Current time: 25 Apr 2014, 07:02 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / Movie, Video, Humor, Music and Share Fun / Diskusi Musik / Jenis Jenis Vokal dalam suara



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 65 Votes - 3.08 Average


  
oifals
23 Feb 2011 08:32    #1

jendral kancil

Suara dihasilkan dari getaran pita suara ketika manusia berbicara atau mengeluarkan suara. Kemampuan getaran suara tersebut berbeda-beda. Beberapa orang mungkin memiliki kemampuan menggetarkan pita suara sehingga dihasilan nada suara rendah dan dalam. Sebagain yang lain mungkin saja memiliki suara tinggi. Kemampuan tersebut, harus dipahami benar oleh seorang penyanyi. Jangan sampai, nada lagu yang akan dinyanyikan melebihi atau kurang dari kemampuan asli si penyanyi tersebut.

Pembagian jenis suara/jenis vokal penting untuk diketahui. Pembagian jenis suara untuk wanita adalah suara sopran untuk suara tinggi, suara mezzo-sopran untuk suara sedang, dan suara alto untuk jenis suara renda. Sementara itu, pembagian jenis suara pria adalah suara tenor untuk jenis suara tinggi, suara bariton untuk jenis suara sedang, dan suara bass untuk jenis suara rendah. Perpaduan jenis-jenis suara tersebut dapat menghasilkan suara yang indah.

Sopran

Sopran adalah jenis suara wanita berambitus tinggi yakni di antara nada C1 sampai C3. Dengan melakukan latihan rutin, tingkat ambitus tersebut dapat ditingkatkan. Dalam pementasan, umumnya jenis suara sopran lebih banyak divariasikan tergantung lagu dan jenis pementasan yang akan ditampilkan.

Soprano dramatik digunakan ketika suara yang dihasilkan sangat ekspresif dan bertenaga. Sementara itu, soprano lirik digunakan ketika suara ringan dan manis harus dihasilkan. Suara dengan ambitus cukup tinggi yang dinyanyikan dengan tangkas dapat menghasilkan soprano pewarna.

Alto

Dalam paduan suara, alto dikenal juga dengan istilah contralto. Jenis suara ini memiliki tingkat ambitus wanita paling rendah yakni nada f sampai d2. Dalam paduan suara, penyanyi bersuara alto umumnya ditempatkan pada suara kedua yakni suara kedua tertinggi dalam kelompok. Suara alto perempuan ini hampir sama dengan suara laki-laki dengan ambitus tertentu yang dikenal dengan istilah counter tenor.

Ciri suara alto lainnya adalah jenis suara ini harus dinyanyikan rendah, berat, dan dalam. Sementara itu, sebagian ahli yang lain berpendapat, suara alto harus dinyanyikan dengan berwibawa. Oleh karena itu, pada umumnya penyanyi yang memiliki jenis suara alto umumnya memerankan lakon ratu dalam pementasan opera. Dengan karakteristik suara yang dimiliki, peran ratu tersebut terkesan berwibawa.

Tenor

Sama halnya seperti suara sopran, suara tenor merupakan jenis suara dengan ambitus tertinggi di kelasnya yakni suara pria. Umumnya, suara tenor terletak satu oktaf lebih rendah dibandingkan suara sopran. Namun demikian, kunci G digunakan pada kedua jenis suara tersebut. Rentang ambitus yang mampu dicapai oleh penyanyi tenor adalah B Besar sampai g1. Suara tenor memiliki karakteristik bertenaga dan jantan.

Bass

Kebalikan dari jenis suara tenor adalah bass. Bass memiliki ambitus terendah pada suara pria. Umumnya rentang ambitus suara bass adalah E besar dan c1. Jenis-jenis suara bass adalah bass profondo, bass cantante, bass buffo, dan bass baritone.

Bass profondo adalah bass paling dalam dengan ambitus paling rendah namun bertenaga. Bass cantante adalah bass dengan karakterisik ringan dan manis dan memiliki level sedang. Bass buffo adalah bass dengan karakteristik tangkas cocok untuk opera komik. Bass baritone adalah suara kuat dan batas atas dari ambitus bass.
banner
tommy roy sambora
23 Feb 2011 09:13    #2

Kolonel

langsung buat trit die....


Top
signature
[align=center][size=medium][b]Orangtua akan menjadi musuh anaknya sendiri jika tidak berhasil mendidik anak semasa kecil dengan semestinya. [/b][/size][/align]
banner
oifals
23 Feb 2011 09:15    #3

jendral kancil

(23 Feb 2011 09:13)tommy roy sambora Wrote:
 
langsung buat trit die....


Top

terinspirasi dari si monique tadi Big Grin

biar ga jadi salah pengertian tentang jenis suara Blah
banner
thopomore
23 Feb 2011 10:02    #4

Pakar Mahologi

bukannya ada jenis suara bariton ya? Think




Cool
signature
[b]berdamai dengan [s]hati[/s] selangkangan..[/b] Shy
banner
oifals
23 Feb 2011 18:21    #5

jendral kancil

(23 Feb 2011 10:02)thopomore Wrote:
 
bukannya ada jenis suara bariton ya? Think




Cool

Bariton adalah jenis suara yang umum bagi pria dewasa antara suara bass dan tenor.

nah gara gara pengertian ini nih pho, tadi kirain bariton itu suara ngebass nya cewe Big Grin

jadi salah kan Shy

makanya biar ga salah lagi, di bikin trit kaya gini dah Shy
banner
Ketua
28 Feb 2011 10:44    #6

Godfather

Sayang suara saya jelek , gak bisa nyanyi Sad
signature
[b]Akhirat itu terlalu nyata
Kepada hati yang tidak buta
[/b]
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014