Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir



 
  • 82 Vote(s) - 2.89 Average
Tools    New reply


11 Feb 2010 15:12
THE ROCK
Bukan Admin
Posts 14.527
Reputation: 585
Awards:
Pembayar PajakNews GatorMember ChoiceFacebook Network

[Image: mentawai-21.jpg]

Mentawai adalah nama sebuah kepulauan terletak ±150 km di Samudra Hindia yang terdiri dari kelompok pulau utama yaitu Pulau Siberut, Sipora, Kepulauan Pagai Utara, dan Kepulauan Pagai Selatan (masing-masing memiliki pulau-pulau kecil) yang dihuni oleh masyarakat suku Mentawai di lepas pantai Sumatra Barat, sekaligus nama kabupaten.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 601 km² dan populasi 64.235 jiwa. Ibu kotanya berada di Tuapejat. Kabupaten ini terbagi menjadi empat kecamatan dan 40 desa.

[Image: 59493main_mentawai_map_330.gif]

Pulau Mentawai populer dengan gulungan ombaknya yang sangat digemari para peselancar. Oleh berbagai organisasi selancar, ombak di Mentawai dinilai sebagai terbaik ketiga sejagat setelah Hawaii dan Tahiti.
Disebutkan pula bahwa pulau Mentawai mempunyai 400 surf spot,
bagi yg gak bisa surfing... jangan khawatir karna selain ombak yg bagus untuk surfing... disana pantainya juga indah ndan...


Sejumlah tempat tidur busa disimpan di uma atau rumah adat Mentawai di Butui, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Keberadaan barang buatan pabrik itu amat mencolok dibandingkan dengan isi uma lainnya, seperti tengkorak binatang dan peralatan memasak yang semuanya dibuat warga Mentawai.
“Tempat tidur itu untuk para turis. Mereka juga yang membelinya, juga barang lain seperti tas,” kata Aman Jazali, sikerei yang menghuni rumah adat tersebut. Sikerei adalah pemimpin upacara adat.
Menurut Jazali, hampir setiap minggu ada saja turis asing—biasanya dari Amerika dan Eropa—yang menginap 1-2 malam di uma. Ada dua daya tarik di situ: mengalami sendiri kehidupan suku Mentawai yang eksotis serta menikmati aliran Sungai Butui nan jernih serta dikelilingi pasir dan bebatuan putih di depan uma.



Di Mentawai, selancar biasanya dilakukan di Pulau Nyangnyang, Karang Majat, Masilok, Botik, dan Mainuk. Puncak kunjungan wisatawan ada di bulan Juli dan Agustus. Saat itu ketinggian ombak di Mentawai mencapai 7 meter.
”Pulau yang cantik. Saya akan datang ke sini lagi,” kata Andrea, wisatawan dari Italia, tentang Mentawai yang dikunjunginya selama satu minggu.

Cagar biosfer
Selain cantik, Mentawai juga berperan penting bagi konservasi. Sejak tahun 1981, Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) menetapkan Pulau Siberut di Mentawai sebagai salah satu cagar biosfer sehingga keberadaannya harus dilindungi dan dijauhkan dari eksploitasi.
Keeksotisan Siberut ditambah adanya empat primata endemik Mentawai, yaitu simakobu atau monyet ekor babi (Simias concolor), bilou atau siamang kerdil (Hylobates klosii), joja atau lutung mentawai (Presbytis potenziani), dan beruk mentawai (Macaca pagensis).
Untuk meneliti kekayaan primata Mentawai ini, Pusat Primata Universitas Gottingen, Jerman, bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor mendirikan Proyek Konservasi Siberut.
Terabaikan
Namun, berbagai keunggulan itu seolah belum mampu membuat negara untuk melihat Mentawai secara lebih serius. Fasilitas umum seperti kesehatan dan pendidikan di daerah kaya itu umumnya masih terbengkalai. Aliran listrik dan jalan amat terbatas.
”Dinas Pariwisata belum pernah datang ke sini. Jika ada wisatawan yang datang, ya sudah, kami tangani sendiri,” kata Sekretaris Desa Madobag Matheu Sabaggalek.

Akibatnya lebih jauh, warga tidak hanya belum memiliki panduan yang jelas untuk mengelola daerahnya. Sejumlah aset di daerah itu juga mulai dikelola orang asing, seperti resor mewah di sejumlah lokasi selancar. ”Tanah resor itu masih milik warga Mentawai. Namun, karena tidak tahu dan tidak memiliki modal untuk mengelolanya, lalu disewakan ke orang asing,” kata Matheu.
Matheu juga menceritakan, sudah ada turis Kanada yang menawarkan diri untuk memberikan modal menata air terjun Kulu Kubuk yang ada di daerahnya. ”Turis itu sudah menawarkan Rp 25 juta sebagai modal, dan pengelolaannya tetap diserahkan ke kami. Namun, warga yang punya tanah masih belum memperbolehkan,” kata Matheu.
Negara perlu mengatur jangan sampai kekayaan alam ini jatuh ke tangan asing, antara lain membekali kemampuan masyarakat setempat mengelola kawasan mereka. Jika tidak, kekayaan alam Mentawai nan cantik ini sangat mungkin diserahkan pengelolaannya ke tangan asing. Bila demikian, apa arti makna kehadiran negara Indonesia di Mentawai?

FOTO-FOTO NYA ADA DIBAWAH:






signature
newcomer

11 Feb 2010 15:14
chelseafc
Lettu
Posts 682
Reputation: 30
Awards:

Think

dibawah mana fotonya???

11 Feb 2010 15:15
THE ROCK
Bukan Admin
Posts 14.527
Reputation: 585
Awards:
Pembayar PajakNews GatorMember ChoiceFacebook Network

[Image: 01a.jpg]
[Image: 02a.jpg]
[Image: 03a.jpg]
[Image: 07a.jpg]
[Image: 10a.jpg]
[Image: 12a.jpg]
[Image: 13a.jpg]
[Image: 17a.jpg]
[Image: 20a.jpg]
[Image: 23a.jpg]






signature
newcomer

11 Feb 2010 15:16
THE ROCK
Bukan Admin
Posts 14.527
Reputation: 585
Awards:
Pembayar PajakNews GatorMember ChoiceFacebook Network

disini masih banyak keterangan lainnya:
http://mentawaisyndicate.com/index1.html






signature
newcomer

11 Feb 2010 15:43
roy2010
Lettu
Posts 786
Reputation: 62
Awards:

indah sekali ndan......praise Lord

11 Feb 2010 16:34
chelseafc
Lettu
Posts 682
Reputation: 30
Awards:

jadi pengen mengunjungi.....Thanks

11 Feb 2010 17:14
perugiana_fachri
Letjen
Posts 7.698
Reputation: 393
Awards:
Facebook NetworkFBI ManiaAnti Child Po rnCharityBlood Donation

ini mentawainya atau sikuwainya?coz mentawai kayak 1000island...ini pulau yg dimana?namanya?

11 Feb 2010 18:38
elec
Bukan MOMOD
Posts 11.694
Reputation: 971
Awards:
Pembayar PajakAnti Child Po rnFacebook NetworkMember Telah DewasaFBI FansGood CitizenCharitySigi

indah banget ndan

asyik banget tuh kalo sekali-kali liburan ke sana

Big GrinBig GrinBig Grin

11 Feb 2010 18:40
c@stro
Jendral
Posts 15.222
Reputation: 1075
Awards:
Pembayar PajakFBI FansFacebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rn

Mentawai Island Top






signature

12 Feb 2010 17:31
yahuda3
Jendral
Posts 11.058
Reputation: 333
Awards:
News Gator

Indah sekali. Terutama yang ini.

(11 Feb 2010 15:15)THE ROCK Wrote:
 
[Image: 07a.jpg]






signature
Don't say: I need Indonesia, instead say it proudly:
[color=#FF0000][size=x-large]Indonesia needs me[/size][/color]

13 Feb 2010 12:20
Bo_JeSS
Penunggu Kamar Basah
Posts 19.705
Reputation: 1504
Awards:
Anti Child Po rnFacebook NetworkMember Telah DewasaPembayar PajakBlood DonationFBI ManiaSigiCharityPahlawan

keren sekali pulau nya..
coba ada duit..

14 Feb 2010 12:20
arie86
Kopda
Posts 60
Reputation: 2
Awards:

buset bagus bener....

17 Feb 2010 14:04
capunkempank
Mayjen
Posts 7.278
Reputation: 315
Awards:
Pembayar PajakBlood Donation

wach... keren buanget.... tuh pulau... TopTopTop
kapan yach.... bisa ksana, pasti seru abis..... GrinGrin

22 Feb 2010 09:43
vj_qiqizoe
Kopda
Posts 76
Reputation: 1
Awards:

Jadi pengen kesana aQ....

Ntar dech klo' ada liburan panjang....
Syapa mw ikot...???

25 Feb 2010 10:05
noel_dany
Kopka
Posts 116
Reputation: 0
Awards:

Gita kan udah bilang....tak perlu keliling dunia...
yang perlu adalah keliling Indonesia...
Thx God for my beautiful Indonesia


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram