5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi air kelapa (Foto: BBC Good Food)



Kesegaran dan kenikmatan air kelapa adalah salah satu pilihan minuman yang dipilih orang-orang saat merasa haus dan gerah di hari yang panas.

Selain menawarkan rasa yang segar, air kelapa tentu memiliki berbagai macam khasiat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut merupakan beberapa manfaat dari air kelapa yang dapat berguna bagi tubuh yang dilansir dari Healthline:

1.       Sumber yang baik bagi nutrisi tubuh

Air kelapa yang terbentuk secara alami di dalam buah mengandung 94 persen air dan hanya sedikit lemak. Berbeda dengan susu kelapa atau santan yang hanya mengandung 50 persen air dan lemak dalam jumlah tinggi.

Kelapa membutuhkan waktu 10 sampai dengan 12 bulan untuk benar-benar matang. Sedangkan, air kelapa pada umumnya terbentuk pada kelapa muda yang baru berusia 6 atau 7 bulan.

Kelapa hijau biasanya dapat menghasilkan 0.5-1 cup air kelapa. Dalam 1 cup atau sekitar 240 ml air kelapa terkandung 46 kalori, karbohidrat, serat, protein, vitamin C dan magnesium.

2.       Bersifat sebagai antioksidan

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam air kelapa dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas pada umumnya dapat merusak jaringan sel dalam tubuh dan meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

3.       Mengurangi diabetes

Para peneliti menyatakan bahwa kandungan yang terdapat di dalam air kelapa dapat mengurangi tingkat gula darah yang terlalu tinggi.

Pada studi tersebut, peneliti menemukan bahwa hewan yang diberi konsumsi air kelapa memiliki tingkat hemoglobin A1c yang lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa gula darah normal terkontrol.

4.       Mencegah batu ginjal

Mengonsumsi banyak cairan dapat membantu mencegah terkena penyakit batu ginjal secara umum. Namun, meski air mineral biasa merupakan pilihan yang tepat, suatu studi menemukan bahwa air kelapa bahkan dapat berkhasiat lebih baik.

Batu ginjal akan terbentuk pada saat kalsium, oksalat, dan senyawa yang lainnya bergabung dan membentuk kristal di dalam urine.

5.       Baik untuk kesehatan jantung

Diketahui bahwa dengan meminum air kelapa setiap harinya dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Air kelapa mampu untuk mengurangi kolesterol darah dan trigliserida.

 

Sumber: Berita Kesehatan CNNIndonesia.com

Tagged:
Sign In or Register to comment.