Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir



 
  • 69 Vote(s) - 2.84 Average
Tools    New reply


20 Jan 2010 22:25
ucokfredy
Pengangguran
Posts 7.587
Reputation: 550
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkAnti Child Po rnFBI Fans

[Image: _41548828_scaffold1_416x300.jpg]

Berikut beberapa panduan dalam penggunaan perancah di tempat kerja ;

1. Perancah harus dibuatkan untuk semua pekerjaan, yang tidak bisa dijamin keamanannya bila dikerjakan secara aman pada suatu ketinggian dan / atau setiap ketinggian pekerjaan yang melebihi 2 meter harus menggunakan perancah yang memenuhi standar.
2. Papan untuk perancah harus tahan retak atau pecah.
3. Paku harus mempunyai panjang dan tebal yang cukup.
4. Paku besi yang getas (cast iron) tidak boleh digunakan.
5. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan perancah harus disimpan dengan baik dan jauh dari material yang berbahaya.
6. Perancah harus dihitung dengan faktor pengaman (safety factor) sebesar 4 kali beban maksimal.
7. Perancah harus diberi tangga pengaman untuk tempat berjalan dan lain-lain fasilitas yang aman.
8. Perancah harus cukup diberi penguat (Brace).
9. Semua kerangka berdirinya perancah bangunan harus berdasarkan standard konstruksi; mempunyai pondasi yang kuat dan cukuup tertanam dan diberi penguat untuk kesetabilan.

[Image: bagian%20scaffolding.jpg&width=3...quality=80] [Image: scaffolding1.gif&width=300&a...quality=80]

10. Batu bata, pipa yang rusak, bahan pembuat cerobong asap dan bahan-bahan lain yang tidak semestinya dipakai untuk penahan perancah, tidak boleh dipakai.
11. Paku-paku harus ditanam penuh, tidak boleh separuh dan kemudian dibengkokkan.
12. Paku tidak boleh menerima gaya tegangan langsung.
13. Tali baja yang digunakan untuk perancah, tidak boleh terkena asam atau bahan kimia, yang memudahkan keadaan korosi (karat) dan bahan ini tidak boleh digunakan, untuk tali perancah kayu yang terbuat dari serat tidak dapat digunakan atau yang dapat mengundang bahaya.
14. Bila terpaksa menggunakan perancah kayu karena ketiadaan perancah yang terbuat dari besi/pipa, maka pemilihan bahan harus berurat lurus, padat, tidak ada mata kayu yang besar-besar, kering tidak membusuk, tidak ada lubang ulat dan lain-lainya yakni tidak ada kerusakan yang dapat membahayakan runtuhnya susunan perancah.
15. Untuk perancah yang berdiri sendiri harus terdiri atas gelagar memanjang dan melintang yang dihubungkan dengan kuat pada tiang penyanggah, ke atas atau ke samping, bergantung pada pemakaiannya untuk menjamin kesetabilan sampai perancah dapat dilepas.
16. Setiap bagian dari perancah harus diperiksa sebelum dipasang.
17. Setiap bentuk dan komposisi perancah harus diperiksa sebelumnya oleh petugas K3L untuk meyakinkan:

a. dalam kondisi yang stabil
b. bahan yang dipakai tidak rusak
c. cukup baik untuk digunakan, dan
d. sudah diberi pengaman.

18. Pemeriksaan perancah harus dilaksanakan oleh petugas K3L dan didokumentasikan:

a. sedikitnya seminggu sekali
b. sesudah cuaca buruk, atau gangguan dalam masa pembangunan yang agak lama

19. Setiap bagian harus dipelihara dengan baik dan teratur sehingga tidak ada yang rusak atau membahayakan waktu dipakai.
20. Perancah tidak boleh sebagian dibuka dan ditinggal terbuka, kecuali kalau hal itu tetap menjamin keselamatan.
21. Perancah yang tidak bebas harus dikaitkan ke bangunan dengan sistem jepit (rigid connections) yang kuat dengan jarak tertentu.
22. Perancah yang tidak boleh terlalu tinggi di atas angker yang tertinggi, karena dapat membahayakan kesetabilan dan kekuatannya.
23. Pada waktu mengangkat perlengkapan yang digunakan pada perancah:

a. Bagian-bagian dari perancah harus diperiksa dengan cermat dan kalau perlu diperkuat.
b. Setiap penggeseran dan penyanggah ( putlog ) harus dicegah.
c. Tiang penyanggah harus dihubungkan erat pada bagian bangunan yang kuat, di tempat alat pengangkat dipasang.

24. Dalam melakukan kegiatan pemasangan perancah dan pembongkaran perancah hanya boleh dilakukan oleh petugas yang telah memiliki keahlian dalam pekerjaan perancah dan wewenang dalam melakukan kegiatan tersebut.
25. Setiap tahapan pekerjaan perancah harus mengikuti urutan sesuai ketentuan teknis yang telah ditentukan oleh petugas yang mempunyai wewenang.
26. Tahapan atau urutan yang dibuat oleh tenaga teknis berkeahlian pekerjaan perancah harus di dokumentasikan.

a. Tenaga ahli perancah yang mempunyai sertifikat perancah dan / atau
b. Petugas K3L khusus perancah/petugas K3L konstruksi

klik
mudah2an bisa bantu ya untuk masalah ini... Top







signature
[align=center][font=tahoma][size=large]kita butuh pemimpin yg tegas, cepat, serta melindungi masyarakat
bukan yg diam duduk di pojokan[/font][/size][/align]

20 Jan 2010 22:46
owobidub
Dokter Cinta
Posts 13.512
Reputation: 853
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnCharityBlood DonationFBI ManiaPembayar PajakGood Citizen

Nicethread Nicethread

mantabz ndan........Top

apalagi untuk gedung-gedung bertingkat......cocok banget...... Top






signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]

20 Jan 2010 23:01
ucokfredy
Pengangguran
Posts 7.587
Reputation: 550
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkAnti Child Po rnFBI Fans

yup cm nambahin biasanya scafol bwat rumah konstruksinya kayu atau nama kerennya steger... Blah







signature
[align=center][font=tahoma][size=large]kita butuh pemimpin yg tegas, cepat, serta melindungi masyarakat
bukan yg diam duduk di pojokan[/font][/size][/align]

27 Jan 2010 14:54
demonedic
Purnawirawan
Posts 5.130
Reputation: 323
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnPembayar PajakFBI ManiaSigi

(20 Jan 2010 23:01)ucokfredy Wrote:
 
yup cm nambahin biasanya scafol bwat rumah konstruksinya kayu atau nama kerennya steger... Blah


soalnya kalo mau bikin yang dari besi, bisa nambahin modal lagi. Setelah bangunan jadi kan trus nganggur tuh scaffold.

Bisnis baru nih, sewa scaffold Grin

27 Jan 2010 19:12
ucokfredy
Pengangguran
Posts 7.587
Reputation: 550
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkAnti Child Po rnFBI Fans

(27 Jan 2010 14:54)demon-edge Wrote:
 
soalnya kalo mau bikin yang dari besi, bisa nambahin modal lagi. Setelah bangunan jadi kan trus nganggur tuh scaffold.

Bisnis baru nih, sewa scaffold Grin

bener ndan, emang lumayan bisnis scafolding...
tp syaratnya punya banyak kenalan dalam bidang konstruksi terutama kontraktor...







signature
[align=center][font=tahoma][size=large]kita butuh pemimpin yg tegas, cepat, serta melindungi masyarakat
bukan yg diam duduk di pojokan[/font][/size][/align]


   New reply




User(s) browsing this thread:
2 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram