Current time: 17 Apr 2014, 05:31 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / Tekno / Ilmu Pengetahuan / Ilmu Teknik Sipil / Jenis-jenis Penutup Atap



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 109 Votes - 2.94 Average


  
owobidub
19 Feb 2010 14:52    #1

Dokter Cinta

Jenis-jenis Penutup Atap

Setiap jenis penutup atap punya kelebihan dan kekurangangnya masing-masing. Anda bisa memilihnya dengan mempertimbangkan penampilan, kepraktisan, bentuk dan umur rencananya masing masing. Berikut akan dibahas beberapa jenis yang paling popular saat ini :

Atap sirap
klik
[Image: 1273902_sirap.jpg]

Penutup atap yang terbuat dari kepingan tipis kayu ulin (eusideroxylon zwageri) ini umur kerjanya tergantung keadaan lingkungan, kualitas kayu besi yang digunakan, dan besarnya sudut atap. Penutup atap jenis ini bisa bertahan antara 25 tahun hingga selamanya. Bentuknya yang unik cocok untuk rumah rumah bergaya country dan yang menyatu dengan alam.

Atap genteng tanah liat tradisional
klik
[Image: kmp+tngah2835.jpg]

Material ini banyak dipergunakan pada rumah umumnya. Gentang terbuat dari tanah liat yang dipress dan dibakar. Kekuatannya cukup. Genteng tanah liat membutuhkan rangka untuk pemasangannya. Genteng dipasang pada atap miring. Genteng menerapkan sistem pemasangan inter-locking atau saling mengunci dan mengikat.
Warna dan penampilan genteng ini akan berubah seiring waktu yang berjalan. Biasanya akan tumbuh jamur di bagian badan genteng. Bagi sebagian orang dengan gaya rumah tertentu mungkin ini bisa membuat tampilan tampak lebih alami, namun sebagian besar orang tidak menyukai tampilan ini.

Atap Genteng Keramik
klik
[Image: Genteng_Keramik_Beton_Metal_Jatiwangi_Ka...an_dll.jpg]

Bahan dasarnya tetap keramik yang berasal dari tanah liat. Namun genteng ini telah mengalami proses finishing yaitu lapisan glazur pada permukaannya. Lapisan ini dapat diberi warna yang beragam dan melindungi genteng dari lumut. Umurnya bisa 20 – 50 tahun dapat ditanyakan ke distributor. Aplikasinya sangat cocok untuk hunian modern di perkotaan.

Atap genteng beton
klik
[Image: images?q=tbn:eElZpiuX5A_vdM]

Bentuk dan ukurannya hampir sama dengan genteng tanah tradisional, hanya bahan dasarnya adalah campuran semen PC dan pasir kasar, kemudian diberi lapisan tipis yang berfungsi sebagai pewarna dan kedap air. Sebenarnya atap ini bisa bertahan hampir selamanya, tetapi lapisan pelindungnya hanya akan bertahan antara 30 tahun hingga 40 tahun.

Atap seng

klik
[Image: atap+seng.JPG]

Atap ini sebenarnya dibuat dari lembaran baja tipis yang diberi lapisan zinc secara elektrolisa. Tujuannya untuk membuatnya menjadi tahan karat. Jadi, kata seng berasal dari bahan pelapisnya. Jenis ini akan bertahan selama lapisan zinc ini belum hilang, yang terjadi sekitar tahun ke-30-an. Setelah itu, atap akan mulai bocor apabila ada bagian yang terserang karat.

Atap dak beton

klik
[Image: scan0011.jpg]

Atap ini biasanya merupakan atap datar yang terbuat dari kombinasi besi dan beton. Banyak digunakan pada rumah-rumah modern minimalis dan kontemporer. Konstruksinya yang kuat memungkinkan untuk mempergunakan atap ini sebagai tempat beraktifitas. Contohnya menjemur pakaian dan bercocok tanam dengan pot.Kebocoran pada atap dak beton sering sekali terjadi. Maka perlu pengawasan pada pengecoran dan pemakaian waterproofing pada lapisan atsanya.

Atap Genteng Metal
klik
[Image: Aneka%20GENTENG%20METAL.jpg]

Bentuknya lembaran, mirip seng. Genteng ini ditaman pada balok gording rangka atap, menggunakan sekrup. Bentuk lain berupa genteng lembaran.Pemasangannya tidak jauh berbeda dengan genteng tanah liat hanya ukurannya saja yang lebih besar. Ukuran yang tersedia bervariasi, 60-120cm (lebar), dengan ketebalan 0.3mm dan panjang antara 1.2-12m.

Genteng Aspal
klik
[Image: 5dd060eef9993b3060986835125c2f47.jpg]

Bahan meterial yang satu ini dari campuran lembaran bitumen (turunan aspal) dan bahan kimia lain. Ada dua model yang tersedia di pasar. Pertama, model datar bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka. Multipelks dan rangka dikaitkan dengan bantuan sekrup. Genteng aspal dilem ke papan. Untuk jenis kedua, model bergelombang, ia cukup disekrup pada balok gording.Pemakaian atap kaca semakin popular untuk mendapatkan penerangan alami dalam rumah pada siang hari. Biasa dipakai pada bagian rumah yang tidak mendapatkan cahaya langsung dari jendela atau sebagai aksen yang melengkapi design sebuah rumah. Bentuknya pun bermacam macam, ada yang berbentuk lembaran kaca atau genteng kaca sesuai kebutuhan.

Atap Polycarbonate

klik
[Image: atap-pakai-polycarbonate-300x300.jpg]

Atap ini berbentuk lembaran yang besar sehingga dimungkinkan untuk luasan yang besar tanpa sambungan. Keunggulan polycarbonate lebih ke kualitas material dan besarnya daya reduksi thd radiasi matahari. Biasanya dipakai pada kanopi atau atap tambahan.Pemasangan polycarbonate mudah dan cepat, namun harganya memang lebih mahal dari atap atap lainnya.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan bahan bangunan sekarang ini, masih banyak penutup atap lain yang tidak dapat dijabarkan satu persatu. Semua dapat dipertimbangkan sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia.

Ref
Referensi dan dari berbagai sumber


Silahkan kalau ada yang menambahkan.......Wink
klik
Ingin tahu banyak masalah Kuda-kuda atap silahkan ke thread Tentang Atap
atau ingin tips memilih genteng silahkan ke thread cara memilih genteng untuk atap
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
liquor
19 Feb 2010 15:52    #2

.            .

Nice Inpo Ndan... Top
signature
Lost of FBI Nono
banner
capullet
5 Mar 2010 16:19    #3

Kuncen Mahakam

semakin makin mantab ne arsitek kita.....Top

nice info.....Top
banner
c@stro
10 Mar 2010 06:52    #4

Jendral

Nah ini dia informasi yg mudah dicerna bagi kalangan yg awam Top

Jenis dan tipe atap tergantung kesanggupan dari konsisi keuangan juga ya ndan Grin

Nice share insinyur Tiyok Blah

Nicethread
signature
banner
d3win
5 Oct 2010 12:31    #5

Prajurit

hii .betul polycarbonate terdiri dari beberapa jenis ,perkenalkan kamu sebagai agent tungal importir polycarbonate dijakarta menawarkan produk terbaru kamu yg baru saja launching di Malaysia .denganm ketebalan 2,5 mm solid padat ,lebar 2,1 ,panjang 24,4 dengan 6 warna .Garansi 10 tahun .Dikatakan untuk pengati atap yg berongga karena mudah kotor ,patah dan rusak.
Untuk ket lebih lanjut dan sample silahkan hub:
Dedy
08158182259 ,08176507977
banner
marszque
6 Oct 2010 02:24    #6

Kolonel

@D3win: silahkan anda pasang iklan berikut gambar dan detilnya di http://forumbebas.com/forum-22.html
GRATISSSS!!!!
Cool
banner
ucokfredy
18 Oct 2010 10:44    #7

Pengangguran


walah ada yg promosi... Blah
coba di IJB aja jeng,kl gak masukin ke Sigi... Good

signature
[align=center][font=tahoma][size=large]kita butuh pemimpin yg tegas, cepat, serta melindungi masyarakat
bukan yg diam duduk di pojokan[/font][/size][/align]
banner
owobidub
20 Oct 2010 09:36    #8

Dokter Cinta

kalau ada yang mau menambahkan jenis atap yang baru.....

monggo dipersilahkan...... Wink
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
pekok_banget
25 Jan 2011 14:16    #9

Sertu

Nice thread ndan...Top
banner
YKS
25 Jan 2011 14:31    #10

Kapten

Saya cuma mau nanya buat Ndan Insinyur, kalo atap asbes yang bocor/rembes sebaiknya ditambal pake bahan apa ? Saya sudah coba pake lem bakar(lem lilin), lumayan awet sih, tapi siapa tahu ada bahan yg lebih bagus. Trimakasih
signature
[font=Courier][size=large][color=#0000CD][b][i]Sedang belajar toleransi di FBI[/i][/b][/color][/size][/font]
banner
Oziel ELHuda
25 Jan 2011 14:41    #11

Serda

Ada lagi bos...
ATAP DARI RUMBIA
(tradisional) biasanya buat saung atau rumah-rumah makan.
Rumbia atau disebut juga (pohon) sagu adalah nama sejenis palma penghasil pati sagu. Nama-nama lainnya di pelbagai daerah di Sumatra dan Sulawesi adalah rumbieu, rembie, rembi, rembiau, rambia, hambia, humbia, lumbia, rombia, rumpia. Juga ripia, lipia, lepia, lapia, lapaia, hula atau huda (pada berbagai bahasa di Maluku); ambulung, bulung, bulu, tembulu (Jw.), bhulung (Md.), kiray (Sd.), dan lain-lain.

Dalam aneka bahasa asing dikenal sebagai sagu (Vietnam), sakhu (Thailand), sa:khu’u (Laos), dan Sago Palm (Ingg.). Sementara nama ilmiahnya adalah Metroxylon sagu.

Pohon palma yang merumpun, dengan akar rimpang yang panjang dan bercabang-cabang; tinggi tajuk 10 m atau lebih dan diameter batang mencapai 60 cm. Daun-daun besar, majemuk menyirip, panjang hingga 7 m, dengan panjang anak daun lk. 1.5 m; bertangkai panjang dan berpelepah.

Sebagaimana gebang, rumbia berbunga dan berbuah sekali (monocarpic) dan sudah itu mati. Karangan bunga bentuk tongkol, panjang hingga 5 m. Berumah satu (monoesis), bunga rumbia berbau kurang enak.
banner
owobidub
26 Jan 2011 00:05  (Edit: 26 Jan 2011 00:06 by owobidub.)    #12

Dokter Cinta

(25 Jan 2011 14:31)YKS Wrote:
 
Saya cuma mau nanya buat Ndan Insinyur, kalo atap asbes yang bocor/rembes sebaiknya ditambal pake bahan apa ? Saya sudah coba pake lem bakar(lem lilin), lumayan awet sih, tapi siapa tahu ada bahan yg lebih bagus. Trimakasih


Mula-mula bersihkan sekitar lokasi retak atau bocor pada asbes dari debu dan kotoran. Kemudian oleskan flinkote (semacam dempul untuk bodi mobil) pada area yang bocor. Buat cukup lebar. Kira-kira 3 cm ke samping dari lokasi kebocoran. Setelah itu, lapisi dengan secarik kain perca. Pelapisan ini dilakukan saat kondisi flinkote masih basah. Setelah dilapis kain, pulas lagi dengan plinkote hingga tertutup rapat dan cukup tebal. Biarkan hingga kering.

atau coba kesini om....


semoga bermanfaat..... Smile
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
adnya
2 Feb 2011 09:50    #13

Kapten

TRUS BAGAIMANA CARA PERHITUNGANNYA NIE ??
banner
owobidub
9 Feb 2011 08:33    #14

Dokter Cinta

(2 Feb 2011 09:50)adnya Wrote:
 
TRUS BAGAIMANA CARA PERHITUNGANNYA NIE ??

perhitungan apanya ndan... ?? Confused

pembebanan.. luasan... biaya atau yang lain..?? Confused
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014