Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir


 
  • 117 Vote(s) - 3.04 Average
Tools    New reply


30 Aug 2010 00:00
Ketua
Godfather
Posts 12.795
Reputation: 1182
Awards:
Pembayar PajakCSR DonaturPahlawan

Peluang usaha
AGRIBISNIS
BUDIDAYA POHON KURMA

Pohon kurma, tak hanya elok tapi juga prestisius


Tak hanya digunakan sebagai pemanis taman, sejumlah orang bahkan menempatkan pohon kurma sebagai salah satu simbol prestisius. Maklum harganya cukup mahal. Harga pohon kurma kualitas bagus bisa mencapai Rp 20 juta per pohon.

Tidak hanya buahnya, pohon kurma juga menyimpan potensi bisnis yang besar. Bukan untuk diunduh buahnya, pohon kurma ini biasanya dijual sebagai tanaman hias.

Salah satu pembudidaya pohon kurma di Indonesia adalah Lukman. Lelaki yang berdomisili di Sidoarjo, Jawa timur ini mengatakan, bisnis pohon kurma lebih menguntungkan ketimbang buahnya. "Biaya budidaya pohon kurma murah. Dalam hitungan saya, biaya budidaya pohon ini hingga umur tiga tahun hanya Rp 1 juta," ujar Lukman yang juga pernah berjualan buah kurma.

Harga pohon kurma sangat bergantung pada kualitas dan penampilannya. Lukman bilang, harga pohon kurma yang berumur tiga tahun bisa mencapai Rp 5 juta. Bahkan, bila kualitasnya sangat baik, satu pohon kurma bisa dijual dengan harga Rp 15 juta hingga Rp 20 juta per pohon.

Ciri-ciri pohon kurma yang bagus, antara lain batangnya langsing, ukuran batang dari pangkal bawah hingga pucuk batang teratas sama.

Tak hanya wujud fisik, penentuan harga juga tergantung dari persediaan pohon. Jika terdapat dua atau lebih pohon kurma yang memiliki kemiripan, banderol harga akan sangat tinggi. Maklum, tanaman ini sering dipasang secara simetris, yakni di kanan dan kiri gerbang sebuah hunian.

Lantaran harga yang tinggi ini, tak heran, target pasar tanaman ini adalah pengembang properti, pembangun masjid dan sejumlah kalangan dengan kantong tebal. Bahkan, "Terkadang, pohon kurma ditanam untuk menunjukkan status seseorang," kata Lukman berpromosi.

Tapi, ada juga pohon kurma dengan harga murah. Pohon milik Mashudi misalnya. Lelaki asal Gresik, Jawa Timur ini menjual tiga jenis kurma. Yakni, jenis Irak, Madinah, dan Mesir. Dari ketiga kurma itu, jenis Madinah memiliki harga termahal lantaran penampilannya yang cantik. Yang paling murah adalah jenis Irak.

Mashudi menjual pohon kurma pada kisaran Rp 50.000 untuk pohon setinggi 70 centimeter (cm) dan Rp 100.000 untuk yang tingginya satu meter. Saat ini, Mashudi telah memiliki 2.000 pohon kurma di tanahnya seluas 1.000 meter persegi (m²).

Menurut Syaiful Ghozali, salah satu pengembang masjid yang sedang berburu pohon kurma, harga pohon kurma akan mencapai puluhan juta rupiah bila terdapat kelainan. Yakni, bila pohon kurma yang biasanya tak memiliki cabang itu, justru bercabang hingga lima cabang.

Namun, Syaiful juga mengalami kesulitannya berburu pohon kurma. "Kalaupun ada, penjual hanya memiliki pohon atau bibitnya dalam jumlah sedikit," kata Syaiful.

Maklum, saat ini, ia tengah mencari 3.000 pohon kurma dengan usia minimal tiga tahun dan memiliki tinggi dua meter. "Saya baru mendapat lima pohon dengan harga Rp 3 juta per pohon," timpal Syaiful.

Syaiful akan menanam ribuan pohon kurma tersebut di dalam sebuah kompleks masjid yang rencananya akan dibangun oleh sejumlah investor dengan dana hingga triliunan rupiah. "Saya dan tim masih dalam tahap mencari," ujar Syaiful yang tergabung dalam panitia pembangunan masjid agung itu.
Reps +  InsyChild and QUTUB






signature
[b]Akhirat itu terlalu nyata
Kepada hati yang tidak buta
[/b]

24 Aug 2011 21:16
aksan99
Kapten
Posts 1.309
Reputation: 97
Awards:
Pembayar PajakBlood DonationAnti Child Po rnGood CitizenCSR Donatur

tidak ada kurma, pohon pinang pun jadi.... Grin






signature
Man Jadda Wa Jada


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram