Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Bagaimana Menjelaskan Trinitas (satu Tapi Tiga)

GEREJA Katolik Roma berkata: “Tritunggal adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan doktrin utama agama Kristen...

Jadi, dalam kata-kata Kredo Athanasia: ‘sang Bapa adalah Allah, sang Anak adalah Allah, dan Roh Kudus adalah Allah, namun tidak ada tiga Allah melainkan satu Allah.’ Dalam Tritunggal ini... Pribadi-Pribadinya sama kekal dan setara: semuanya tidak diciptakan dan mahakuasa.”-The Catholic Encyclopedia.

Hampir semua gereja lain dalam Susunan Kristen menyetujuinya. Misalnya, Gereja Ortodoks Yunani juga menyebut Tritunggal “doktrin dasar dari Kekristenan,” bahkan mengatakan: “Orang Kristen adalah orang-orang yang menerima Kristus sebagai Allah.”

Dalam buku Our Orthodox Christian Faith, gereja yang sama berkata: “Allah adalah suatu kesatuan tiga serangkai... Sang Bapa adalah Allah sepenuhnya. Sang Anak adalah Allah sepenuhnya. Roh Kudus adalah Allah sepenuhnya.”

Jadi, Tritunggal dianggap sebagai “satu Allah dalam tiga Pribadi.” Masing-masing dikatakan tidak mempunyai permulaan, ada dari kekal sampai kekal. Masing-masing dikatakan mahakuasa, dan masing-masing tidak lebih besar atau lebih kecil daripada yang lainnya.

Apakah gagasan demikian sukar dimengerti? Banyak orang beriman yang tulus merasa hal itu membingungkan, bertentangan dengan akal sehat, benar-benar sulit dipahami.

Bagaimana mungkin, sang Bapa adalah Allah, Yesus adalah Allah, dan roh kudus adalah Allah, namun tidak ada tiga Allah melainkan hanya satu Allah?



SUMBER|ARTIKEL DEWASA 17 TAHUN KE ATAS|KUMPULAN SKANDAL ARTIS INDONESIA|BENARKAH RUHUT SITOMPUL KUMPUL KEBO?|
«13

Komentar

  • “Di Luar Jangkauan Akal Manusia”
    KEBINGUNGAN ini tersebar luas. The Encyclopedia Americana mengatakan bahwa Tritunggal dianggap “di luar jangkauan akal manusia.”

    Banyak orang yang menerima Tritunggal menganggapnya demikian. Monsignor Eugene Clark berkata: “Allah itu satu, dan Allah itu tiga. Karena tidak ada ciptaan yang seperti ini, kita tidak dapat mengertinya, tetapi menerimanya saja.”

    Kardinal John O’Connor berkata: “Kami tahu ini suatu misteri yang sangat dalam, yang sama sekali tidak kita mengerti.” Dan Paus Yohanes Paulus II berkata mengenai “misteri yang tidak dapat dimengerti tentang Allah Tritunggal.” Jadi, A Dictionary of Religious Knowledge berkata: “Tepatnya apa doktrin itu, atau bagaimana hal itu harus dijelaskan, para penganut Tritunggal pun tidak mencapai kata sepakat di antara mereka sendiri.”

    Maka, kita dapat mengerti mengapa New Catholic Encyclopedia berkata: “Hanya sedikit diantara guru-guru teologi Tritunggal di seminari-seminari Katolik Roma yang pada suatu waktu tidak dipojokkan oleh pertanyaan, ‘Tetapi bagaimana kita akan berkhotbah tentang Tritunggal?’ Dan jika pertanyaan itu merupakan gejala kebingungan di pihak para siswa, kemungkinan hal itu juga merupakan gejala kebingungan yang serupa di pihak guru-guru mereka.”

    Kebenaran dari pernyataan di atas dapat dibuktikan dengan mengunjungi suatu perpustakaan dan memeriksa buku-buku yang mendukung Tritunggal. Tak terhitung banyaknya halaman yang ditulis dalam upaya untuk menjelaskannya. Namun, setelah bersusah payah memeriksa istilah-istilah teologi yang membingungkan dan penjelasannya, para peneliti masih tetap tidak puas.

    Mengenai ini, imam Yesuit Joseph Bracken mengatakan dalam bukunya What Are They Saying About the Trinity?: “Para imam yang dengan cukup banyak upaya telah mempelajari...
    Tritunggal selama tahun-tahun mereka di seminari tentu saja ragu-ragu untuk menyampaikannya kepada jemaah mereka dari mimbar, bahkan pada hari Minggu. Tritunggal... Untuk apa seseorang akan membuat umatnya bosan dengan sesuatu yang pada akhirnya pun tidak akan mereka mengerti dengan benar?”

    Ia juga berkata: “Tritunggal adalah soal kepercayaan formal, namun hal itu hanya sedikit atau tidak [berpengaruh] dalam kehidupan dan ibadat Kristen sehari-hari.” Meskipun demikian, ini adalah “doktrin utama” dari gereja-gereja!

    Teolog Katolik Hans Kung menyatakan dalam bukunya Christianity and the World Religions bahwa Tritunggal merupakan satu alasan mengapa gereja-gereja tidak berhasil membuat kemajuan yang berarti di kalangan orang bukan Kristen. Ia berkata: “Bahkan orang Muslim yang terpelajar, sama sekali tidak dapat mengerti, sebagaimana juga orang-orang Yahudi sebegitu jauh tidak dapat memahami, gagasan mengenai Tritunggal... Perbedaan yang dibuat oleh doktrin Tritunggal antara satu Allah dan tiga hypostase [zat] tidak memuaskan orang Muslim, yang bukannya merasa mendapat penjelasan, tetapi justru merasa bingung, oleh istilah-istilah teologi yang berasal dari bahasa Syria, Yunani, dan Latin.

    Orang-orang Muslim menganggap ini semua permainan kata... Mengapa seseorang ingin menambahkan sesuatu kepada gagasan mengenai keesaan dan keunikan Allah yang hanya dapat mengencerkan atau meniadakan keesaan dan keunikan itu?”


    “Bukan Allah yang Suka Pada Kekacauan”
    BAGAIMANA doktrin yang begitu membingungkan seperti Tritunggal muncul? The Catholic Encyclopedia menyatakan:
    “Sebelum adanya penyingkapan Ilahi, diperlukan sebuah dogma yang misterius seperti itu.”

    Sarjana Katolik Karl Rahner dan Herbert Vorgrimler menyatakan dalam Theological Dictionary mereka: “Tritunggal... dalam arti yang sesungguhnya..., adalah suatu misteri yang tidak dapat dipahami tanpa wahyu ilahi, dan bahkan setelah disingkapkan tidak dapat dimengerti sepenuhnya.”

    Tetapi, dengan berkukuh bahwa Tritunggal adalah misteri yang begitu membingungkan karena berasal dari wahyu ilahi, mereka menciptakan problem besar lain. Mengapa? Karena dalam wahyu ilahi itu sendiri tidak ada pandangan demikian mengenai Allah: “Allah... bukan Allah yang suka pada kekacauan.”-1 Korintus 14:33, Alkitab dalam Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS).

    Mengingat pernyataan itu, mungkinkah Allah akan mencetuskan doktrin mengenai diri-Nya sendiri yang begitu membingungkan sehingga bahkan para sarjana Ibrani, Yunani, dan Latin tidak dapat menjelaskannya?

    Selain itu, apakah orang-orang harus menjadi teolog untuk dapat ‘mengenal satu-satunya Allah yang benar dan Yesus Kristus yang telah Ia utus?’ (Yohanes 17:3) Jika demikian halnya, mengapa begitu sedikit dari para pemimpin agama Yahudi yang terpelajar mengakui Yesus sebagai Mesias?

    Sebaliknya, murid-muridnya yang setia, adalah petani-petani, nelayan, pemungut cukai, ibu-ibu rumah tangga yang sederhana. Orang-orang sederhana tersebut begitu yakin dengan apa yang Yesus ajarkan tentang Allah sehingga mereka dapat mengajarkannya kepada orang lain dan bahkan rela mati demi kepercayaan mereka-Matius 15:1-9; 21: 23-32, 43; 23:13-36; Yohanes 7:45-49; Kisah 4:13.

    Sumber : al-islahonline
    Haruskah Anda Percaya Kepada Tritunggal ?
    ©1989 Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania

    SUMBER|ARTIKEL DEWASA 17 TAHUN KE ATAS|KUMPULAN SKANDAL ARTIS INDONESIA|BENARKAH RUHUT SITOMPUL KUMPUL KEBO?|
  • Mkn loh (ini baru mungkin saja loh) sptnya kalau masuk room yang satu lagi baka l seru nih ceritanya tapi kalau tidak ya sudah saja
  • emang knp pak cik? ada yang salah dengan tread ku?
  • trinitas lahir dari sebuah lamunan
  • tar gua pindah malah dibanned bos....udah keseringan kena banned nie...hehe
  • kenapa harus trinitas ? kenapa tidak sembilanitas aja ?
  • Trinitas adalah istilah tentang ketuhanan dalam kristen...
    istilah trinitas ini merupakan pengaruh dari agama paganisme yunani yang kebanyakan menyembah tiga tuhan atau dewa.
  • amedzjaksel menulis:
    “Di Luar Jangkauan Akal Manusia”

    =Tuhan :think:
  • Kenapa membingungkan ?
    karena Tuhan tidak selamanya bisa dimengerti.
    manusia punya keterbatasan, jika rahasia Tuhan manusia sanggup mengerti semua lalu apa bedanya Tuhan dengan manusia ??

    Manusia dimampukan mengerti karena Tuhan memberi karunia itu, karunia yg sama ketika orang kristen masuk surga bukan karena perhitungan baik dan buruk, amal mengalahkan perbuatan salah namun karena Tuhan Maha pengasih.
  • Kenapa membingungkan ?
    karena Tuhan tidak selamanya bisa dimengerti.
    manusia punya keterbatasan, jika rahasia Tuhan manusia sanggup mengerti semua lalu apa bedanya Tuhan dengan manusia ??

    Manusia dimampukan mengerti karena Tuhan memberi karunia itu, karunia yg sama ketika orang kristen masuk surga bukan karena perhitungan baik dan buruk, amal mengalahkan perbuatan salah namun karena Tuhan Maha pengasih.

    Tuhan pilih kasih ? sehingga hanya dengan menjadi kristen maka hukum sebab akibat tidak berlaku ? baik ia melakukan kejahatan atau kebaikan tidak ada gunanya, karena pasti masuk surga?
  • 5551272 menulis:

    Tuhan pilih kasih ? sehingga hanya dengan menjadi kristen maka hukum sebab akibat tidak berlaku ? baik ia melakukan kejahatan atau kebaikan tidak ada gunanya, karena pasti masuk surga?

    Tuhan tidak pilih kasih, kasih Tuhan tidak bersyarat (di alkitab tertulis haruslah kita mengampuni seseorang 70 kali 7 kali yang artinya tidak terbatas. tapi manusia adalah mahluk yg penuh syarat, jika aku berbuat baik maka aku harus mendapat balasannya. jika aku disakiti, maka aku akan menyakiti. manusia punya pilihan, pilihan untuk mengikuti Yesus atau tidak.

    Orang Kristen masuk neraka ? bisa banget jika tidak menjalani sesuai jalan Yesus.itulah yang dinamakan kematian kekal. namun masuk Surga bukan berarti kebaikan lebih banyak dari kejahatan selama hidup. karena jika demikian, siapakah yang mampu ? karena manusia pada hakekatnya adalah mahluk berdosa.
  • saya lebih berpendapat bahwa Trinitas adalah permasalahan Aqidah yang timbul belakangan, jadi Trinitas bukanlah pokok Tauhid, jika Trinitas adalah Tauhid maka tentulah istilah ini telah dikenalkan oleh 12 murid Yesus dan termaktub dalam Alkitab
  • Kalo bapak adalah anak dan roh kudus. Kenapa kalian mengatakan tihan kalian yesus
    Kenapa ngga Allah saja. Rwpot amat

  • [size=medium]Tuhan tidak pilih kasih, kasih Tuhan tidak bersyarat (di alkitab tertulis haruslah kita mengampuni seseorang 70 kali 7 kali yang artinya tidak terbatas. tapi manusia adalah mahluk yg penuh syarat, jika aku berbuat baik maka aku harus mendapat balasannya. jika aku disakiti, maka aku akan menyakiti. manusia punya pilihan, pilihan untuk mengikuti Yesus atau tidak.

    Orang Kristen masuk neraka ? bisa banget jika tidak menjalani sesuai jalan Yesus.itulah yang dinamakan kematian kekal. namun masuk Surga bukan berarti kebaikan lebih banyak dari kejahatan selama hidup. karena jika demikian, siapakah yang mampu ? karena manusia pada hakekatnya adalah mahluk berdosa.[/size]

    [size=small]bagaimana dengan ayat pada Mat 15:24

    Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel" ?[/size]
  • Tuhan memang PILIH KASIH. Kalau tidak, orang yang taat berdoa dan taat berdosa nggak ada bedanya. Tuhan lebih mengasihi orang yang taat berdoa daripada taat berdosa.

    Coba bayangkan, kenapa Alkitab turun di Israel, dan Alquran turun di Arab? kenapa tidak di Indonesia atau di Amerika saja? berarti Tuhan itu memang pilih kasih.

    Tetapi Tuhan TIDAK PILIH KASIH MENERIMA PERTOBATAN DOSA MANUSIA.

    =========================
    bagaimana dengan ayat pada Mat 15:24

    Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel" ?

    Umat Israel adalah PILIHAN ALLAH untuk menyampaikan kabar gembira akan datangnya Mesiah serta Firman Allah, itu terlihat dari semua nabi yang berasal dari bangsa Israel. Kalau Allah memilih bangsa Israel, lantas kita jangan secepat kilat mengatakan bahwa Tuhan Allah itu pilih kasih, mungkin kebetulan saja Tuhan Allah memilih Bangsa Israel. Atau kalau mau lebih jelasnya silahkan tanya ke Tuhan Allah langsung.

    Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel" ?

    Jelas ini bukan perkataan pilih kasih, tetapi perkataan bahwa seluruh dunia akan tahu siapa Tuhan Yesus. Dia ingin menyebarkan ke seluruh Dunia, bukan hanya orang Israel saja.

    btw ini topic Trinitas, kenapa ada yang tanya2 pilih kasih?


    sudah mayjen kok masih aja OOT....
  • SIBAGARIANG menulis:
    Tuhan memang PILIH KASIH. Kalau tidak, orang yang taat berdoa dan taat berdosa nggak ada bedanya. Tuhan lebih mengasihi orang yang taat berdoa daripada taat berdosa.

    Coba bayangkan, kenapa Alkitab turun di Israel, dan Alquran turun di Arab? kenapa tidak di Indonesia atau di Amerika saja? berarti Tuhan itu memang pilih kasih.

    Tetapi Tuhan TIDAK PILIH KASIH MENERIMA PERTOBATAN DOSA MANUSIA.

    =========================
    bagaimana dengan ayat pada Mat 15:24

    Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel" ?

    Umat Israel adalah PILIHAN ALLAH untuk menyampaikan kabar gembira akan datangnya Mesiah serta Firman Allah, itu terlihat dari semua nabi yang berasal dari bangsa Israel. Kalau Allah memilih bangsa Israel, lantas kita jangan secepat kilat mengatakan bahwa Tuhan Allah itu pilih kasih, mungkin kebetulan saja Tuhan Allah memilih Bangsa Israel. Atau kalau mau lebih jelasnya silahkan tanya ke Tuhan Allah langsung.

    Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel" ?

    Jelas ini bukan perkataan pilih kasih, tetapi perkataan bahwa seluruh dunia akan tahu siapa Tuhan Yesus. Dia ingin menyebarkan ke seluruh Dunia, bukan hanya orang Israel saja.

    btw ini topic Trinitas, kenapa ada yang tanya2 pilih kasih?


    sudah mayjen kok masih aja OOT....

    :) siapa yang oot? Siba, kamu selalu kebiasaan untuk nyahut ditengah tanpa membaca kronologi rangkaian postingan sih... :sleep:

    tulisan saya merupakan rangkaian pertanyaan dari tulisan Justin : " Manusia dimampukan mengerti karena Tuhan memberi karunia itu, karunia yg sama ketika orang kristen masuk surga bukan karena perhitungan baik dan buruk, amal mengalahkan perbuatan salah namun karena Tuhan Maha pengasih".

    ***

    Allah SWT memang Maha Pengasih dan Maha Penyayang..
    Yesus dalam agama islam bukanlah Tuhan Allah sebagaimana yang umat kristen maksudkan didalam konteks membicarakan Tuhan.

    Selama hal ini tidak disadari didalam diskusi ini, selamanya tidak akan nyambung diskusi tsb.

    Thread ini membicarakan masalah konsep trinitas yang tidak bisa dijelaskan oleh para imam gereja sekalipun ( baca thread no 2 )

    Sementara itu, didalam agama islam, konsep trinitas sangat jelas dipaparkan dengan tegas bahwa konsep itu tidak benar didalam surah Al Ikhlas.

    Kami umat muslim sangat menghormati Isa A.S sebagai rasul Allah. Tapi dia bukan Tuhan.
    Dia diutus untuk bani Israil dan bukan untuk seluruh alam.
    Jika kamu tetap dalam keyakinanmu untuk mengamini bahwa dia adalah tuhan, silahkan. Tapi lihat sejarah.

    Konsep trinitas itu lebih lekat dengan konsep apa? mengapa konsep ketuhanan yang dirisalahkan oleh Abraham, Musa, Daud itu berbeda dengan konsep yang dibawa oleh 'Yesus' yang dikenal orang saat ini ?
  • Apa sih konsep 'trinitas' menurut Islam ?
    1. .........
    2. .........
    3. .........

    Sama nggak dengan konsep 'trinitas' Kristen ?
    1. Allah Bapa
    2. Allah Anak
    3. Allah Roh Kudus
  • Sicilia Hot menulis:
    Apa sih konsep 'trinitas' menurut Islam ?
    1. .........
    2. .........
    3. .........

    Sama nggak dengan konsep 'trinitas' Kristen ?
    1. Allah Bapa
    2. Allah Anak
    3. Allah Roh Kudus

    Baca surah Al ikhlas.. Browsing saja Al Quran online.
    Btw, jika umat kristen saat ini tidak mengakui kerasulan Muhammad, coba jelaskan konsep trinitas yg dirisalahkan oleh Abraham, Daud & Musa A.S.. Itupun jika ada..
  • 5551272 menulis:

    Baca surah Al ikhlas.. Browsing saja Al Quran online.
    Btw, jika umat kristen saat ini tidak mengakui kerasulan Muhammad, coba jelaskan konsep trinitas yg dirisalahkan oleh Abraham, Daud & Musa A.S.. Itupun jika ada..

    Hmm . . . anda yang 'melontarkan' Al-Ikhlas kan ? Bukan saya . . .
    Silahkan bawa saja kesini !
  • @Sicilia Hot, Islam tidak mengenal istilah Trinitas
  • ramalnasib menulis:
    @Sicilia Hot, Islam tidak mengenal istilah Trinitas

    Kalau gitu tanya dong rekan seukuwahmu yang menulis :

    ". . . Sementara itu, didalam agama islam, konsep trinitas sangat jelas dipaparkan dengan tegas bahwa konsep itu tidak benar didalam surah Al Ikhlas . . . "

    Tidak mengenal 'trinitas' kok tahu bahwa konsep itu tidak benar dalam surah Al-Ikhlas ?
    Jadi yang konsep 'yang benar' menurut surah Al-Ikhlas itu apa ya ?
  • Sicilia Hot menulis:

    Hmm . . . anda yang 'melontarkan' Al-Ikhlas kan ? Bukan saya . . .
    Silahkan bawa saja kesini !

    Lha.. Anda kan tadi nanya bagaimana kalau menurut islam.. Daripada saya dibilang ngarang, mendingan anda cek saja disumbernya langsung... Btw, yg ingin saya minta dari anda adalah ayat mana yg dirisalahkan oleh Abraham, Musa & Daud yg berkaitan dengan trinitas. Ini penting, karena agama kristen mengakui kerasulan mereka.
  • @Sicilia Hot, Surat Al-Ikhlas menjelaskan konsep ketuhanan Islam sekaligus membantah bahwa Tuhan mempunyai Anak dan membantah bahwa Tuhan butuh kamuflase dalam menjalankan TugasNya seperti harus mengubah DiriNya menjadi Anak untuk menjelaskan siapa Dia atau menjadi Ruh dalam urusan hidayah

    Jelas bahwa surat ini membantah konsep Trinitas
  • 5551272 menulis:

    Lha.. Anda kan tadi nanya bagaimana kalau menurut islam.. Daripada saya dibilang ngarang, mendingan anda cek saja disumbernya langsung... Btw, yg ingin saya minta dari anda adalah ayat mana yg dirisalahkan oleh Abraham, Musa & Daud yg berkaitan dengan trinitas. Ini penting, karena agama kristen mengakui kerasulan mereka.

    Takut dibilang 'ngarang' tapi tahu sumbernya ?

    Silahkan dilanjut yang lain dulu . . . .
  • Sicilia Hot menulis:

    Takut dibilang 'ngarang' tapi tahu sumbernya ?

    Silahkan dilanjut yang lain dulu . . . .

    [size=medium]Selama ini dalam diskusi GFT, ada kecenderungan untuk membahas opini pribadi ketimbang melihat kepada dasar landasan hukum agamanya.

    Kenapa saya ingin anda membaca langsung dari Al Qur'an, tidak lain adalah agar anda bisa dan mau proaktif untuk melihat landasan hukumnya ketimbang kita berdebat kusir soal apa yang menjadi keyakinan kita masing masing.

    Tapi sepertinya anda bukan tipe yang mau mengkaji hukum agama secara mendalam ya? sampai sampai bunyi ayat yang dirisalahkan kepada Abraham, Musa dan Daud saja ngga ditulis tulis sampai sekarang.

    ok, ini isi surah Al Ikhlas yang menjadi landasan iman umat muslim dalam menyikapi polemik trinitas yg muncul pada tahun 325 Masehi setelah kematian Isa A.S

    [112:1] Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.

    [112:2] Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

    [112:3] Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,

    [112:4] dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia".

    kemudian ada lagi di ayat yang lain :

    Surat Al Maidah ayat 73 sampai 75 sebagai berikut :

    73. Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan yang Esa. jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.

    74. Maka Mengapa mereka tidak bertaubat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya ?. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    75. Al masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang Sesungguhnya Telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. perhatikan bagaimana kami menjelaskan kepada mereka (ahli Kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), Kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat kami itu).


    Juga ayat dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 116 sebagai berikut :

    116. Dan (Ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam, Adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah Aku dan ibuku dua orang Tuhan selain Allah?”. Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). jika Aku pernah mengatakan Maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan Aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”.


    ***

    Anda tidak mau percaya dan mengimani apa yang tertulis didalam Al Qur'an adalah wajar.
    Tapi saya minta anda juga menulis dasar ayat trinitas didalam risalah semua rasul yang diakui oleh iman kristen disini.

    [/size]
  • @Atas
    Mantab ini jawabannya kayaknya udah jelas sekali bukan :)
    BTW kembali GFT melihatkan warnanya :BLAH:
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!