.339
Reputation: 42
Awards:
Pembayar PajakGood Citizen

(19 May 2011 17:23)Koyjunior Wrote:
 
Betul ndan, knalpot yg tdk standar memang tdk berbahaya bagi pengendaranya..
Tapi sangat mengganggu bagi orang lain yg notabene rumahnya di pinggir jalan,
tiap malem mesti dipaksa dengerin knalpot rombeng,,kaya lagi musim kampanye aja No

Itu membahayakan ketelinga dan ujung-ujungnya juga kepengendara itu sendiri....
Buktinya kalau tidak salah ada sekitar dua minggu yang lewat ada motor yang
knalpotnya yang brisik dan selalu mondar mandir di depan rumah saya
trus karena kesal saya timpuk pakai pas bunga yang ada di pekarangan
rumah saya, trus datang lagi tetangga saya ngegebukin sampai muka nya
babak belur, untuk tidak jadi almarhum dia.
KASIAN JUGA JADINYA SETELAH SAYA LIAT DIA
BONYOK-BONYOK....






signature
Top Aurat MU adalah mahkota MU Top


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram