Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir


 
  • 71 Vote(s) - 2.93 Average
Tools    New reply


1 Jan 2010 21:18
Norsanti
Serma
Posts 366
Reputation: 76
Awards:

ember (beritajatim.com) - Awalnya adalah sebuah foto di tahun 1997. Seorang reporter jaringan internasional baru saja kembali dari Kalimantan, dan ia membawa sebuah foto kepala terpenggal. Hari itu, tak ada satu pun media massa Indonesia yang memuat foto seperti itu.

Richard Lloyd Parry, jurnalis surat kabar Inggris, Times, menggambarkan perasaannya dalam buku In The Time of Madness (2005), saat melihat foto itu: "Kepala itu tergeletak di tanah...Lebih terasa absurd daripada kejam."

Parry memilih terbang ke Kalimantan, meninggalkan keriuhan kampanye pemilu. Di sana, perburuan manusia dalam arti sebenarnya tengah terjadi: orang-orang Dayak memburu kepala orang-orang Madura, tak peduli laki-laki, perempuan, dewasa, atau anak-anak. Parry menuju Pontianak, Kalimantan Barat, tempat pemukiman warga Madura dibumihanguskan.

Di Pontianak, Parry bertemu dengan dua pendeta: Anselmus dan Andreas. "Mereka penonton yang tak berdaya," kata Parry kepada saya, dalam sebuah wawancara melalui surat elektronik. Mereka memang selalu mengajarkan kedamaian dan larangan Tuhan untuk membunuh. Namun dalam sebuah konflik yang berskala luas, ajaran damai itu tak lagi didengar.

Meledaknya perseteruan Dayak melawan Madura lebih banyak disebabkan oleh kabar-kabar tak jelas. Tanggal 29 Januari 1997, beredar kabar dua pria Madura mendobrak masuk tempat dua gadis Dayak, yang tengah berbaring di tempat tidur di tepi kota Pontianak. Kedua gadis itu dianiaya dan pakaian tidur mereka dikoyak dengan arit. Sejak saat itu, peperangan pun dimulai.

Kendati orang-orang Dayak menyerang warga Madura dan rumah-rumah mereka, mereka tidak membakar masjid dan kantor milik pemerintah. Mengutip keterangan salah satu narasumbernya, Parry menulis dalam bukunya, warga Dayak tak ingin pergolakan antaretnis itu berubah menjadi perang antar pemeluk agama Islam dan Kristen. Mayoritas warga Dayak beragama Nasrani. Mereka juga tak mau berhadapan dengan pemerintah, gara-gara merusak fasilitas negara.

Mereka juga tidak menjarah barang. "Mereka bukan orang kaya. Tapi kalau mereka menemukan mobil atau perabotan bagus, mereka membakarnya," tulis Parry dalam In The Time of Madness. Buku ini tiga tahun kemudian diterbitkan dalam bahasa Indonesia dengan judul Zaman Edan.

Parry juga mengungkapkan adanya ilmu hitam dalam konflik itu. Mengutip Romo Kristoff, seorang pendeta, orang Dayak yang kesurupan roh perang Kamang Tariu akan kebal tubuhnya. Orang Dayak itu juga tak mengenal capek. Namun, "ia harus makan darah."

Kepada saya, Parry mengatakan, tidak suka menggunakan kata 'evil' (jahat) untuk menjelaskan fenomena di Kalimantan itu. "Kekerasan terjadi karena ketidakadilan yang terjadi selama berdasawarsa-dasawarsa oleh pemerintah Indonesia terhadap orang Dayak," katanya. Ini menyebabkan orang Dayak merasa pilihan mereka satu-satunya adalah kekerasan. Tuduhan adanya provokator di balik terjadinya kekerasan itu hanya digunakan oleh orang yang tidak berani menghadapi alasan kekerasan sebenarnya.

Dari hasil reportasenya di Kalimantan, Parry menulis artikel berjudul What Young Men Do, dimuat di koran Times dan di Majalah Granta. Ia dihujani surat kecaman dari berbagai organisasi hak asasi manusia, yang tak percaya telah terjadi pembantaian warga Madura oleh warga Dayak di Kalimantan.

Tahun 1999, Parry kembali mendatangi Kalimantan. Kali ini ia meliput konflik yang melibatkan etnis Madura, Dayak, dan Melayu. "Saya kembali ke Kalimantan Barat, dan nyaris menjadi seorang kanibal pula," tulis Parry dalam bukunya.

Parry datang tepat pada waktunya, saat konflik memanas. Parry menulis: 'Situasinya sudah sangat buruk. Semua bersiap melakukan pembantaian. Sepanjang jalan pantai... orang Melayu sedang bergerak...menyisir perkampungan orang Madura. Di pedalaman, pasukan perang Dayak juga berkumpul. Dan terjebak di tengahnya adalah puluhan ribu orang Madura'.

Di sebuah desa Madura, Suka Ramai, Parry merasakan tubuhnya bergidik. Sepetak jalan lengket oleh darah. Seorang bocah memamerkan sepotong lengan yang terluka di bagian siku. Lengan manusia. Seluruh jari di potongan lengan itu telah terlepas. Tulang dan otot mencuat.

Bau rumah terbakar membubung di udara. Di desa itu ada sebuah warung sate, dengan arang yang membara di tempat pembakaran daging sate. Di tengah-tengah tempat pembakaran sate itu, sebatang tulang paha manusia terpanggang.

Seorang pria berikat kepala kuning mendekati Parry. Jari-jemarinya yang berminyak memegang setusuk sate daging berserat setengah matang. "Silakan," ia menawarkan sate itu kepada Parry.

Budi, warga lokal pemandu Parry, dengan panik mengajak Parry segera pergi. "Enak seperti ayam," kata pria yang memaksa Parry untuk memakan sate itu.

Si tukang sate Melayu menarik baju Parry. Parry berjuang keras untuk menampik tawaran itu. "Seberapa dekatkah saya dengan seorang Kanibal," pikiran itu sempat terbetik di benak Parry.

Sopir berhasil menyalakan mesin jip yang ditumpangi Parry. Orang-orang itu masih saja berteriak menawarkan sate daging manusia kepada Parry. Namun jip segera melaju, meninggalkan mereka.

Beberapa tahun kemudian, setelah In The Time of Madness terbit, saya melayangkan surat elektronik kepada Parry. Saya menanyakan perasaannya sebagai jurnalis saat itu, menyaksikan kepala-kepala yang terpenggal.

"Saya merasa takjub, grogi (kendati secara pribadi tidak pernah merasa terancam), terpesona -- dan merasa malu dengan keterpesonaan itu. Jujur saja, saya merasa istimewa berada di sana," kata Parry.

Bersimpati kepada korban? "Tentu saja saya merasa bersedih, kendati saya tak pernah bertemu mereka saat hidup atau melihat mereka menderita, sulit untuk menjelaskannya sebagai rasa simpati personal," kata Parry kepada saya.

Parry mencoba meliput peristiwa itu dan menuliskannya secara adil. Namun ia tidak percaya seorang manusia bisa bersikap objektif, kendati sudah berupaya keras untuk itu. "Tujuan saya adalah mendeskripsikan apa yang terjadi, dan juga mendeskripsikan bagaimana rasanya berada di sana," katanya. [wir]

Sumber
http://beritajatim.com/detailnews.php/8/...alimantan_






signature
[b][i][size=xx-large][font=Courier][color=#9400D3]F[/color]UNNY,,,[color=#FF1493]B[/color]EAUTY,,,G[color=#0000CD]I[/color]RLY[/font][/size][/i][/b]

1 Jan 2010 22:29
novalnd
Brigjen
Posts 4.606
Reputation: 232
Awards:
Facebook NetworkFBI ManiaCharity

tragedi sampit, ana pernah berkunjung ke daerah tersebut tepat pada saat kejadian,,,

susah dijelaskan dengan kata-kata...






signature
Daftar [url=https://www.cimbclicks.co.id/ib-cimbniaga/Login.html]Internet Banking CIMB[/url] [b]bila berkenan masukin di kolom refferal CN007268[/b] Blah

1 Jan 2010 22:32
owobidub
Dokter Cinta
Posts 13.514
Reputation: 853
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnCharityBlood DonationFBI ManiaPembayar PajakGood Citizen

sedih juga kalo ingat kejadian di sampit.......






signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]

1 Jan 2010 22:35
Cah_TERATE
Lettu
Posts 848
Reputation: 15
Awards:

sampit.........................
memilukan ...........................
tragis..........................................




borneo

1 Jan 2010 23:52
Kagendra
Mayor
Posts 1.485
Reputation: 200
Awards:
Facebook Network

(1 Jan 2010 22:29)novalnd Wrote:
 
tragedi sampit, ana pernah berkunjung ke daerah tersebut tepat pada saat kejadian,,,

susah dijelaskan dengan kata-kata...

sgtu sshx y ndan jd g bsa di ungkpkn am kta2...........

Emng sh kjdian sampit dlu bnr2 trgis n mmilukan..............






signature
[color=#FF0000][size=large][B]HENDAKNYA SEBELUM MEMULAI SEMUA PEKERJAAN KITA
ALANGKAH BAIKNYA TERLEBIH DULU UCAPKANLAH KATA BASMALLAH[/B][/size][/color] Respect

2 Jan 2010 00:17
./Mr.Kurosaki
Shinigami
Posts 5.590
Reputation: 323
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rnFBI FansGood CitizenSigiPayPal DonaturPahlawan

kalo urusan daging ama ndan wawan_evilz aj....

2 Jan 2010 07:39
novalnd
Brigjen
Posts 4.606
Reputation: 232
Awards:
Facebook NetworkFBI ManiaCharity

(2 Jan 2010 00:17)PoconG_RebuS Wrote:
 
kalo urusan daging ama ndan wawan_evilz aj....

Sumanto mah kelainan jiwa Sob, dan maennya solo. Nah ini pada waras semua, berjemaah pula...

kalau ente liat sendiri, 3 hari ana hilang selera makan dan kalau melangkah jalan macam ngak punya lutut.

yg perlu diklarifikasi adalah, tragedi tersebut murni konflik etnis. Sempat ada isu konflik agama, tapi ngak terbukti. Nyatanya warga banjar dan lainnya yg muslim macam ana ngak mereka usik.

ini aib yg sulit buat dilupakan buat bangsa kita.






signature
Daftar [url=https://www.cimbclicks.co.id/ib-cimbniaga/Login.html]Internet Banking CIMB[/url] [b]bila berkenan masukin di kolom refferal CN007268[/b] Blah

2 Jan 2010 08:31
IZI_@
Kapten
Posts 1.098
Reputation: 86
Awards:
Facebook NetworkAnti Child Po rn

Isu SARA ini di indonesia sangat muda untuk dipropokasi.






signature
[font=Verdana][color=#32CD32]Hari ini sebelum engkau berpikir untuk mengucapkan kata-kata kasar, ingatlah akan seseorang yang tidak bisa berbicara.
[/color][/font]

2 Jan 2010 08:39
oifals
jendral kancil
Posts 9.702
Reputation: 920
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkFBI FansAnti Child Po rnCharityFBI CareSpam Killer

kenapa hal yang sudah berlalu ini masih diangkat oleh orang luar,,,?

kenapa hal yang memilukan ini harus di kenang lagi?

ada maksud apa ini?

apa udah ga ada berita yang baik lagi di indonesia ?

2 Jan 2010 08:53
Norsanti
Serma
Posts 366
Reputation: 76
Awards:

Thanks
udah nge-post ya temen2,,,,,,
Top






signature
[b][i][size=xx-large][font=Courier][color=#9400D3]F[/color]UNNY,,,[color=#FF1493]B[/color]EAUTY,,,G[color=#0000CD]I[/color]RLY[/font][/size][/i][/b]

2 Jan 2010 09:08
kaiser
Kapten
Posts 948
Reputation: 63
Awards:

beneran neh??
setau gw kerusuhan dayak-madura itu di sampit aja... sampit itu di kalimantan tengah...bukan di kalbar...
gw asli org kalteng...tp ga menemukan seperti itu...walau memang waktu tragedi sampit bnr2 mencekam...gw tinggal 4-5jam dari sampit.

2 Jan 2010 10:27
andy_ukt
Kolonel
Posts 4.132
Reputation: 372
Awards:
Pembayar PajakFacebook NetworkMember Telah DewasaAnti Child Po rnFBI ManiaCharity

masih terbayang d ingatan ane...d saat konflik terjadi kebetulan ane d lokasi kejadian kebetulan lagi cuti kerja bermaksud untuk liburan menengok ortu....ngeri....mencekam...akal sehat manusia sejatinya sudah terlupakan...

semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini d indonesia...kita semua bersaudara...

mengingatkan kita semua betapa arti pentingnya 1 pepatah yg mungkin sudah terlupakan

"dimana bumi dipijak...disitu langit d junjung"

saling hormat menghormati dan saling menghargai dimana kita berada...



salam hormat buat FBI'ers



andy_ukt

2 Jan 2010 10:36
yans-januar
Be A Good Father
Posts 1.339
Reputation: 251
Awards:
Facebook NetworkMember Telah DewasaPembayar Pajak

gw liat film nya malahan.. bikin napsu makan ilang bener






signature
[align=center][b][size=x-large][url=http://lionews.com/rcti-online-nonton-rcti-live-streaming.html]Nonton TV Online Yuk[/url][/size][/b][/align]

2 Jan 2010 12:33
DoD
I am back..
Posts 12.078
Reputation: 421
Awards:
Pembayar PajakPahlawanSpam Killer

tumben nih wartawan bisa selamat di kancah pertempuran waktu itu?
harusnya dia dapat pulitzer tuh. Tragedi sampit kalau mau cari videonya di youtube ada ratusan.
ngeri, lebih mengerikan dari perang universal manapun di dunia ini.
kalau orang barat tahu video tersebut, merinding takut sama orang Indonesia.






signature
[b]Asolole!!![/b] Grin
[s]Jangan ada rahasia di antara kita[/s] - Anda tak perlu tahu semuanya!
[url=http://www.forumbebas.com/user-309.html]Follow Me, for News Update[/url]

2 Jan 2010 12:41
novalnd
Brigjen
Posts 4.606
Reputation: 232
Awards:
Facebook NetworkFBI ManiaCharity

(2 Jan 2010 12:33)Dod Wrote:
 
tumben nih wartawan bisa selamat di kancah pertempuran waktu itu?
harusnya dia dapat pulitzer tuh. Tragedi sampit kalau mau cari videonya di youtube ada ratusan.
ngeri, lebih mengerikan dari perang universal manapun di dunia ini.
kalau orang barat tahu video tersebut, merinding takut sama orang Indonesia.

sepertinya sudah dihapus Ndan, banyak versi... yg paling serem versi video autopsi RS. lokal di sana. Mending di restrict aja dokumentasinya, kalo di publish takut buka luka lama...






signature
Daftar [url=https://www.cimbclicks.co.id/ib-cimbniaga/Login.html]Internet Banking CIMB[/url] [b]bila berkenan masukin di kolom refferal CN007268[/b] Blah


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram