Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir



 
  • 66 Vote(s) - 2.55 Average
Tools    New reply


30 Mar 2011 01:25
fikrisu
Prajurit
Posts 6
Reputation: 0
Awards:

(This post was last modified: 30 Mar 2011 08:04 by dhiHAM.)
MODIFIKASI PROVER YANG BERDAYA LISTRIK BESAR
[Image: provertaiwan.jpg]Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tips modifikasi prover/ alat pengembang roti yang berdaya listrik besar. Mungkin anda sudah punya prover atau alat pengembang roti di rumah anda yang berdaya listrik 2200 W - 2600 W, tentu dengan daya listrik sebesar itu sangat boros dan tidak efisien dari segi biaya listrik yang anda keluarkan. Padahal besutan teknologi prover dari eropa sudah memakai daya listrik 500 W untuk daya prover mereka sebagai efisiensi dan menghemat sumber daya listrik.Dari pengamatan dan perbaikan yang pernah saya lakukan terhadap beberapa prover dari berbagai merk, hasil produk yang dihasilkan dari teknologi eropa ini lebih baik dari berbagai prover dengan daya listrik besar tersebut.

Cara modifikasi prover berdaya listrik besar bisa dilakukan dengan merubah heater atau menurunkan suplay daya listrik yang masuk. Tetapi sayangnya cara ini banyak kelemahan dan hasil produk roti yang dihasilkan kurang maksimal.Cara yang efisien dan sangat saya rekomendasikan adalah mempelajari design prover made in eropa dengan berbagai sistem sirkulasi kelembaban dan suhu panasnya. Sayangnya harga prover made in Eropa ini tergolong sangat mahal bagi market indonesia.Ada lagi modifikasi prover manual yang hemat daya, kelemahan dari teknologi ini kita masih direpotkan untuk pengecekan dan pengisian air, belum lagi lamanya proses proving dikarenakan kapasitas air tidak sebanding dengan energi panas heater untuk proses pemanasannya.

Dalam kesempatan ini, saya akan menawarkan solusi mudah untuki memodifikasi prover anda dengan teknologi eropa tersebut, solusi ini saya infokan kepada anda karena kesuksesan saya dalam mendesign dan membuat prover dari bahan aluminium tetapi dengan design control eropa yang hemat daya dan otomatis. Meskipun produk prover ini sudah saya kembangkan dengan body stenliss yang ergonomis tetapi saya tidak menutup kesempatan untuk order body dari aluminium. Dengan harga yang lokal dan design control eropa dengan daya listrik 500 W, maka prover ini sebagai pilihan bijak bagi anda untuk efisiensi dan investasi yang menguntungkan bagi anda. Bila anda ingin modifikasi atau minat prover made in saya, silahkan kontak/sms ke 081545552426 . Dengan membeli prover besutan saya atau memodifikasi prover anda dengan berdaya listrik rendah, berarti anda juga turut mendukung program save our energy for future.fkr (sumber: http://fikrisu.blogspot.com/ )






signature
FIKRI TEKNIK
081545552426
BAKERY EQUIPMENT SERVICE

30 Mar 2011 01:31
fikrisu
Prajurit
Posts 6
Reputation: 0
Awards:

(This post was last modified: 30 Mar 2011 07:54 by dhiHAM.)

Melihat kinerja prover yang efisien dan hemat daya

[Image: prover01.jpg]Pada postingan kali ini, saya akan mengulas kinerja prover yang efisien dan hemat daya. Seiring dengan isu akan di naikkannya Tarif Dasar Listrik sebesar 15% oleh pemerintah, maka sebagai pengusaha roti keputusan untuk berinvestasi mesin roti yang hemat daya tak dipungkiri lagi. Dalam tulisan saya kali ini, saya akan mengulas tentang memilih prover yang hemat daya, murah, efisien dan hasil produk rotinya bagus. Telah kita sepakati bersama, bahwa fungsi prover adalah untuk mengembangkan adonan roti dengan menjaga suhu dan kelembaban yang cukup, sehingga ragi yang berada di dalam adonan roti tersebut dapat berkembang secara maksimal. Mungkin, banyak pengusaha roti yang memakai cara adonan roti dimasukkan di dalam ruangan dengan di beri magic com/rice cooker/water heater dan bahkan ada yang diberi kompor listrik. Memang cara di atas sekilas nampak berhasil dengan mengembangnya adonan secara maksimal. Tetapi, adonan roti yang dihasilkan akan berongga dan mengalami over prov atau bisa juga kulit roti tersebut keras. Padahal secara teori ragi akan berkembang secara baik dengan suhu ruangan 40-50 ¤C dan tingkat kelembaban 80-90 ¤C. Bila kita tetap memaksakan produk roti yang di proving dengan prover manual seperti diatas, maka produk roti yang kita hasilkan akan kalah bersaing dengan kompetitor kita. Untuk menjawab berbagai problema diatas, kami tawarkan produk prover yang murah, hemat energi, efisien dan menghasilkan produk roti yang berkualitas. Kami desain prover 12 tray atau 26 tray ini menggunakan water level sistem control yang dapat secara otomatis mengisi air di dalam bak, bila airnya habis. Dengan daya listrik 500W, prover ini mampu bekerja maksimal dalam mengembangkan roti kurang dari 1 jam. Dengan desain prover yang bisa dipakai untuk ukuran loyang 40 x 60 cm dan 45 x 72 cm, prover ini bersifat flexibel. Prover ini hanya membutuhkan masukan air dari pompa air rumah anda. Cara kerja prover ini seperti mesin cuci di rumah anda. Dibalut dengan bahan alumunium, prover ini dapat anda pesan untuk kapasitas 12/14 loyang/tray dan dengan kapasitas 26/28 loyang/tray.Untuk pemesanan/informasi lebih lanjut anda bisa kontak/sms di 081545552426 .fkr { sumber : http://fikrisu.blogspot.com/ }






signature
FIKRI TEKNIK
081545552426
BAKERY EQUIPMENT SERVICE

30 Mar 2011 01:36
fikrisu
Prajurit
Posts 6
Reputation: 0
Awards:

(This post was last modified: 30 Mar 2011 07:57 by dhiHAM.)
Mengenal jenis dan kegunaan oven.
[Image: ovensouthstar.jpg]
Pada postingan kali ini, saya akan mengulas tentang aneka ragam jenis oven dan spesifikasi kegunaannya.

1) manual deck oven. Oven jenis ini hampir banyak digunakan oleh industri roti. Kelebihan jenis oven ini adalah tidak tergantung oleh daya listrik. Jadi meskipun listrik di rumah anda padam, oven tetap hidup asalkan gas elpigi tidak habis. Kelemahan manual oven adalah suhu panas tidak dapat dikontrol, sehingga semakin lama oven hidup, suhu semakin tinggi. Warna roti dan tingkat kematangannya kalah bagus dibandingkan dengan otomatis deck oven. Gas elpigi yang dipakai sebagai bahan bakarnya lebih boros dibandingkan otomatis deck oven.

2) otomatis deck oven sebagai terobosan teknologi deck oven sangat efisien. Bahan bakar utama yang digunakan gas elpigi dan energi listrik. Bila anda memilih energi listrik sebagai bahan bakar utama, hasil produk yang di panggang lebih rata dan bagus. Tetapi daya listrik yang digunakan bisa mencapai 3000 W, per deck nya. Bila bahan bakar utama yang dipakai gas elpigi tetap membutuhkan energi listrik sebagai kontrolnya, tetapi cuman 100 W. Lebih irit dan bagusnya oven deck otomatis karena adanya kontrol temperatur panas dan range temperatur kontrol. Jadi bila anda menginginkan suhu oven 200 derajat, maka api di dalam burner akan mati bila mencapai suhu 200 derajat C dan api akan menyala kembali bila suhu telah turun 195 derajat C. Proses ini akan berulang terus, selama oven dihidupkan.

3) Rotary oven dan Revolving oven. Penggunaan oven jenis ini sering dipakai oleh industri roti besar. Jadi produk dimasukkan bisa mencapai 32 loyang untuk sekali masuk. Hasil produk yang dihasilkan lebih rata dibandingkan oven deck otomatis. Sebab loyang dimasukkan akan diputar secara vertikal atau horizontal. Kelemahan rotary oven dan revolving oven adalah tidak bagus dipakai untuk memanggang cake. Bahan bakar oven ini bisa gas elpigi, solar, minyak tanah dan energi listrik. Daya yang dipakai sebagai kontrol pada oven jenis ini kurang lebih 5000 W. Produk yang dipanggang juga harus sejenis untuk menghasilkan roti yang berkualitas.

4) tunel oven. Oven jenis ini biasanya dipakai untuk industri besar. Bila anda ingin berinvestasi untuk jenis oven ini anda harus mempunyai tempat yang panjang dan besar. Panjang Tunel oven bisa mencapai 12 meter. Kelebihan tunel oven adalah proses panggangnya lebih cepat dengan asumsi produk roti kita masukkan di sisi depan oven dan akan keluar di bagian belakang oven. Dengan daya yang besar, maka tunel oven sangat cocok bagi industri besar. Demikianlah sekelumit paparan saya mengenai jenis dan kegunaan oven, semoga bermanfaat bagi kita semua.fkr { sumber : http://fikrisu.blogspot.com/ }







signature
FIKRI TEKNIK
081545552426
BAKERY EQUIPMENT SERVICE

30 Mar 2011 01:43
fikrisu
Prajurit
Posts 6
Reputation: 0
Awards:

(This post was last modified: 30 Mar 2011 07:58 by dhiHAM.)
Mengenal jenis dan kegunaan mixer utk membuat roti
[Image: m3kgvblt.jpg]
Pada postingan kali ini, saya akan membahas jenis dan kegunaan mixer untuk proses produksi roti. Mesin Mixer pada dasarnya dibedakan atas 2 macam, yaitu spiral mixer dan planetary mixer. Spiral mixer digunakan untuk mengaduk berbagai macam adonan roti (roti manis dan tawar). Ciri2 spiral mixer, bowl tidak dapat dilepas, tetapi dapat berputar beriringan dengan hook. Kelebihan teknologi spiral mixer adalah adonan tidak cepat panas dan adonan cepat kalis. Kapasitas spiral mixer 5kg, 12kg, 25kg, 50kg, 75kg dsb. Dengan dibekali 2 speed kecepatan, spiral mixer sangat ideal untuk mengaduk segala adonan roti. Sedangkan planetary mixer adalah mixer yang multiguna untuk dipakai berbagai macam adonan. Bisa dipakai untuk mengaduk berbagai jenis roti, cake dan butter untuk filling roti. Bowl planetary mixer tidak dapat berputar tetapi dapat dilepas untuk dicuci. Kapasitas aduk planetary mixer mulai dari 1 kg, 3 kg, 5 kg, 8 kg dan 12 kg. Dengan dibekali 3 speed kecepatan aduk planetary mixer dapat digunakan untuk segala macam adonan. Ada lagi jenis cake mixer dan cooking mixer. Cake mixer hanya dipakai untuk mengaduk segala jenis cake saja. Jadi peminat cake mixer ini sangat terbatas sekali. Untuk cooking mixer dipakai untuk membuat selai, dodol, jenang, kacang hijau dsb. Biasanya dipakai untuk variasi isian roti. Cooking mixer dilengkapi dengan kompor yang dipakai untuk memanaskan adonan, sehingga adonannya diaduk sekaligus dimasak di cooking mixer tersebut. Demikianlah seklumit informasi berbagai jenis dan kegunaan mixer. Semoga ulasan saya ini bermanfaat bagi anda.fkr {sumber : http://fikrisu.blogspot.com/ }








signature
FIKRI TEKNIK
081545552426
BAKERY EQUIPMENT SERVICE

30 Mar 2011 01:59
fikrisu
Prajurit
Posts 6
Reputation: 0
Awards:

(This post was last modified: 30 Mar 2011 08:00 by dhiHAM.)
Cara Mengoperasikan Oven Deck Otomatis
[Image: ovenpromo.jpg]

Dalam postingan saya kali ini, saya akan mengulas tentang cara mengoperasikan Oven Deck Otomatis. Dalam kenyataannya banyak orang yang dulunya memakai Oven Manual kesulitan dalam memakai Oven Deck Otomatis. Hal ini disebabkan karena perbedaan suhu dalam memanggang dan juga karakteristik Oven yang berbeda. Sehingga kita harus beradaptasi dahulu dengan Oven Deck Otomatis dahulu. Kelebihan dalam memakai oven deck otomatis adalah lebih irit dan lebih bagus tekstur juga taste produk roti tersebut. Baiklah saya akan mengulas langkah demi langkah cara mengoperasikannya juga tips lebih menghemat gas elpigi atau listrik pada oven deck otomatis.

1) Buka terlebih dahulu tutup pintu depan pada waktu pertama kali dinyalakan. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan sisa gas elpigi yang belum terbakar di dalam oven.
2) Nyalakan sakelar Power terlebih dahulu , setelah itu thermo control api atas diseting sesuai suhu yg kita inginkan disusul dengan thermo control api bawah dengan perlakuan yang sama. Lihat juga apakah lampu indikator api atas dan bawah ikut menyala atau tidak? Bila lampu indikator atas dan bawah ikut menyala menandakan sistem pembakaran di dalam oven sudah normal. Bila lampu indikator tidak menyala diiringi dengan suara alarm, hal ini menandakan sistem pembakaran tidak normal. Hal ini bisa disebabkan oleh gas elpigi yang sudah habis atau spuyer gas yang tersumbat. Bisa juga disebabkan oleh settingan centrifugal fan yang tidak match.
3) Bila suhu yang diinginkan telah tercapai masukkan adonan roti yang mau dipanggang, Setelah itu setting timer sesuai waktu yang kita inginkan. Dalam memasukkan produk roti jangan terlalu lama dalam membuka pintu oven, sebab suhu api atas akan cepat drop.
4) Setelah alarm timer berbunyi & produk dilihat sudah matang maka buka pintu oven, kemudian keluarkan produk roti dari dalam oven. Dalam melihat produk roti sudah matang atau tidaknya, kita dapat menyalakan sakelar lampu oven. Bila tidak ada lagi produk yang akan di oven, setting thermo control api atas & bawah ke 0, setelah itu matikan sakelar lampu dan timer dan yang terakhir sakelar timer.

Tips menghemat gas elpigi. Setting terlebih dahulu thermo control api bawah sesuai suhu yang diingikan, bila suhu sudah tercapai baru setting thermo control api atas sesuai suhu yang di inginkan. Suhu Oven untuk memanggang Roti Manis dengan adonan 50 gram, Thermo Control api atas dan bawah 160 - 170 C dengan waktu 10 menit.
Suhu Oven untuk memanggang Cake dan Cookies, Thermo Control Api Atas dan bawah 150 - 160 C dengan Waktu 30 menit.
Suhu Oven untuk memanggang Roti Tawar, Thermo Control Api Atas dan Bawah 200 - 210 C dengan Waktu 30 menit.
Trial suhu Oven dengan produk roti yg kita buat sangat diharuskan untuk menghasilkan hasil panggang yg lebih bagus..fkr { sumber : http://fikrisu.blogspot.com/ }






signature
FIKRI TEKNIK
081545552426
BAKERY EQUIPMENT SERVICE

30 Mar 2011 02:12
fikrisu
Prajurit
Posts 6
Reputation: 0
Awards:

(This post was last modified: 30 Mar 2011 08:03 by dhiHAM.)
Tips trik merawat mixer roti
[Image: m3kgvblt.jpg]
Dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan mixer hal yg harus di perhatikan :
jangan sekali2 menggunakan mixer melebihi kapasitas mixer. Misalnya anda mempunyai mixer dg kapasitas 10 kg tepung. Gunakan mixer itu utk mengaduk tepung maksimal 8 kg.
Berikan kesempatan mixer tersebut utk istirahat kurang lebih 30 menit utk proses mixing selanjutnya.
Cek kekencangan vanbelt & lumasi secara berkala 1 bulan sekali. Bila mixer yg anda gunakan memakai grease atau oli pastikan volume grease atau oli tersebut sesuai kapasitas mesin. Dan jangan lupa memastikan kepekatannya juga.
Semprot dg WD 40 utk daerah control mixer atau gunakan kapur barus secukupnya, supaya daerah control mixer tdk dipakai sarang tikus atau kecoa.
Pastikan tegangan listrik anda stabil, sehingga tdk merusak control mixer tsb.
Bila anda kurang jelas atau mixer anda bermasalah bisa kontak saya atau kirim email ke saya. fikrisu@gmail.com atau 081545552426. Good luck






signature
FIKRI TEKNIK
081545552426
BAKERY EQUIPMENT SERVICE

30 Mar 2011 09:12
PretPung
Tukang Palak
Posts 2.533
Reputation: 199
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnBlood DonationGood CitizenFBI ManiaCharity

Kayaknya cocok di room ITM ato ITE dah... biar mod yang berwenang mindahin dah.. Top


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram