Contact Us

R.A Kartini ternyata bahagia dipoligami!!

kartini_yahudi.jpg

Poligami sudah menjadi kebiasaan di kalangan para pejabat zaman dulu. Mereka tidak hanya memiliki isteri satu, namun juga sampai empat. Bahkan mereka juga memiliki gundik atau budak lebih dari sepuluh. Dinikahi secara resmi baik itu menjadi isteri, kesatu atau keempat menjadi kehormatan bagi seorang perempuan. Sebab menjadi istri seorang bupati dan pejabat merupakan sebuah kebanggaan. Tidak terkecuali dengan Kartini

Hal itu disampaikan oleh Tiar Anwar Bachtiar, Kandidat Doktor Sejarah UI seusai mengisi acara Feminisme dan Realitas Sosial: Dulu, Kini, dan Nanti di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (21/12).

“Oleh karenanya, ayahnya memilih menikahkan Kartini dengan bupati rembang sekalipun menjadi istri keempat,” katanya kepada Eramuslim.com.

Hal inilah yang jarang diungkap para feminis. Padahal selama ini mereka begitu membesar-besarkan nama Kartini. Tidak jarang nama Kartini direkayasa demi kepentingan faham yang lahir dari problematika hubungan Gereja dengan wanita di Barat tersebut.

Oleh karenanya, langkah yang diambil Kartini ini, kata Tiar, sempat membuat kecewa Nyonya Abendanon, wanita Belanda yang memiliki misi feminis sekaligus tempat Kartini bertukar cerita.

“Ya orang Kristen kan begitu. Jangankan menikah lebih dari sekali, perceraian juga tidak diperbolehkan,” tambah Tiar.

Kartini sendiri sempat ditanya oleh Abendanon apakah ia merasa bahagia dengan perkawninannya. Kartini pun menjawab baik-baik saja. Tidak ada persoalan berarti dibalik langkahnya menjadi isteri keempat Bupati Rembang. “Satu-dua persoalan pasti ada saja, tapi tidak signifikan,” lanjutnya yang juga menjabat Ketua Umum PP Pemuda Persis ini.

Ada yang menafsirkan ucapan Kartini kepada Nyonya Abendanon tersebut sekedar kamuflase. Namun hal itu ditampik oleh Tiar.

“Karena kalau kita melihat teks amat mungkin Kartini memang baik-baik saja. Kita kan tidak tahu apakah Kartini berkamuflase atau tidak. Tapi jika kita melihat struktur sosial saat itu, dinikahi bangsawan memang suatu kebahagiaan.” Pungkasnya (Pz)

Komentar

  • eramuslim :blah:

    Sumbernya ituloh gak nahan :ngakak:
  • memang kenapa dgn sumber nya?
    cari referensi lainnya kemudian di komparasi.
  • diawal pernikahannya beliau menulis...
    “Do you know the nature of my wonderful happiness, my humiliation, my shame? I am the fiancee of the Regent of Rembang, a widower with 6 children and 3 wives. More I will not have to tell you will I – you know me sufficiently well.
    ………..
    My crown has fallen from my head. My golden illusions of purity and chastity lie shattered in the dust.
    ………..
    Now I am nothing more than all the rest, I am like thousands of others who I had wanted to help but whose number I have now merely come to increase.” (Kartini, 14 Juli 1903)

    tentu masalah pernikahan beliau sangat erat kaitannya
    dengan dunia politik dan perjuangan saat itu.
    Walaupun awalnya tidak suka karena terpaksa menikahi "orang tua"
    akhirnya beliau mendapatkan keuntungan dari jabatan suaminya :)
    “……. everything I have done and will do is authorized, legal, now that I am under protection of the name of the Regent of Rembang.
    Now there is nothing any longer improper in what I do.” (Kartini, 3 November 1903)

    tidak lama kemudian muncul rasa cinta kepada suaminya,
    dan kembali dituangkan dalam tulisannya...
    “I have not only come to respect him – I had done so before I was married – but I have also come to love him in that short period of time that we have been together day and night, have become part of each others soul.” (Kartini, 11 Desember 1903)

    Wanita yang hebat,
    walaupun awalnya terpaksa menikah,
    tetapi akhirnya mampu memanfaatkan jabatan suaminya

    :peace:
  • yang seperti ini di sebut tokoh emansipasi? dari sudut apanya? :think:
  • Emang eramuslim punya dosa apa, ya?
  • 115066 menulis:
    eramuslim :blah:

    Sumbernya ituloh gak nahan :ngakak:

    itu sumber berita yang sering saya post di FBI eramuslim.com......
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori