Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir


 
  • 83 Vote(s) - 3 Average
Tools    New reply


13 Apr 2010 11:48
okkeus
Kapten
Posts 990
Reputation: 58
Awards:
Blood DonationGood CitizenPembayar Pajak

(This post was last modified: 13 Apr 2010 11:49 by okkeus.)
Di kalangan pemakai obat tradisional Cina, merek Pien Tze Huang menjadi maskot. Paling laris di kalangan pasien bedah, termasuk para ibu yang baru menjalani operasi cesar kehamilan. Namun, banyak dokter tak merestui pasiennya minum obat ini. Terus, mesti gimana dong?

Penulis: M. Sholekhudin
[Image: artikel%5C2006%5C510%5Cmajalah%5Cfoto%5C...01-W98.jpg]
"Saya sih ikut saran temen aja. Kata dia, luka bekas operasi cepet kering setelah minum obat ini," tutur Ira, ibu yang baru saja melahirkan anak pertamanya lewat bedah cesar. Seumur-umur, dia belum pernah minum obat cina. Namun, begitu mendengar cerita kawannya itu, ditambah kekhawatiran lukanya sukar sembuh, Ira pun mencoba. Tentu saja tak bisa dibuktikan, apakah obat ini memang mempercepat kesembuhan lukanya atau tidak.

Yang jelas, ia mengaku bisa meninggalkan rumah sakit sehari lebih cepat daripada penghuni kamar sebelah yang menjalani operasi serupa di hari yang sama.

Seperti kebanyakan obat tradisional Cina lainnya, Pien Tze Huang memiliki sejarah panjang. Ramuan ini mulai populer sejak abad ke-16 pada masa Kaisar Shi Zong dari dinasti Ming. Secara harfiah, pien tze huang berarti pil yang bisa menyembuhkan peradangan.

Keampuhan obat ini tersebar dari mulut ke mulut, dari ibu ke anak, dari anak ke cucu, dari teman ke kawan lain. Kemampuannya bertahan dari generasi ke generasi setidaknya menunjukkan bukti empiris keampuhannya.

Saking kondangnya, obat ini menjadi semacam nama generik seperti minyak telon atau galian singset. Tak mengherankan, di toko-toko obat cina, Pien Tze Huang bisa didapati dalam aneka ragam produk. "Kami tidak bisa bilang yang lain palsu, tapi kami hanya menjual Pien Tze Huang buatan Zhang Zhou," kata Acin, pengelola toko obat cina "Ban Seng" di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Yang Acin maksud adalah pabrik farmasi Zhang Zhou Pien Tze Huang Pharmaceutical, Cina.

Di Indonesia, Pien Tze Huang buatan Zhang Zhou didistribusikan oleh PT Saras Subur Ayoe. Obat itu merupakan satu-satunya merek Pien Tze Huang yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Itu sebabnya, Acin tak menuding yang lain palsu. Promblemnya cuma soal terdaftar atau tidak.

Masalah keragaman Pien Tze Huang tak cuma perkara beda pabrik. Pemalsuan produk milik satu pabrik pun kerap terjadi. "Kami sendiri kadang masih sulit membedakan Pien Tze Huang yang asli dan yang 'palsu'. Jadi, kami mesti buka kemasannya dulu," ujar Ida Binyanti, Sales & Marketing Managing Director Saras Subur Ayoe.

"Dulu kemasannya masih jelek, jadi gampang ditiru. Tapi sekarang kami sudah pakai stiker hologram laser. Sudah pakai stiker pun masih dipalsu juga!" keluh Ida. Untuk melawan pembajakan ini, pihak distributor kemudian membuat brosur yang berisi informasi singkat agar konsumen tak keliru pilih.

Untuk memastikan keaslian, Acin biasanya membuka kemasan primer Pien Tze Huang yang mirip bungkus permen. Dalam bentuk pil tanpa bungkus itulah Acin mengaku baru bisa memastikan keasliannya.

Satu pil Pien Tze Huang biasanya digerus lalu dimasukkan ke dalam enam kapsul. Aturan pakainya dua kali sehari, masing-masing satu kapsul. Lama minum tergantung kondisi luka. Jika sudah kering, obat bisa dihentikan. Seperti obat cina lainnya, Pien Tze Huang tidak dianjurkan diminum bareng obat dari dokter. Biasanya, diberi jarak 1 - 2 jam sesudah obat dari dokter.


Tips Menghindari Risiko

Minum obat tradisional hak setiap orang. Namun, menghindari risiko itu keharusan. Jika memutuskan untuk minum obat ini, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut agar terhindar dari risiko buruk.
1. Pastikan obat yang Anda minum terdaftar di Badan POM RI. Perkara obat itu punya nomor registrasi dari Cina atau Singapura, itu bukan urusan kita.
2. Belilah dari toko yang terpercaya. Sekadar informasi, selain tersedia di toko-toko obat tradisional Cina, Pien Tze Huang juga tersedia di ritel-ritel farmasi macam Century Healthcare dan Boston Drugs Pharmacy.
3. Saat membeli, datangi beberapa toko sebagai perbandingan. Umumnya, harga obat palsu jauh lebih murah. Jangan membeli obat yang sama dengan harga yang jauh lebih murah. Pien Tze Huang buatan Zhang Zhou harganya di atas Rp 200.000,-. Edisi bajakan bisa cuma sekitar Rp 50.000,-.
4. Barengi terapi medis dengan banyak makan protein dan tetap menjaga kebersihan.
5. Jangan minum obat ini sebelum menjalani operasi. Pien Tze Huang tidak boleh dikonsumsi wanita hamil. Juga tidak dianjurkan buat wanita yang sedang menyusui. Karena itu, jika memutuskan untuk memberikan ASI eksklusif, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya.

http://www.intisari-online.com/majalah.a...=warna0101

13 Apr 2010 16:42
c@stro
Jendral
Posts 15.222
Reputation: 1075
Awards:
Pembayar PajakFBI FansFacebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rn

Emang obat cina cukup manjur, keluarga sy pernah mencoba obat ini alllhamduliilah proses penyembuhan setelah operasi cukup cepat

Top






signature


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram