Current time: 16 Apr 2014, 20:17 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / ACI / Berita Bangga Indonesia / FILOSOFI Batik Kuno Khas Betawi..



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 89 Votes - 3 Average


  
Galuh_Putri
21 Sep 2010 02:30    #1

Cheerleaders

Batik betawi bukanlah semacam batik solo, batik cirebon, atau batik lasem karena betawi tak memproduksi batik.Betawi tak seperti kota-kota di Jawa yang memproduksi batik dengan corak tertentu sehingga di kota-kota tersebut batik bisa dikenali lewat motif dan corak.Kalaupun di Betawi pernah berkembang usaha pembatikan, pengusaha dan perajinnya berasal dari kota-kota di Jawa yang sudah beken sebagai penghasil batik. Batik Betawi memiliki keunikan dibanding batik khas daerah lain. Keunikan yang ada terdapat pada warnanya yang mencolok, begitu juga dengan motifnya.

Alhasil, jika ada yang bertanya, ciri khas batik betawi seperti apa..?? Tentu belum ada yang bisa menjawab dengan pasti. Jika melihat beberapa koleksi batik di Museum Tekstil, motif dan corak tekstil yang disebut sebagai Batik Betawi itu senada dengan batik-batik pesisiran yang biasanya berwarna cerah. Hal itu dikuatkan oleh pernyataan Suwati Kartiwa, penulis banyak buku tentang budaya Indonesia khususnya tekstil, dalam "Batik Betawi : Dalam Perspektif Budaya Kreatif" bahwa unsur lingkungan alam Betawi sama dengan daerah pesisiran sehingga banyak batik pesisiran disukai di Betawi. Kemungkinan asal usul pemakai juga berasal dari berbagai daerah penghasil batik, mereka berkumpul dan tinggal lama di Betawi menyebarkan budaya mereka dalam bentuk tekstil.

Ciri khas kain batik betawi yaitu kain sarung dengan menonjolkan motif Tumpal, yaitu bentuk motif geometris segitiga sebagai barisan yang memagari bagian kepala kain dan badan kain. Saat dikenakan, Tumpal harus ada di bagian depan. Motif burung hong juga masuk dalam ciri khas batik betawi sebagai perlambang kebahagiaan. Motif batik Betawi lebih terfokus pada kesenian budaya Betawi yang dipengaruhi oleh budaya Arab, India, Belanda, dan Cina. Dilihat dari motifnya, batik betawi terbagi dari beberapa jenis, yaitu Ondel-ondel, Nusa kelapa, Ciliwung, Rasamala, dan Salakanegara.

Dari namanya, ternyata motif batik Betawi memiliki asal usul tersendiri. Loreng Ondel-ondel misalnya, motif ini dibuat mengangkat figur Ondel-ondel sebagai boneka yang dapat menolak bala. Motif ini mengandung harapan agar pemakainya mendapat kehidupan yang lebih baik serta jauh dari bala. Biasanya jenis batik Betawi bermotif ini digunakan pada acara besar adat Betawi.

Sedangkan motif Nusa Kelapa memiliki ide disain dari Peta Ceila yang dibuat pada 1482-1521 saat pemerintahan Prabu Siliwangi. Dari peta itu diketahui Jakarta dulu bernama Nusa Kelapa, hingga menjadi Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, dan Jakarta. Nama Nusa Kelapa ini diambil oleh leluhur masyarakat Betawi saat itu, hingga dijadikan motif batik Betawi.

Sementara itu motif Ciliwung berdasarkan ide dari peradaban manusia yang berasal dari tepian Sungai Ciliwung. Konon penguasa Portugis dan Belanda begitu tertarik dengan Sungai Ciliwung hingga bermaksud menguasai Betawi. Sesuai namanya, pemakaian batik ini diharapkan pemakainya menjadi pusat daya tarik dan sebagai simbol rezeki yang terus mengalir bak sebuah aliran kali.

Batik motif Rasamala mengambarkan riwayat Belanda saat masuk ke wilayah Sunda Kelapa. Saat itu daerah Sunda Kelapa masih berupa hutan belantara yang banyak ditumbuhi pohon jenis Rasamala. Warga Betawi menganggap keramat pohon Rasamala karena baunya yang wangi, kulit kayu, rasamala dijadikan setanggi.

Sedangkan, motif batik Salakanagara merupakan batik yang mengangkat motif bertemakan kerajaan pertama di tanah Betawi yang didirikan oleh Aki Tirem pada 130 masehi. Nama Salakanegara berkaitan dengan kepercayaan yang menganggap gunung mempunyai kekuatan dan gunung itu diberi nama Gunung Salak.

Keunikan lainnya dari batik Betawi adalah, warga Betawi, baik kalangan atas maupun bawah menggunakan motif yang sama, yang membedakan adalan pemilihan bahannya. Untuk kalangan atas, umumnya terbuat dari bahan mori halus cap sen. Sedangkan untuk kalangan bawah, terbuat dari mori kasar atau belacu. Batik Betawi menjadi bahan pakaian yang populer di kalangan penduduk Betawi kali-laki pada akhir abad XIX, terutama di wilayah Betawi Tengah. Mereka menggunakan batik sebagai bahan celana seperti orang-orang Belanda. batik Betawi juga digunakan untuk pakaian sehari-hari, untuk keperluan hajatan dan plesiran.

Namun sayang batik kuno khas Betawi sulit untuk dijumpai lagi. Keberadaan batik Betawi hanya sering ditemui pada pameran ataupun acara besar adat Betawi.


Batik kuno khas betawi
[Image: 58558_103317063065935_101234359940872_21...5207_n.jpg]

**dari berbagai sumber
signature
http://galuh65.tumblr.com/
banner
Bo_JeSS
21 Sep 2010 06:17    #2

Penunggu Kamar Basah

Dari manapun batiknya, tetaplah itu buah Karya Bangsa Indonesia Top
banner
bloxorz
28 Sep 2010 09:47    #3

Serda

Batik... adalah hasil olah karya kebudayaan Indonesia ASLI ... Jangan Dicuri... !!
kalau repost boleh yach Ndan..
banner
Bank Jack
30 Sep 2010 08:22    #4

Letkol

Dulu juga mungkin banyak perusahaan batik di jakarta ndan.... thx infonya...
signature
[color=#2F4F4F][b][size=small]Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tetapi hebat dalam tindakan[/size][/b][/color]
banner
demaut_mania
6 Oct 2010 16:24    #5

Sertu

keren Top
indonesia punya
banner
Q0tr3X
13 Oct 2010 17:28    #6

Letda

keren juga tuh batikk... jarang ngeliat euy
signature
[color=#0000CD][size=large][font=Trebuchet MS]
__________________________________
Apapun masalahnya , I Love Indonesia [/font][/size][/color]
banner
Bossky
21 Mar 2011 13:56    #7

Dr. Cabul Bossky

batik yah indonesia Top
signature
im away GoodBye Miss You
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014