Contact Us

KONSULTASI GIGI GRATIS DISINI

Silakan yang mau konsultasi gratis disini....forumbebas indonesia

Komentar

  • BAGAIMANA CARA MENJAGA GIGI PALING EFEKTIF UNTUK MENCEGAH LUBANG GIGI - PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU

    Oleh: drg. Agung Tri Prakoso, Sp.BM

    Dokter Gigi Pekanbaru - Gigi berlubang adalah permasalahan gigi yang paling sering terjadi di Indonesia. Sebanyak 25% dari seluruh penduduk Indonesia terindikasi memiliki minimal 1 lubang gigi dari semua gigi geliginya. Hal ini adalah permasalahan yang sangat penting untuk diketahui masyarakat bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dengan cara yang paling efektif.

    Berikut adalah 5 cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya lubang gigi :

    1. SIKAT GIGI DENGAN BENAR

    Menyikat gigi merupakan tahap paling penting dalam mencegah terjadinya lubang gigi. Lubang Gigi bisa terjadi karena adanya perlekatan plak pada gigi. Semakin lama plak menempel pada gigi maka tingkat keasaman pada gigi akan meningkat berakibat melunaknya lapisan email dan mulai terjadi lubang gigi.

    Menyikat gigi dengan benar akan menghilangkan plak untuk mencapai pH keasaman yang bisa merusak lapisan email. Untuk waktu yang paling baik adalah malam sebelum tidur dan pagi setelah makan.

    2. KUMUR-KUMUR TIAP HABIS MAKAN

    Kumur-kumur setelah makan akan mengurangi makanan yang menempel pada gigi setelah makan. Jika kebiasaan ini dilakukan secara kontinyu maka akumulasi plak akan terkendali diluar siklus penyikatan gigi. Karena kita tidak mungkin untuk menyikat gigi sepanjang waktu, kumur-kumur setiap makan merupakan cara yang cukup efektif untuk mengendalikan sisa makanan dan plak yang menempel pada gigi.

    3. HINDARI MAKANAN DENGAN KADAR GULA TINGGI SEBELUM TIDUR

    Bakteri plak adalah bakteri yang menggunakan gula sebagai sumber energi untuk dapat bertahan hidup. Semakin banyak sumber energi yang didapatkan oleh bakteri plak maka akumulasi plak bisa berkembang dengan cepat. Kecepatan berkembang biak bakteri plak akan meningkat saat tidur dimana aliran saliva atau ludah melambat. Ludah sendiri merupakan zat antibakteri alamiah yang bisa mengendalikan populasi bakteri plak.

    Untuk itu sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi sebelum tidur. Karena gula yang menempel pada permukaan gigi akan menjadi booster energi bagi bakteri plak untuk berkoloni dan berkembang biak. Hal ini akan berakibat meningkatnya potensi terjadinya lubang gigi.

    4. SADARI LENGKUNG DAN LETAK GIGI GELIGI

    Cara menggosok gigi yang paling baik adalah dengan mengetahui tataletak gigi anda dengan baik, untuk itu banyak dokter gigi menyarankan anda menggosok gigi di depan cermin untuk membantu anda mengenali karakter dan tataletak gigi anda. Perhatikan area area gigi berjejal atau bertumpuk pada susunan gigi geligi anda. Karena area ini adalah area rawan untuk penumpukan plak. Solusinya adalah menyikat gigi lebih lama pada area tersebut dan menggunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela antar gigi yang berjelal

    5. KUNJUNGI DOKTER GIGI TIAP 6 BULAN SEKALI

    Mencegah terjadinya lubang gigi lebih baik daripada mengobati. Untuk itu tidak perlu menunggu sakit gigi untuk berkunjung ke dokter gigi. Kebiasaan ini merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh dokter gigi. Dokter gigi akan dengan senang hati memberikan tips, konsultasi dan tindakan apa apa saja yang bisa dilakukan secara spesifik untuk kesehatan gigi anda. Karena setiap mulut pada setiap orang akan berbeda kondisinya. Sehingga saran dari dokter gigi akan sangat membantu anda untuk bisa merawat gigi dengan baik dan efektif.

    Dengan menjalankan 5 tips menjaga kesehatan gigi dari lubang gigi diatas akan membuat anda memiliki senyum yang lebih indah dengan gigi yang sehat dan segar. Selamat memulai kebiasaan baru yang lebih sehat untuk gigi anda. Wassalam

    drg.Agung Tri Prakoso, Sp.BM


    Penulis : drg. Agung Tri Prakoso, Sp.BM (Spesialis Bedah Mulut)

    PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU
    OPEN DAILY : SENIN-SABTU 09.00-21.00
    TELP. 0761 556103

    Jadwal Praktek:
    09.00-13.00 : drg. Diana Yuliarti
    13.00-17.00 : drg. Agung Tri Prakoso, Sp.BM (BEDAH MULUT)
    17.00-21.00 : drg. Veni Susanto

    www.doktergigipekanbaru.blogspot.co.id
  • Dok, Bagaimana cara mudah membedakan bahwa bau mulut itu berasal dari gigi atau mulut atau lambung/perut. Jadi mesti ke dokter apa nanti nya

    Tq
    ~~~ Nur + Amin = Cahaya Kepercayaan ~~~
  • Gigi belakang yang baru tumbuh apa harus dicabut aja apa gimana ?
  • NurAmin menulis: »
    Dok, Bagaimana cara mudah membedakan bahwa bau mulut itu berasal dari gigi atau mulut atau lambung/perut. Jadi mesti ke dokter apa nanti nya

    Tq

    Caranya dengan pemeriksaan gigi terlebih dahulu...apabila tidak ada fokus infeksi biasanya bukan dari mulut.
  • Sasuke kun menulis: »
    Gigi belakang yang baru tumbuh apa harus dicabut aja apa gimana ?

    Gigi geraham belakang yang perlu diambil adalah gigi yang tidak tumbuh sempurna, yang miring menggigit gusi pipi dan infeksi serta tempat menumpuknya makanan dan ada pembengkakan gusi.

    Terimakasih, salam
    Dokter gigi pekanbaru
  • 5 ALASAN KENAPA HARUS KE DOKTER GIGI SETIAP 6 BULAN SEKALI - DOKTER GIGI PEKANBARU

    Oleh: drg.Agung Tri Prakoso Sp.BM

    Spesialis Bedah Mulut Pekanbaru Riau

    Dokter Gigi Pekanbaru - Banyak dokter gigi yang menyarankan agar datang berkunjung ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Tahukah anda bahwa tingkat keterjangkitan lubang gigi pada seluruh penduduk indonesia berkisar 25-27% yang berarti seperempat lebih dari penduduk indonesia terdapat lubang gigi.

    Fakta yang lain adalah penyakit gigi dan mulut masuk kedalam 10 besar penyakit yang paling sering dikeluhkan dan terjadi di Indonesia. Berdasarkan fakta yang bisa di lihat di laporan kementrian kesehatan RI tersebut, kita tampaknya harus lebih memperhatikan kesehatan gigi kita. Pepatah lama berkata bahwa lebih baik menjaga daripada mengobati.

    Berikut ini adalah 5 alasan kenapa Anda harus memeriksakan gigi anda ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali.

    1. LUBANG GIGI BISA BERKEMBANG DENGAN SANGAT CEPAT
    Lubang gigi bisa berkembang lebih cepat dari 6 bulan sejak lubang awal terbentuk. Lubang gigi berawal dari penempelan lapisan pelikel tipis dari plak gigi yang berkembang menjadi koloni plak tebal berisi mikroorganisme plak. Mikroorganisme plak ini akan menghasilkan lingkungan asam sebagai hasil dari metabolisme mereka. Suasana Asam ini apabila berlangsung dalam waktu lama akan mendegradasi matrik dan melunakkan email. Apabila email telah lunak maka tidak butuh waktu yang lama agar gigi mulai berlubang. Setelah gigi berlubang maka lubang akan menggerong sehingga akan tampak lubang yang kecil tapi didalamnya sebenarnya telah terbentuk goa besar karies gigi. Perkembangan karies yang cepat ini akan terdeteksi jika anda memeriksakan gigi anda secara rutin 6 bulan sekali.

    2. GIGI YANG SUDAH BERLUBANG TIDAK BISA MENYEMBUHKAN DIRINYA SENDIRI
    Gigi adalah jaringan dalam tubuh yang tidak bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Sifat gigi berbeda dengan kulit atau rambut yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri saat terluka atau terserang penyakit. Gigi adalah jaringan keras, apabila berlubang oleh karies yang disebabkan oleh bakteri s.mutans, gigi yang berlubang tidak bisa kembali sehat.
    Yang bisa dilakukan oleh dokter gigi adalah membersihkan gigi dengan membuang jaringan yang rusak akibat karies sampai kejaringan yang sehat. Selanjutnya untuk mengganti bagian gigi yang rusak dokter gigi akan memberi tambalan yang menyerupai bentuk gigi yang asli. Sedemikian rapuhnya gigi terhadap kerusakan sehingga sangat wajar bahwa kita harus secara rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali.

    3. KARANG GIGI MULAI MENEBAL
    Plak gigi akan terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Jika plakgigi ini tidak dibersihkan secara teratur, maka karang gigi akan otomatis terbentuk. Karang gigi sendiri merupakan plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Dalam waktu 6 bulan biasa sudah terbentuk deposit lunak dari karang gigi. Sehingga apabila dibersihkan tiap 6 bulan sekali kerusakan yang timbul akibat karang gigi belum terjadi. Apabila dibiarkan dan menebal, karang gigi akan melonggarkan tulang disekeliling gigi yang berakibat : bengkak gusi, gigi goyah, bahkan gusi bernanah



    Add caption

    4. MENGETAHUI KELAINAN RONGGA MULUT
    Salah satu manfaat dari rutin periksa gigi tiap 6 bulan adalah untuk deteksi dini terhadap semua kelainan rongga mulut. Penyakit gigi yang paling sering terjadi adalah: karies gigi, karang gigi, sariawan, gusi berdarah, dan tumor rongga mulut. Tumor rongga mulut ada jenis yaitu jinak dan ganas. Kelainan ini sering berupa benjolan dalam mulut atau berupa cekungan atau ulkus atau sariawan baik berwarna merah atau putih. Tumor rongga mulut bisa terdeteksi apabila kita waspada dan memperhatikan keluhan sekecil apapun di rongga mulut. Kelianan ini bisa terdeteksi dengan kontrol rutin tiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

    5. MENGHEMAT UANG ANDA!!!
    Percayalah dengan rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali anda akan menghemat jutaan rupiah untuk perawatan gigi dan mulut yang berat. Mencegah adalah cara terbaik untuk menghemat uang anda daripada mengobati. Pengobatan gigi akan menjadi mahal apabila kerusakan yang terjadi semakin rumit dan besar.

    Keuntungan lain rutin check up gigi ke dokter gigi adalah anda akan mendapat edukasi tentang hal hal seputar kesehatan rongga mulut dan gigi. Dokter gigi akan menjelaskan semua pertanyaan anda sekitar rongga mulut mulai dari cara menggosok gigi dan menjaga kesehatan gigi baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

    Seperti disebut di awal bahwa banyak sekali manfaat dalam berkunjung rutin ke dokter gigi. Untuk itu segeralah ke dokter gigi keluarga anda. Dokter gigi yang baik akan melayani sepenuh hati untuk kesehatan rongga mulut dari pasienya dan dengan iklas mengedukasi tentang semua kebutuhan kesehatan gigi dan mulut anda. (1Juli-17/drg. Agung Tri Prakoso, Sp.BM)

    PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU
    OPEN DAILY : SENIN-SABTU 09.00-21.00
    TELP. 0761 556103

    Jadwal Praktek:
    09.00-13.00 : drg. Diana Yuliarti
    13.00-17.00 : drg. Agung Tri Prakoso, Sp.BM (Spesialis BEDAH MULUT)
    17.00-21.00 : drg. Veni Susanto

    http://doktergigipekanbaru.blogspot.co.id
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori