Aquilarhinus, Penemuan Dinosaurus Herbivora Terbaru Berumur 80 Juta Tahun


Dinosaurus paruh bebek Aquilarhinus Palimentus (Foto: ICRA Art)


Aquilarhinus Palimentus atau dikenal sebagai Hadrosaurid, merupakan spesies dinosaurus herbivora terbaru yang ditemukan oleh ilmuwan. Kabarnya, Aquilarhinus diduga sebagai dinosaurus herbivora yang hidup di akhir era mesozoikum atau sekitar 80 juta tahun lalu.

Fosil dinosaurus ini pertama kali ditemukan 35 tahun lalu di Taman Nasional Big Bend, Texas, Amerika Serikat dan telah dimuat dalam jurnal Systematic Palaentology sebagai temuan spesies dengan bentuk rahang bawah yang unik.

Dinosaurus ini memiliki paruh bebek dengan hidung yang bengkok. Dilansir dari Live Science, bentuk rahang bawah dinosaurus paruh bebek ini panjang dan miring ke samping sehingga kedua tulangnya bertemu di depan membentuk huruf W. Pada penelitian tahun 1990-an, bentuk rahang yang aneh ini menjadi pertanyaan besar. Namun kemudian peneliti menyadari spesies ini lebih primitif dari Gryposaurus dan spesies dinosaurus paruh bebek lainnya.

Berdasarkan catatan Scientific American, dinosaurus herbivora ini memiliki karakteristik yang menjadi pembeda dengan spesies dinosaurus paruh bebek lainnya. Bentuk paruh bebeknya ini diyakini sebagai adaptasi untuk memudahkan Aquilarhinus untuk memakan tumbuhan. Spesies ini juga dipercaya berusia lebih tua dan bisa menjadi penelitian awal bagaimana kelompok spesies tersebut berevolusi.

"Hewan baru ini adalah salah satu jenis Hadrosaurid yang lebih primitif dan bisa membantu kami untuk mengerti bagaimana dan mengapa bentuk mereka berevolusi," ungkap Albert Prieto-Marquez dari Institut Català de Paleontologia Miquel Crusafont.


Sumber: Berita Seputar Sains cnnindonesia.com

Sign In or Register to comment.