Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir



 
  • 52 Vote(s) - 2.79 Average
Tools    New reply


12 Jan 2010 17:17
gusrus
Pejuang Keadilan
Posts 1.576
Reputation: 237
Awards:
Pembayar PajakFacebook Network

Tubuh kita terdiri dari berbagai organ yang saling bekerja sama untuk menyelesaikan tugasnya. Dan pastinya, dari berbagai jenis organ, tentu masing2 punya keunikan sendiri.

1. Tulang terpanjang dan terbesar: Femur (tulang paha)
[Image: femur.jpg]
femur a. k. a. tulang paha merupakan tulang terpanjang sekaligus terbesar di dalam tubuh manusia. tulang ini juga, bersama dengan tulang temporal, merupakan tulang terkuat di tubuh. panjang femur pada orang dewasa rata2 adalah 48 cm, dan diameternya 2.34 cm. femur mampu menahan beban hingga 30 kali berat orang dewasa

2. Tulang terkuat: Tulang temporal dan femur
[Image: Illu_cranial_bones2.jpg]
meskipun relatif kecil dan perawakan gepeng, tulang temporal memiliki predikat yang bisa dibanggakan dibanding saodara2nya sesama tulang, yaitu (bersama femur) merupakan tulang terkuat di tubuh kita. wajar saja tulang ini harus kuat, karena dia memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga isi kepala

3. tulang terkecil dan teringan: tulang saggurdi (stapes bone)
[Image: auditory-ossicles.jpg]
[Image: e_13.gif]
Tulang sanggurdi (stapes bone) merupakan salah satu dari tiga tulang pendengaran. dua lagi adalah tulang martil (maleus bone) dan tulang landasan (incus bone). Tulang sanggurdi berfungsi untuk meneruskan getaran suara ke organ telinga dalam (cochlea)

4. otot terbesar: gluteus maximus (otot bokong :hammerSmile
[Image: GluteusMaximus.gif]
bokong kita selain diisi sama lemak (yang bikin pantat jadi empuk :hammerSmile juga diisi oleh otot terbesar di tubuh. salah satu fungsi otot ini adalah menegakkan tubuh bagian atas kita

5. otot terkuat: quadriceps femoris (otot paha)
[Image: Quadriceps.jpg]
merupakan otot paha bagian depan. Terdiri dari 4 bagian (quad) otot. dan salah satu fungsinya adalah untuk berjalan

6. otot terkecil: stapedius (otot pada tulang sanggurdi)
[Image: Musculusstapedius.png]
otot ini terletak di bagian dalam telinga. dia menempel pada tulang sanggurdi (stapes) dan berfungsi sebagai pelindung telinga kita dari kerusakan akibat suara keras

7. organ dalam terbesar dan terberat: hati/liver
[Image: Liver.jpg]
merupakan organ yang berfungsi sebagai penangkal racun kita. kerusakan hati dapan menimbulkan berbagai macam penyakit karena penumpukan toxin di dalam tubuh. berat dari liver bisa nyampe 1.5 kilo

8. organ luar terbesar dan terberat: kulit
[Image: 19679.jpg]
organ yang satu ini udah jelas gedenya. soalnya, dari luasnya aja bisa nyampe 2 meter persegi dan beratnya bisa nyampe 6 kiloan,
selain berfungsi melindungi, kulit juga berfungsi sebagai penghasil vitamin D yang berasal dari hasil reaksi lemak di bawah kulit dan sinar matahari

9. organ terkecil: kelenjar pineal (pineal gland)
[Image: slide0008_image017.jpg]
organ ini terletak di bagian otak tengah. mempunya ukuran kira2 hanya 8mm. namun begitu, organ ini tetep memegang peranan penting dalam tubuh kita yaitu sebagai regulasi sistem tubuh

bersambung....






signature
" Jangan Menyerah, Hidup ini adalah Anugerah........" :top

[align=center]http://dutablogger.com/gusrus[/align]

12 Jan 2010 17:18
gusrus
Pejuang Keadilan
Posts 1.576
Reputation: 237
Awards:
Pembayar PajakFacebook Network

10. pembuluh darah terbesar: aorta (untuk pembuluh nadi) dan inferior vena cava (untuk pembuluh balik)
[Image: Normal_Aorta.jpg]
[Image: 1097.jpg]
pembuluh nadi (arteri) ini diameternya bisa nyampe 3.6 cm dan terletak langsung di atas jantung

inferior vena cava
[Image: Inferiorvenacava_.png]
pembuluh balik (vena) ini diameternya bisa sampe 2.5 cm, dan letaknya persis di belakang, bawah jantung.

11. Otot terpanjang: Sartorius Muscle (otot paha bagian dalam)
[Image: anterior-view-thigh_~3D702004.jpg]
otot ini menyilang dari bagian luar paha ke bagian dalam dan fungsinya untuk menggerakkan tungkai. panjang bisa mencapai 60 cm

12. Otot terluas permukaannya: Latissimus Dorsi (otot punggung bawah)
[Image: posterior-view-both_~3D508003.jpg]
dengan mengkover hampir sebagian besar punggung, latissimus dorsi pantas menyandang predikat ini. fungsinya adalah untuk menggerakkan lengan

13. Otot terkuat (kategori "gaya yang diberikan per satuan luas"): Masseter (otot pengunyah)
[Image: masseter-muscle_~MM103009.jpg]
otot terkuat kategori "gaya yang diberikan secara keseluruhan", sekarang kalo diliat secara ukuran, maka masseter ini mempunyai predikat paling kuat. karena dengan ukurannya yang relatif mungil, otot ini mampu mengeluarkan gaya sebesar 4700 N (442 Kg)

14. Sel terbesar: Sel Telur Wanita (Ovum cell)
[Image: _file_makingdata_files_20050324_ovum_1.jpg]
sel telur ini jadi yang paling besar krn ukurannya bisa nyampe 200 mikrometer (0.2 mm) sedangkan ukuran rata2 sel adalah 10 mikrometer (0.01 mm). dengan ukuran yang demikian, sel telur memungkinkan untuk dilihat dengan mata telanjang

15. Sel terkecil: Sperma Pria (sperm cell)
[Image: 04b_sperm_cell.jpg]
nah, pasangannya dari si jumbo adalah si kecil ini, ukurannya cuma seperseratus dari sel telur wanita, yaitu 2.5 - 3.5 micrometer (0.0035 mm). namun biar mungil begitu, sell ini termasuk kuat karena mampu bertahan hidup dalam lingkungan yang asing (rahim wanita maksudnya ) dalam beberapa hari.

16. Sel terpanjang: sel syaraf (Nerve cell)
[Image: Nervenzelle_is_glossar.jpg]
sel ini punya predikat terpanjang karena untuk satu sel, sael syaraf bisa mencapai 2 meter. fungsinya sebagai "alat komunikasi" antar organ

17. Organ terpanjang: usus halus (small intestine)
[Image: SmallIntestine.jpg]
meskipun badan kita cuma kira2 1.7 meter, tapi usus halus (yang dipanjangkan dalam keadaan relaksasi) mampu mencapai 7 meter. fungsinya buat nyerap sari2 makanan yang makan

18. Organ paling kompleks: otak (brain)
[Image: 080418-human-brain-02.jpg]
organ yang satu ini gausah ditanyain lagi deh ke-kompleks-annya.. dengan ukuran segitu, dia mampu mengatur semua sistem si dalam tubuh, dan menerima rangsang dari semua bagian tubuh.
Kenapa otak berbentuk lipatan2? karena pada saat pertumbuhan manusia, saat tulang tengkorak berhenti berkembang, otak terus berkembang hingga ruangannya penuh, sehingga otak "memperluas permukaannya" dengan membentuk lipatan2.






signature
" Jangan Menyerah, Hidup ini adalah Anugerah........" :top

[align=center]http://dutablogger.com/gusrus[/align]

12 Jan 2010 17:28
mastermime
Jendral
Posts 10.838
Reputation: 643
Awards:
FBI FansFacebook NetworkPahlawan

nice info nih...

mod, kopi ke IS ya, makaci...

btw, selama ini gw kira gigi tulang terkuat dan lidah otot terkuat....






signature
[size=large][align=center]truth is the agreement of knowledge with its object
[color=#FFA500]If no one agreed with your theory, then it's not true
[/size][/color]

[/align]

12 Jan 2010 17:37
c@stro
Jendral
Posts 15.222
Reputation: 1075
Awards:
Pembayar PajakFBI FansFacebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rn

Ndan Gusrus thread di pindah ke IS Shy

Keep Posting Top






signature


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram